< >

Cara Mengatasi Memori Internal Android Cepat Penuh

Satu atau dua tahun lalu, handphone dengan memori penyimpanan internal 16 Gb sudah termasuk besar dan cukup leluasa untuk penyimpanan handphone dalam beraktifitas. Belum lagi ditambah dengan memori eksternal. Begitu juga dengan Ram 4 GB, Laptop saja sewaktu saya kuliah 5 Tahun lalu biasanya Ram hanya 1 GB.

Namun sekarang, ram 8 GB dan memori internal 32 GB Sudah sangat cepat penuh dan juga hp menjadi lemot dan slow responding. Kebutuhan akan memori penyimpanan cepat meningkat. Tentu saja jika dibiarkan berlama lama hal ini akan mengganggu aktifitas.

Lalu bagaimana cara mengatasi memori internal yang cepat penuh? apa saja tips untuk menghemat dan mengoptimalkan memori internal handphone ? Berikut ulasan tentang Cara Mengatasi Memori Internal Android Cepat Penuh

Perbedaan Memori Internal, Memori Eksternal dan RAM


Memori Internal

Memori Internal adalah memori bawaan yang sudah ada di dalam handphone Android, di saat anda membeli handphone Android tersebut pertama kali, ukuran memori internal ini tidak dapat diubah, baik di tambah maupun di kurangi. Memori internal tersebut akan digunakan sebagai memori utama nya oleh sistem operasi, maksudnya ialah saat anda melakukan proses penyimpanan file, foto atau dokumen lainnya, maka sistem operasi Android, akan menyimpan file-file tersebut di dalam memori internal. 

Memori Eksternal

Memori Eksternal adalah memori tambahan MicroSD yang bisa anda lepas dan pasang. Kapasitasnya sendiri bisa anda pilih sendiri mulai dari 2GB, 4GB dan lainya yang memang sudah banyak di jual secara terpisah. Bila tidak ada memori external yang terpasang di dalam handphone Android yang anda miliki, maka memori internal lah yang akan di kenali dan di gunakan oleh handphone Android sebagai penyimpanan utama. 

RAM

RAM adalah penyimpanan sementara untuk memproses atau menjalankan sebuah aplikasi. RAM juga akan menjadi masalah yang serius. RAM cepat sekali penuh dan berakibat handphone Android anda menjadi lambat atau lemot karena memang cara kerja RAM ini, menyimpan atau menjalankan aplikasi untuk sementara waktu agar bisa di buka dengan cepat. Maksudnya adalah, ketika anda membuka aplikasi A, dan berpindah ke apliksi B. Sebenarnya aplikasi A masih berjalan pada latar belakang (background), disinilah fungsi RAM yang bertugas menyimpan aktifitas aplikasi A dan B secara bersamaan. Agar bisa cepat berjalan ketika anda akan membuka lagi. Jadi, semakin banyak aplikasi yang anda install atau buka, maka penggunaan RAM juga akan besar. 

Penyebab Memori Android Cepat Penuh 

Seiring waktu memori internal anda cepat penuh ? Hal ini bisa terjadi ketika anda menggunakan handphone baik untuk mencari informasi di internet, maupun bermain aplikasi sosial media. 

Menggunakan handphone seperti biasa baik itu Main game, browsing, media sosial ataupun menggunakan aplikasi chatting sebenarnya secara tidak sadar akan menambah file yang akan tersimpan di memori internal handphone. Selain itu, bisa dari aktifitas penggunaan seperti download aplikasi, video, MP3 dan file lain yang anda masukkan ke memori internal handphone Android. Sehingga bisa saja membuat memori internal android cepat penuh 

Selain itu penggunaan aplikasi yang terlalu berlebihan, dan secara tidak sadar file yang sering dijalankan tersebut menjadi bertambah banyak. 

Cara Mengatasi Memori Android Cepat Penuh 


1. Hapus Cache Aplikasi 

Setiap anda menginstal aplikasi, dan juga semua aktifitas aplikasi yang ada di handphone. Ketika anda membuka aplikasi tersebut, sebenarnya menyimpan data tersebut biasa di sebut Cache. 

Fungsinya, ketika anda membuka aplikasi yang sama di waktu yang berbeda, nantinya aplikasi sebagian data yang di tampilkan akan mengambil dari data cache yang tersimpan sebelumnya. 

Sebagai contoh, ketika anda membuka aplikasi Facebook untuk pertama setelah di install akan terasa loading lama, namun ketika anda menutup dan membuka lagi nantinya loading akan terasa lebih cepat. 

Nah, dari situlah semakin lama Cache akan semakin besar ukurannya, untuk menguranginya anda bisa menghapus dari setiap aplikasi. 

Caranya buka pengaturan > aplikasi manager > pilih dan buka aplikasi yang akan di hapus cache-nya, akan tampil kurang lebih seperti gambar dibawah > clear cache.

clear cache
clear cache
Atau anda juga bisa menghapus semua cache dengan cara buka pengaturan > penyimpanan > data cache > ok. 

Clear data chache android
Clear data chache android
Dengan begitu aplikasi yang sudah terhapus cache-nya akan kembali download data yang baru. 

2. Hapus File Unduhan 

Coba cek pada file manager anda, apakah ada file unduhan yang tidak diperlukan, baik itu aplikasi, video, audio dan lainnya. Jika memang ada, segera hapus agar penyimpanan anda semakin longgar.

menghapus file unduhan
menghapus file unduhan

3. Hapus File Sampah 

Aplikasi yang anda jalankan akan membuat munculnya file sampah pada memori internal anda. Jika dibiarkan akan membuat memori internal anda akan cepat penuh. Solusinya adalah hapus file sampah tersebut. Agar file sampah tersebut ditemukan kalian bisa download dahulu aplikasi CLEANit di Google Play Store. Kalian jangan khawatir karena aplikasi tersebut hanya berukuran sekitar 6MB. Jika sudah di install, kalian buka aplikasi tersebut dan gunakan dengan bijak. 

CleanIt Android
CleanIt Android
Nah, untuk kalian pengguna WhatsApp disitu ada fitur APP CLEANER. Fitur tersebut digunakan untuk membaca file cache dan sampah pada aplikasi WhatsApp. Pengalaman pribadi saya, fitur ini sangat membantu dan membuat memori internal saya menjadi lebih longgar. 

Demikianlah beberapa tips untuk Cara Mengatasi Memori Internal Android Cepat Penuh. Sebelum benar benar menghapus atau menjalankan tips tersebut diatas, pastikan data data penting yang anda perlukan untuk tidak ikut terhapus. Semoga bermanfaat.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Cara Mengatasi Memori Internal Android Cepat Penuh"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel