< >

Begini Cara Mengisi Air Aki Dengan Benar

Begini Cara Mengisi Air Aki Dengan Benar
Aki yang tekor bisa saja terjadi karena banyak hal, masalah yang sering terjadi penyebab aki tekor adalah karena air aki yang kurang dari batas minimum atau bahkan habis. Resiko jika aki tekor adalah mesin kendaraan akan susah untuk dinyalakan.

Hal ini karena hanya terdapat sedikit listrik yang disuplai pada sistem starter. Jika sudah begini tentu saja anda akan kesulitan untuk menyalakan mesin mobil karena harus didorong terlebih dulu agar mobil bisa terpancing dan menyala.

Jika aki tekor apakah kita harus mengganti aki satu unit? tentu saja tidak, karena aki basah ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh aki kering. Untuk masalah aki basah yang tekor bisa kita atasi dengan mengisi air aki dan kemudian kita charge saja aki, maka aki dapat kita gunakan kembali.

Cara Mengisi Air Aki Dengan Benar

Masalahnya banyak yang belum tahu tentang bagaimana cara mengisi air aki dengan baik dan benar.

Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara mengisi air aki dengan baik dan benar. Bagi anda yang masih kebingungan tentang bagaimana prosedur cara mengisi air aki, berikut dibawah ini sudah saya jelaskan tutorialnya.

1. Siapkan Dulu Obeng Untuk Membuka Penutup Aki

 Obeng minus
 Obeng minus
Sebelum anda bisa mengisi air aki, anda harus mempersiapkan terlebih dulu alat berupa obeng yang digunakan untuk membuka penutup pada sel aki tersebut.

Anda bisa menyiapkan obeng (-) dengan ukuran yang besar guna membuka penutup sel aki. Jika tidak ada obeng (-), anda bisa menggunakan benda pipih lainnya seperti gunting atau pisau untuk membuka sel penutup aki.

2. Cek Ketinggian Air Aki

Setelah terbuka sel penutup aki, anda harus mengecek terlebih dahulu volume air aki tersebut. Anda harus memastikan berapa kurangnya dari setiap air aki pada setiap sel.
Cek Ketinggian air Aki
Cek Ketinggian air Aki
Dengan mengukur berapa sisa volume air aki tersebut tentu saja anda akan bisa mengestimasi kira-kira berapa kebutuhan air aki yang harus diisi dalam aki. Dengan begitu anda juga bisa membeli air aki dengan jumlah yang pas dan tidak kurang.

3. Siapkan Air Aki

Setelah mengukur volume air aki, berikutnya anda harus mempersiapkan air aki yang akan anda isikan pada aki tersebut. Anda bisa mendapatkan air aki dari bengkel-bengkel sekitar rumah. Pada umumnya harga air aki satu botol 5 sampai 10 ribu.
Air Aki
Air Aki
Jika kekurangan air aki cuma sedikit saja di bawah garis lower level, maka anda hanya perlu satu botol air aki saja. Namun jika ternyata air aki kosong, anda membutuhkan paling tidak 3 botol air aki.

4. Lepas Terminal Negatif Baterai

Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda bisa langsung mengisi air aki ke dalam unit aki tersebut.
Namun supaya lebih aman, anda sebaiknya menonaktifkan terlebih dulu sistem kelistrikan kendaraan anda dengan cara melepas terminal negatif pada aki.
melepas terminal negatif pada aki
Melepas terminal negatif pada aki
Untuk bisa melepas terminal negatif aki tersebut anda membutuhkan kunci 10 guna mengendorkan mur terminalnya.

5. Siapkan kain Lap Di Sekitar Aki

Supaya air aki tidak tumpah dan terkena badan, anda bisa menyiapkan kain lap atau kain yang tidak terpakai untuk pelindung komponen dalam mesin.

Hal ini karena air aki yang bersifat asam jika terkena tangan bisa membuat tangan terluka, selain itu jika terkena mesin juga bisa membuat komponen mesin mengelupas.

6. Isi Air Aki Sampai batas Yang Diizinkan

Terakhir anda bisa menuangkan air aki dari botol yang sudah anda beli tadi ke dalam unit aki secara hati-hati.
menggunakan corong untuk mempermudah proses pengisian air aki
Menggunakan corong untuk mempermudah proses pengisian air aki
Anda bisa menggunakan corong untuk mempermudah proses pengisian air aki tersebut. Ingat, jangan sampai air aki tumpah karena air aki sendiri bersifat korosif yang bisa merusak tangan dan membakar material plastik.

Nah itulah bagaimana cara mengisi air aki dengan benar. Setelah itu aki akan bisa anda gunakan kembali secara normal, dan anda tidak perlu lagi mendorong mobil untuk memancing mesin agar bisa menyala. 


GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Begini Cara Mengisi Air Aki Dengan Benar"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel