Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Semen? Dan Apa itu Beton?

Apa Itu Semen? Dan Apa itu Beton?
Masih banyak yang salah dalam menggunakan kata semen dan beton. Dua kata ini masih sering disalahartikan dan disalahgunakan dalam menulis laporan maupun artikel. Kebanyakan orang berpikiran dan beranggapan bahwa kata beton dan semen adalah berarti hal yang sama.

Walapun terlihat sederhana, karena pada sebagian besar pembahasan dalam situs ini adalah tentang beton, maka saya ingin Anda tahu perbedaan antara semen dan beton. .

Sebenarnya apa yang akan jadi pembahasan kita kali ini adalah hal yang sederhana, tapi masih banyak yang salah mengartikan, terutama kalangan yang baru terjun dalam dunia teknik sipil, dunia proyek dan pertukangan.

Lalu apa itu sebenarnya Semen ?

Semen:
"... bubuk alumina, silika, kapur, besi oksida, dan Magnesium oksida dibakar bersama dalam kiln dan halus ditumbuk dan digunakan sebagai bahan mortar dan beton.  "

Dan Apa itu Beton ?

Beton:
"... bahan bangunan yang keras dan kuat yang dibuat dengan cara mencampurkan bahan semen (sebagai semen Portland) dan sebuah agregat mineral (seperti pasir dan kerikil) dengan air yang cukup untuk menyebabkannya ditetapkan dan mengikat seluruh massa.  "
Cara yang sangat mudah untuk memahami hal ini adalah dengan memahami pengertian beton, dimana beton adalah campuran semen Portland, pasir dan air.

Karena seringnya kita mendengar istilah semen portland, seperti pada pengertian beton diatas, maka sekalian juga kita lihat berikut ini apa itu semen portland.

Apa itu Semen Portland ?

SEMEN PORTLAND:
"... semen hidrolik yang dibuat oleh penghancur halus klinker dihasilkan oleh kalsinasi untuk gagasan fusi campuran tanah liat dan batu kapur atau bahan serupa.  "

Demikianlah pengertian apa itu semen dan beton. Semoga dapat membantu dan memberi sedikit pencerahan dalam memahami teknologi material konstruksi.
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "Apa Itu Semen? Dan Apa itu Beton?"