< >

Nilai Passing Grade (Ambang Batas) CPNS 2019 dan 5 Tips Jitu Untuk Melewatinya

Nilai Ambang batas untuk seleksi kompetensi dasar cpns 2019 telah ditetapkan, Berapa nilai penetapan tersebut ? Jika dilihat dari permenpan no 24 tahun 2019 didapatkan nilai passing grade/ambang batas Cpns 2019 adalah sebagai berikut,
  1. 126 (seratus dua puluh enam) untuk TKP;
  2. 80 (delapan puluh) untuk TIU; dan
  3. 65 (enam puluh lima) untuk TWK
Seperti sudah diketahui bersama dalam seleksi kompetensi dasar meliputi 3 bagian test komptensi, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU) Dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). 

Sehingga dari nilai passing grade tersebut maka peserta cpns untuk lolos ketahap selanjutnya yaitu tahap seleksi kompetensi bidang SKB harus melewati atau setidaknya sama dengan nilai ambang batas tersebut.

Jika dilihat dari nilai passing grade/ambang batas cpns tahun lalu, maka ada penurunan. yaitu pada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang pada tahun lalu adalah 70 maka pada tahun ini turun menjadi 65, Sedangkan Tes Intelegensia Umum (TIU) nilainya tetap sama dengan tahun lalu yaitu 80.

Jika pada seleksi cpns 2018 banyak yang gugur pada tahap seleksi kompetensi dasar (skd) terkhususnya pada Tes Karakteristik Pribadi (TKP), maka pada tahun ini nilai ambang batas Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah 126. Ada penurunan dari 143 menjadi 126.

Jika dilihat secara keseluruhan, maka nilai passing grade cpns 2019 mengalami penurunan dibandingkan dengan passing grade pada seleksi cpns tahun 2018 lalu. Dari penurunan tersebut timbul 2 pertanyaan, yang pertama apakah nilai standar kualitas seseorang untuk menjadi PNS dinegeri ini diturunkan?  ataukah nilainya saja yang diturunkan tetapi indeks kesulitan soal malah dinaikkan agar tetap mendapat kualitas seorang asn sama dengan tahun lalu ?

Banyak yang beranggapan penurunan nilai passing grade ini dikarenakan dengan banyaknya peserta yang tidak dapat melewati passing grade yang ditentukan pada tahun lalu. Banyak kekecewaan para peserta atas ketidaklulusan skd tahun lalu, sehingga pemerintah dalam hal ini adalah kemenpan Rb merespon situasi yang terjadi tersebut dengan menurunkan nilai passing grade.

Cara Menghitung Passing Grade CPNS 2019

Nilai sempurna dengan batas maksimal adalah 500 point dengan asumsi peserta mengerjakan semua soal, dengan nilai setiap soal 5 dengan dikalikan 100 dengan jumlah 500 point. dengan perhitungan sebagai berikut ini:

TKP (35 soal x skor 5)= 175
TIU (30 soal x skor 5)= 150
TWK (35 soal x skor 5)= 175

Dengan total Keseluruhan test sebagai berikut ini:

TKP(175) + TIU(150) + TWK(175) = 500

Jalur umum yang tidak terpenuhi salah satu testnya diatas maka tidak akan lulus atau gagal, TWK dan TIU terpenuhi namun TKP tidak, maka gagal untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Adapun contoh kasusnya sebagai berikut ini:
Budi mendapatkan nilai bagus dengan total nilai 400 dengan rincian nilai TWK 155 dengan TIU 75 dan untuk TKP 170 total nilai 400 akan tetapi TIU tidak mencapai ambang batas yang dipersyaratkan dengan nilai ambang batas minimal 80, Budi hanya mendapatkan 75 sehingga ia tidak lolos ke tahap SKB karena passing gradenya tidak memenuhi syarat.

Tips Untuk Lolos Passing Grade 2019

Adapun tips untuk lolos ambang batas cpns 2019 adalah sebagai berikut

1. Berdoa sebelum mulai tes

Berdoa adalah sesuatu hal yang tidak kalah penting agar anda bisa lulus Ujian SKD . Dengan berdoa anda bisa mendapatkan kekuatan yang tidak terlihat untuk melaksanakan ujian. Hati di tenangkan sehingga menambah kekuatan dan kepercayaan diri sebelum melaksanakan ujian Meniatkan yang baik, selalu berdoa dan memohon kepada Allah, meminta doa restu dari kedua orang tua/guru-guru kita dan senantiasa berpikiran positif insya Allah akan mempermudah kita dalam mencapai cita-cita lulus seleksi CPNS

2. Bagi waktu dalam 2 fase

Membagi waktu adalah suatu hal yang harus anda rencanakan dengan baik, jangan sampai dalam test skd yang singkat banyak waktu terbuang percuma. Adapun cara untuk membagi waktu tersebut adalah dengan membagi waktu test.

Pada test Skb diberi waktu 90 menit, maka hal ini bisa disiasati dengan menyisakan 10 menit terakhir untuk menebak soal soal yang sulit, sedangkan 80 menit pertama adalah fokus untuk mencari jawaban yang benar, sehingga anda punya waktu 2 fase dalam mengerjakan soal skd, yaitu fase pertama di 80 menit awal dan fase kedua di 10 menit terkakhir.

Jangan menghabiskan waktu untuk mengerjakan soal soal yang sulit. Banyak peserta yang gagal karena merasa kekurangan banyak waktu. Padahal peserta tersebut yang tidak bisa mengelola waktunya. Dalam sebuah soal terkadang memang ada soal yang mudah tapi memerlukan jalan yang panjang untuk mengerjakannya, kemudahan jawab ini adalah trik untuk mengecoh peserta agar mau menghabiskan waktunya di soal tersebut.

3. Maksimal 1 menit untuk mengerjakan 1 soal

Tips yang kedua ini juga masih berhubungan dengan waktu. Sebelum mulai mengerjakan soal, segera estimasi kemana arah jawaban yang diinnginkan soal tersebut, berapa lama waktu yang dibutuhkan. Jika soalnya wacana, segera lihat pertanyaan, apa yang ditanyakan dan butuh berapa lama untuk mendapat jawaban dari wacana.

Namun ada kondisi tertentu yang terjadi jika ternyata estimasi meleset. dimana pada awalnya kita yakin soal tersebut bisa diketahui jawabannya dalam 1 menit, tapi ternyata saat mengerjakannya waktu 1 menit sudah berlalu dan jawaban juga belum ditemukan, sebaiknya lompati soal tersebut dan segera ke soal selanjutnya, agar waktu yang kita pakai di soal tersebut tidak terbuang percuma, maka dari hasil pekerjaan 1 menit yang sudah dilakukan catat beberapa pilihan jawaban yang mendekati dari hasil pengerjaan satu menit tersebut, dan pada saat 10 menit terakhir kita tidak menghabiskan waktu lagi untuk membahas opsi yang tidak diperlukan dibahas.

4. Fokus untuk menjawab 20 soal TWK dan 20 soal TIU

Dalam mengerjakan soal skd, maka terlebih dahulu fokuslah untuk mencari jawaban yang benar dari 20 soal TWK dan 20 Soal TIU. Kenapa harus 20 ? padahal sebenarnya jawaban benar 13 soal untuk TWK sudah mencapai ambang batas. tentu kita tidak mau jika nilai kita hanya pas pasan.

Bagaimana dengan peserta lain jika nilainya lebih dari ambang batas, tentu kita juga ingin lebih maksimal. Namun disisi lain jika kita terlalu terfokus untuk mengerjakan satu bidang soal, maka bisa saja terancam di bidang soal lain tidak mencapai batas passing grade. Oleh karena itu disarankan untuk terlebih dahulu mencari jawaban yang benar dari 20 soal.

Setelah selesai mengerjakan 20 soal twk dan 20 soal tiu yang jawabannya anda yakini benar maka segera berpindah ke soal TKP dan kerjakan seluruh soal tkp yang berjumlah 35 soal tersebut. 

Perlu diingat tentang 20 jawaban yang diyakini benar,  hitungan 20 jawaban tersebut adalah jawaban yang dirasa yakin 99,99% benar. Jangan memasukkan jawaban ragu ragu kedalam 20 hitunga jawaban tersebut.

Misalnya pada soal twk, Siapa presiden pertama indonesia, ini misalnya, karena gak mungkin pertanyaannya semudah itu. Maka kita jawab Soekarno.Atau pada TIU Akar dari 25 adalah... maka kita menjawab 5, Dengan kondisi yakin seperti itulah jawaban yang dimasukkan ke hitungan 20 jawaban tersebut. Setelah mendapatkan 20 jawaban TWK dan 20 Jawaban TIU baru kemudian mengerjakan seluruh jawaban TKP.

Sehingga jika dijumlahkan 20 Soal TWK + 20 Soal TIU + 35 Soal TKP, maka ada 75 soal, dan jika dikerjakan maksimal satu menit satu soal sesuai tips ke 3, maka pengerjaan soal tersebut masih dalam tahap fase 1 seperti pada tips pertama.

5 Jangan mengosongkan jawaban

Skd bukanlah pilihan ganda jika jawaban salah akan dikurangi, sehingga jangan pernah berniat untuk mengosongkan jawaban. Manfaatkan waktu pada fase 2 untuk menebak dan menyelesaikan soal yang belum terjawab.

Jika sudah bingung dalam menjawab soal yang sulit, maka segera gunakan intuisi untuk menjawab soal tersebut dan tetap maksimalkan waktu 10 menit pada fase kedua.

Demikianlah Nilai Passing Grade (Ambang Batas) CPNS 2019 dan 5 Tips Jitu Untuk Melewatinya. Untuk lebih memantapkan dalam menghadapi seleksi test cpns 2019 secara keseluruhan dan bagaimana trik dan strategi untuk mengerjakan berbagai jenis soal dengan pembahasan langsung contoh soal, bisa anda lihat tipsnya di >> Strategi Dan Tips Sukses Menghadapi Seleksi CPNS 2019.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Nilai Passing Grade (Ambang Batas) CPNS 2019 dan 5 Tips Jitu Untuk Melewatinya"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel