Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Pasang Auto Ads Google AdSense di Blog dengan Mudah

Cara Pasang Auto Ads Google AdSense di Blog dengan Mudah
Seperti yang kita ketahui Google AdSense memiliki salah satu fitur pengaturan ads yang sangat menarik. Fitur apa itu? Fitur ini dinamai Auto ads AdSense, fitur yang satu ini sangat cocok bagi kamu para blogger yang agak males untuk ngotak-ngatik pengaturan template.

Selain itu, Auto ads AdSense juga cukup berpotensi untuk meningkatkan pendapatan kamu. Penasaran seperti apa cara kerjanya? Penasaran bagaimana cara pasang auto ads?

Simak pembahasan cara pasang auto ads adsense pada bagian selanjutnya.

Auto Ads AdSense

Apa itu Auto ads AdSense? Sebelum saya membahas Cara Pasang Auto Ads Google AdSense di Blog, saya akan membahas apa itu Auto ads.

Tenang bro/sis saya akan menjelaskan nya secara singkat tapi jelas, berikut penjelasannya,
Auto ads AdSense atau Iklan otomatis AdSense adalah fitur baru sekaligus terobosan baru dari Google AdSense yang menampilkan dan memonetisasi semua jenis iklan dari AdSense secara otomatis.

Dari definisi nya saja kita pasti langsung tau kalau Auto ads adalah iklan otomatis yang tentunya bekerja secara otomatis.

Tapi bagaimana cara menggunakan auto ads adsense?
Sabar... untuk cara memasang/menggunakan auto ads adsense, ada bagian tersendiri yang akan membahasnya, simak aja... :D

Ngomong-ngomong,

Sebelum kita lanjut ke pembahasan tentang, bagaimana cara memasang iklan Auto ads, saya akan membahas terlebih mengenai dahulu  format iklan apa aja yang bisa di tayangkan auto ads adsense, serta;

Sisi positif dan sisi negatif iklan auto ads adsense. Berikut pembahasan nya...

Format Iklan Auto Ads yang Dapat Ditayangkan

Nah... bagi kalian yang bertanya-tanya iklan seperti apa sih Auto ads itu?

Sebenarnya sama dengan iklan AdSense pada umumnya hanya saja ini merupakan iklan otomatis dan kita hanya perlu menentukan iklan apa saja yang akan ditayangkan.

So, berikut ini adalah iklan-iklan otomatis adsense yang bisa kamu pasang di blog mu:
  1. Text and Display ads.
  2. In-Feed ads.
  3. In-Article ads.
  4. Matched Content.
  5. Anchor ads.
  6. Vignette ads.
Format iklannya sangat lengkap bahkan fitur "Matched Content" termasuk didalam nya.

Hal ini lah yang membuat fitur baru AdSense benar-benar meningkatkan pendapatan. Setelah kalian mengetahui format iklannya, dibawah ini saya akan membahas Dampak Positif dan Negatif.

Simak pembahasan nya dibawah ini.

Dampak Positif dan Negatif Memasang Auto Ads

Sebelum kalian lanjut ke bagian cara memasang iklan Auto ads ada baiknya kalau kalian baca terlebih dahulu dampak positif dan dampak negatif memasang Auto ads.

Dampak Positif

Pada bagian ini saya akan membahas Dampak Positif memasang Auto ads, berikut dampak-dampak positifnya: 
  • Otomatis: Sesuai namanya auto ads adsense kalian hanya perlu memasang satu script, kemudian melakukan sedikit pengaturan maka iklan dengan sendiri nya akan mencari tempat yang kosong dan menampilkan dirinya serta melakukan penyesuaian dengan panjang dan lebar template yang digunakan.
  • Mudah Digunakan: Ya... segala sesuatu yang otomatis tentunya identik dengan dampak positif yang satu ini yaitu mudah digunakan.
  • Newbie Friendly: Selain mudah digunakan fitur Auto ads sangat bersahabat dengan Newbie atau Pemula karena cara memasangnya yang begitu mudah dan otomatis.
  • Dapat Meningkatkan Penghasilan: Dengan adanya fitur yang otomatis tentu saja Auto ads dapat menganalisis template kalian kemudian fitur ini segera meletakkan iklan ditempat yang berpotensi untuk di lihat dan di klik sehingga kalian tidak perlu repot-repot memikirkan tempat yang cocok untuk menaruh iklan.
  • Mendukung Semua Format Iklan: Dengan adanya fitur otomatis hal ini yang membuat Auto ads dapat menampilkan semua format iklan. Tapi tentu saja kalian harus memilih format iklan mana saja yang ingin kalian tampilkan.

Dampak Negatif

Disisi lain fitur ini memiliki Dampak Negatif yang tidak begitu banyak, tapi menurut saya kekurangan ini layak untuk disebut sebagai Dampak Negatif, berikut dampak negatifnya:
  • Tidak Bisa Mengatur Jumlah Iklan yang Muncul: Karena tidak adanya fitur untuk mengatur jumlah iklan yang ingin ditayangkan, maka akan mengakibatkan terlalu banyaknya iklan yang bermunculan di blog. Tentu saja hal ini berdampak pada page speed (loading blog) dan pengalaman pengguna (user experience).
Bagi kalian yang ingin memasang script Auto ads saya sarankan untuk menghapus script iklan yang ada sebelumnya, untuk menghindari terlalu banyaknya iklan yang muncul.

Cara Pasang Auto Ads

Nah... akhirnya kita sampai pada bagian inti dari artikel ini, yaitu Cara Memasang Auto ads. Bagaimana cara kerjanya? berikut pembahasannya,

Cara Kerja:

Alat dan Bahan
  1. Akun Google AdSense Non-Hosted
  2. Akun blogger
  3. Komputer atau HP

Cara Mengaktifkan Auto Ads

  1. Pertama dan utama silahkan kalian login ke Google AdSense.
  2. Selanjutnya untuk yang pertama kali melihat fitur ini kalian akan disambut dengan tampilan seperti pada gambar dibawah ini.
    Tampilan notifikasi tersedianya Auto Ads
    Tampilan notifikasi tersedianya Auto Ads
    Langsung saja kalian klik "GET STARTED"
  3. Tapi jika anda tidak melihat notif seperti pada langkah 2, maka kemungkinan anda pernah mengabaikan/menutup notifikasi tersebut. Namun ada cara lain untuk mengakses fitur Auto ads, yaitu  melalui menu yang ada di bagian samping kiri, seperti pada gambar dibawah ini.
    Menu My ads
    Menu My ads
    Selanjutnya dapat dilihat pada gambar.
    Menu Auto Ads
    Menu Auto Ads
  4. Selanjutnya kalian akan disambut dengan berbagai macam jenis iklan, pada bagian ini kalian tinggal pilih, iklan mana saja yang kalian ingin untuk ditampilkan.
    Jenis iklan auto ads
    Jenis iklan auto ads
  5. Setelah kalian pilih iklan mana saja yang ingin di tampilkan, jangan lupa checklist Automatically get new formats agar kalian secara otomatis menerima format terbaru.
  6. Terakhir kalian tinggal klik "save" untuk menyimpan setelan.

Cara Pasang Kode Iklan Auto Ads di Blog

Bagian ini akan membahas tahap selanjutnya, yaitu cara pasang auto ads adsense di blog agar iklan tersebut bisa muncul di blog kamu. Berikut cara-caranya:
  1. Setelah kalian save, langsung saja kalian klik "Setup Auto ads" lalu kalian copy kode yang disediakan.
    mengambil kode script iklan
    mengambil kode script iklan
  2. Kemudian langsung saja kalian login ke Blogger, setelah itu kalian buka menu Tema > Edit HTML > paste script Auto ads nya.
    Menu Html Pada dashboard Blogger
    Menu Html Pada dashboard Blogger
    Letakan script Auto ads diantara tag <head> dan </head> tapi saya sarankan untuk menaruhnya tepat dibawah code<head>
  3. Setelah itu kalian klik "Simpan Tema",  jika Tema bisa disimpan setelah kode di letakkan maka langsung ke langkah berikutnya. Namun, Jika tema tidak bisa disimpan, Maka itu berarti kalian harus mem-parse script tersebut sebelum meletakkannya pada langkah 2, adapun tool untuk memparse script tersebut bisa dilihat di sini (NB: lakukan parse apabila iklan tidak muncul / script Auto ads tidak bisa di save)
  4. Tunggu 5-30 menit sampai iklan Auto ads muncul.
  5. Selesai!
Sekian dari artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata, cukup sekian dan terima kasih.

M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "Cara Pasang Auto Ads Google AdSense di Blog dengan Mudah"