-->< >

Cara Cepat Melacak Handphone yang Hilang dengan Mudah

Cara Cepat  Melacak Handphone yang Hilang dengan Mudah
Kehilangan barang merupakan hal menakutkan bagi semua orang, terutama handphone. HP menjadi benda yang tidak bisa lepas dari tangan manusia, oleh karena itu apabila benda tersebut hilang maka akan sangat mengganggu aktivitas. Lantas bagaimana cara melacak handphone tersebut?

Beberapa Cara Melacak Handphone

Ada beberapa cara mudah untuk melacak HP, namun tidak semua orang paham dan tahu betul akan langkahnya. Jika Anda termasuk salah satunya, perhatikan penjelasan berikut:

1. Melacak HP Menggunakan Email 

Biasanya handphone sudah terpasang email para penggunanya, dari situlah Anda bisa melacak keberadaan HP hilang. Google telah memasang Sistem Operasi pada smartphone Android agar menggunakan akun pemiliknya saat mau mengakses ke Google Play Store.
Melacak HP Menggunakan Email
Melacak HP Menggunakan Email 
Caranya ialah log in menggunakan email pada HP yang hilang kemudian pilihlah tampilan versi web. Setelah itu, tekan ikon titik 9 di pojok kanan atas layar kemudian masuk dengan akun Google dan scroll ke bawah untuk melihat berbagai menu lalu klik “Temukan Ponsel Anda”.

Kemudian pilihlah jenis HP yang hilang, Anda diharuskan log in kembali menggunakan email lalu klik opsi “Temukan”. Setelah itu akan muncul tampilan google map. Jangan lupa untuk selalu merefresh agar posisi handphone selalu terupdate.

2. Memanfaatkan Fitur Google Maps

Selain lewat email, melacak handphone juga bisa menggunakan fitur aplikasi satu ini. Google Maps memang diciptakan untuk membantu Anda dalam menemukan lokasi, menuntun ke tempat yang belum pernah dikunjungi bahkan bisa menemukan HP hilang.
mempergunakan Google Maps untuk mencari HP/Smart phone kita yang hilang
 Google Maps untuk mencari HP/Smart phone kita yang hilang
Lalu bagaimana cara mempergunakan Google Maps untuk mencari HP/Smart phone kita yang hilang, serta bagaimana dan apa saja persyaratan yang harus dipenuhi agar HP/smart phone yang hilang dapat ditemukan atau dilacak keberadaannya dengan menggunakan Google Maps ini?

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar HP/Smart Phone atau perangkat mobile yang hilang yang dapat ditelusuri/dicari dengan menggunakan Google Maps Location History
  1. Perangkat Anda terhubung dengan akun Google Anda.
  2. Perangkat Anda memiliki akses ke internet.
  3. Lokasi Pelaporan dan Sejarah Lokasi (Location History) perlu diaktifkan pada Akun Google/perangkat Anda.
Bagaimana Cara Menghubungkan Perangkat HP/Smart Phone dengan Akun Google Anda?
Agar perangkat mobile Anda (HP/Smart Phone/Tablet dll) dapat terhubung dengan akun Google Anda, maka Anda harus mempergunakan aplikasi-aplikasi layanan Google yang ada pada perangkat mobile Anda dengan akun Google Anda. Jika perangkat mobile Anda berbasis Sistem Operasi Android, maka Anda cukup menambahkan akun Google Anda pada bagian setting/pengaturan > akun, dari perangkat Android Anda

Bagaimana Agar Perangkat Selalu Terhubung ke Internet?
Agar perangkat Anda selalu terhubung dengan internet, tentu saja paket data atau wireless pada perangkat HP/smart phone Anda harus selalu aktif dan dapat menghubungkan perangkat HP/smart phone ke jaringan internet.

Bagaimana Cara Mengaktifkan atau Menon-Aktifkan Sejarah Lokasi?
Anda dapat mengaktifkan atau menon-aktifkan (jika fitur pencatatan sejarah lokasi tidak akan digunakan) dengan mengatur setting sejarah lokasi (location history) di alamat http://google.com/locationhistory

Mempergunakan Google Maps untuk mencari HP/Smart phone kita yang hilang dapat dimulai dengan membuka aplikasi Google Maps kemudian dilanjutkan dengan meng-klik Setting. Pada pojok kiri atas, tekan menu “Bagi Lokasi”. Anda bisa menentukan waktu pelacakan, bisa selama satu jam atau sampai HP dimatikan agar tetap selalu bisa terupdate lokasinya.

Kemudian tekan menu “Pilih Orang” dan ketikkan alamat email serta nomor HP yang hilang lalu klik “Bagikan” dan “Aktifkan”. Lokasi handphone Anda bisa terlacak melalui aplikasi Google Maps ini selama 24 jam. Cara cukup mudah tersebut bisa dicoba untuk menemukan keberadaa smartphone.

3. Bantuan Aplikasi “Find My Device” 

Fitur di dalamnya memang dirancang untuk menemukan lokasi HP yang hilang. Saat ponsel dari penggunanya tertinggal atau kecopetan, pemiliknya bisa melakukan pelacakan HP menggunakan Find My Device.
Find My Device
Find My Device
Fitur lainnya seperti menyalakan ringtone, menghapus data juga dapat dilakukan.
Anda bisa mengaksesnya baik lewat browser atau mengunduhnya dahulu di Google Play Store. Cara yang pertama, kunjungi link https://android.com/find kemudian log in menggunakan akun Google lalu keberadaan HP bisa diketahui setelah aplikasi tersebut menampilkan map.

Untuk cara yang kedua, Anda harus mengunduhnya di Play Store. Setelah membuka aplikasi tersebut, tahapannya sama seperti sebelumnya. Namun terdapat beberapa syarat agar berhasil menggunakan Find My Device yaitu ponsel dalam keadaan aktif dan terhubung dengan akun Google.

4. Dengan Google ADM (Android Device Manager)

Salah satu aplikasi besutan Google ini memang disediakan secara gratis yang kegunaannya untuk melacak lokasi HP hilang dengan cara menyalakan GPSnya. Namun cara tersebut dapat berhasil apabila ponsel tujuan tidak dalam keadaan mati.
Android Device Manager
Android Device Manager
Langkah pertama yang dilakukan ialah install terlebih dahulu aplikasi Google ADM kemudian log in menggunakan akun Google HP tujuan. Di sini Anda diharuskan mengetikkan alamat email beserta kata sandi.

Setelah itu Anda dapat melihat nama dari smartphone yang hilang karena terhubung ke akun Google tadi. Bersamaan dengan ini, lokasi dari HP tersebut sudah muncul pada layar dan dapat ditemukan. Namun apabila ADM tidak terlacak, maka bisa jadi ponsel telah dinonaktifkan.

5. Melacak HP dalam Kondisi Mati 

Beberapa cara di atas tidak berhasil dilakukan sebab terhambat karena handphone sudah dalam keadaan mati. Namun ternyata ada langkah-langkah alternatif yang bisa dipilih untuk melacaknya, yaitu menggunakan Google Maps.

Google Maps nyatanya bisa digunakan dalam menemukan HP meskipun dalam keadaan mati. Langkah pertama yaitu buka aplikasi tersebut lalu klik garis tiga di pojok atas kiri layar. Kemudian pilih menu “Add Acount” dan log in menggunakan akun handphone yang hilang.

Setelah itu pilih ikon hamburger dan klik menu “Your Timeline” untuk memulai pelacakan lokasi. Apabila Anda ingin mengetahui keberadaan HP yang sudah hilang berhari-hari, bisa tekan menu kalender. Cara ini biasa dilakukan saat handphone dalam keadaan sudah mati.

6. Aplikasi Mobile Number Location

Aplikasi ini membantu Anda dalam menemukan ponsel yang hilang menggunakan nomor di dalamnya. Mobile Number Location merupakan pelacak khusus sengaja dirancang untuk melakukan pencarian keberadaan smartphone.
Aplikasi Mobile Number Location
Aplikasi Mobile Number Location
Aplikasi ini menggunakan kode ISD dan STD dalam fitur pencarian smartphone Android. Perbedaan dengan memakai cara lainnya yaitu, langkah tersebut dapat dioperasikan meskipun keadaan offline tanpa sambungan internet.

Anda bisa langsung mengunduhnya lewat Google Play Store dan tinggal mengikuti menu yang disediakan. Caranya cukup mudah karena hanya memasukkan nomor HP tujuan kemudian menunggu pelacakan selesai.

Melacak HP Menggunakan Akun Khusus 

Cara ini hanya bisa digunakan bagi smartphone keluaran merk tertentu sebab mempunyai sistem pengamanan sendiri. Bagi Anda pengguna HP Xiami, Samsung dan iPhone dapat melacak keberadaan ponsel yang hilang dengan langkah-langkah berikut:

1. HP Xiaomi dengan Mi Account

Mi Account hanya dimiliki oleh para pengguna smartphone merk Xiaomi. Langkah pertama yaitu buka laman https://i.mi.com yang merupakan situs pribadi milik Mi Cloud. Kemudian masuklah menggunakan Mi Account, ketikkan data sesuai dengan HP yang hilang.
https://i.mi.com
Mi Cloud
Langkah selanjutnya yaitu pilih menu “Find Device”. Apabila HP sudah ditemukan maka hapuslah data demi keamanan serta masukkan handphone dalam keadaan “Lost Mode”. Cara ini bisa dicoba apabila tips sebelumnya belum bisa bekerja optimal.

2. HP Samsung dengan Samsung ID 

Cara ini diperuntukkan bagi pengguna smartphone Samsung. Langkah pertama yang Anda lakukan yaitu kunjungi link https://findmymobile.samsung.com/. Kemudian masuklah menggunakan akun Samsung ID. Setelah itu klik menu “Agree” untuk menyetujui beberapa legal information.
Temukan Ponsel Samsung Saya
Temukan Ponsel Samsung Saya 
Selanjutnya lokasi HP terakhir akan dimunculkan lewat layar. Tidak hanya itu saja fitur Find My Mobile oleh Samsung ini bisa menunjukkan riwayat jaringan terhubung serta sisa baterai. Terdapat beberapa fungsi lainnya seperti menyalakan alarm, menghapus data serta mengunci perangkat smartphone.

3. iPhone dengan iCloud

Bagi Anda yang kehilangan handphone iPhone bisa mencoba cara ini, yaitu langkah pertama dengan megunjungi laman pribadi iCloud (https://www.icloud.com) kemudian masuklah menggunakan ID Apple HP tujuan.
Tampilan icloud.com/find
Tampilan icloud.com/find
Setelah menekan skip untuk menu “Two Factor Authentication”, pilihlah “Find My iPhone”. Kemudian lokasi HP akan dimunculkan lewat layar. Lewat laman tersebut, Anda bisa menghapus data penting, menyalakan fitur “Lost Mode” dan membunyikan alarm.

Berbagai cara melacak handphone yang bisa dicoba saat kehilangan HP, mulai dari lewat aplikasi, akun khusus bahkan hanya dengan keadaan offline. Jadi jangan bingung dulu jika smartphone hilang atau ketinggalan di suatu tempat, Anda masih bisa menemukannya. Selamat mencoba!

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Cara Cepat Melacak Handphone yang Hilang dengan Mudah"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel