< >

Pertanyaan Pembaca : Cara Menghitung Kekuatan Benda Uji

Pertanyaan Pembaca : Cara Menghitung Kekuatan Benda Uji
Ini adalah artikel khusus yang membahas seputar pertanyaan pembaca yang ditujukan kepada saya melalui contact yang tercantum pada ilmubeton.com. Kepada pembaca dan pengunjung ilmu beton silahkan ajukan pertanyaan anda melalui form kontak di sini.

Pembahasan mengenai jawaban pertanyaan yang ada tersebut akan saya coba bahas dengan sepengetahuan saya. Pembahasan tersebut adalah upaya untuk menemukan jawaban yang benar atas pertanyan pertanyan yang pembaca dan pengunjung ilmubeton. Jika pembaca yang lain merasa kurang tepat, silahkan dikoreksi sehingga tujuan dari dibuatnya artikel ini adalah merupakan media sharing untuk mencari jawaban yang sebenarnya.

Nah, pada kali ini, saya akan mencoba membahas pertanyaan dari Bapak Aldi Zulfakar dengan alamat email aldizul*******@gmail.com.
Pertanyaan pembaca ilmubeton
Pertanyaan Pembaca

Ass.wr.wb
Semoga sehat slalu ...
Ada yg mau saya tanyakan. Karna saya baru saja bekerja di bidang kontruksi khususnya batching plant ready mix.
Cara menghitung kekuatan benda uji , Diartikel dijelaskan. Jika kita ingin mencari standart minimum untuk k350 untuk 3 hari .Caranya 350 x 0.4 = 140 kg/cm2.
  1. Pertanyaan satuan kg/cm2 di angka 140 kg/cm2 itu didapat darimana ?
  2. Jika minimumnya 140kg/cm2. Berarti untuk kN minimal harus dpt 300 kn/cm2 dialat uji desak untuk 3 hari. Pertanyaan apakah mampu untuk kami yg berada di luar jawa mencapai angka itu, karna kualitas material yg tersedia tidak sama bagusnya dgn material di pulau jawa ?
  3. Apakah ada metode perhitungan benda uji dibawaj 28 hari selain apa yg ada di artikel ? Karna kenyataan dilapangan sangat susah sekali mencapai standart tabel trsbt.
Mohon bantuannya ,
Terima kasih.


Waalaikumsalam wr. wb
Amin,
Cara menghitung kekuatan benda uji , "Diartikel dijelaskan" Saya beranggapan artikel yang dimaksud adalah Faktor Konversi Uji Beton 1 hari sampai 27 Hari Ke Umur Uji 28 Hari.

1. Satuan kg/cm2 di angka 140 kg/cm2 itu didapat darimana

Jika kita ingin mencari standart minimum untuk k350, Apa itu beton K 350 ? seperti yang sudah pernah saya bahas di Mutu Beton K (kg/cm²) Dan Mutu Beton f'c (Mpa) yang linknya dan bisa dilihat di sini. K 350 berarti beton yang jika dibuat sampel kubus 15 cm x 15 cm dan diuji pada umur 28 hari sejak beton tersebut dibuat maka akan menghasilkan kekuatan minimal 350 kg/cm2. sehingga asal dari kg/cm2 tersebut adalah mutu kekuatan tekan k 350 atau bisa saya jelaskan seperti ini,

K350 pada umur 3 hari > K 350> 350 kg/cm2 x faktor koreksi umur 3 hari 350 kg/cm2 x 0.4 = 140 kg/cm2

2. kN minimal harus dpt 300 kg/cm2 ?

Jika minimumnya 140kg/cm2. Berarti untuk kN minimal harus dpt 300 kn/cm2 dialat uji desak untuk 3 hari. Menurut saya ada beberapa yang perlu dikoreksi dimana jika ingin dikonversi ke kN/cm2 berarti maksudnya adalah 140 kg/cm2 > 140/101,972 = 1,37 KN, yang artinya 140 kg/cm2 = 1,37 Kn/cm2.  bukan 300 kn/cm2

101,972 adalah faktor konversi satuan.

Namun jika maksudnya adalah, 300 KN, bukan kn/cm2. Untuk mendapatkan 140 kg/cm pada sampel kubus tersebut dibutuhkan setidaknya 300 KN, mungkin ini sedikit mendekati, tapi yang paling mendekati adalah 310 Kn bukan 300 KN, dimana dengan load/beban 310 KN maka dihasilkan kekuatan 140 kg/cm2.

Apakah mampu untuk kami yg berada di luar jawa mencapai angka itu, karna kualitas material yg tersedia tidak sama bagusnya dgn material di pulau jawa.

Jika mengikuti perencanaan Job mix design dengan sebenarnya, seperti yang sudah saya jelaskan pada Perencanaan Campuran Job Mix Desain Formula Beton maka sangat mungkin untuk mencapai hasil tersebut. Atau untuk alternatif bisa saja dangan menambahkan bahan tambah (admixture) beton, seperti pada penjelasan saya di Fungsi dan Kegunaan Superplasticizer pada Beton. Untuk contoh bahan tambah ada disini.

Karakter material memang berbeda beda, sehingga dengan material yang berbeda tersebut butuh perencanaan JMF job mix formula yang matang dan hasil ujicoba ataupun trial JMF. Salah satu contoh, jika kekasaran pasir berbeda antara satu tempat dengan tempat lain, maka JMF juga bisa ikut berubah dan menyesuaikan.

3. Metode perhitungan benda uji dibawah. 28 hari

Pada pembahasan Faktor Konversi Uji Beton 1 hari sampai 27 Hari Ke Umur Uji 28 Hari, sudah dijelaskan faktor konversi yang digunakan sebelum umur 28 hari. Acuan ini adalah acuan standard untuk semen portland biasa. Jika menggunakan Bahan tambah (admixture), maka faktor koreksi bisa saja jadi bertambah atau berkurang sesuai bahan tambah yang digunakan.

Demikianlah artikel khusus pertanyaan pembaca ini, semoga dapat membantu.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Pertanyaan Pembaca : Cara Menghitung Kekuatan Benda Uji"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel