Jam Kerja Tetap Vs Fleksibel, Mana yang Lebih Baik

Saat ini penerapan jam kerja berbeda-beda pada setiap perusahaan. Ada yang menerapkan jam kerja tepat dan ada pula yang menerapkan jam kerja fleksibel. Kedua metode jam kerja tersebut memiliki manfaat yang berbeda. Berikut ini akan diulas beberapa manfaat dari jam kerja tetap dan jam kerja fleksibel.

Apa Saja Keuntungan Jam Kerja Tetap?

Penerapan jam kerja tetap akan memberikan manfaat baik bagi perusahaan maupun bagi karyawan. Keuntungan yang diperoleh pihak perusahaan antara lain :
  1. Kehadiran karyawan di kantor akan memudahkan koordinasi dengan tim ataupun dengan atasannya.
  2. Pekerjaan seorang karyawan dapat dengan mudah terkontrol.
  3. Klien mudah menemui karyawan karena jam kerja sudah terjadwal dengan baik.
  4. Memudahkan dalam menyusun rencana bisnis perusahaan yang melibatkan karyawan.
  5. Mudah melakukan diskusi, meeting atau rapat sehingga dapat menjadikan semua karyawan sama-sama produktif
  6. Pengawasan terhadap kedisiplinan dan kinerja karyawan akan bisa lebih di pantau.
  7. Pemanfaatan perangkat administrasi semakin maksimal, seperti penggunaan HRIS dan Absensi Online.
  8. Ada bagi karyawan, terdapat banyak keuntungan dengan menerapkan jam kerja tetap, di antaranya:
  9. Membiasakan diri untuk lebih disiplin.
  10. Mudah berinteraksi terhadap tim kerja dan atasan sehingga jika terjadi masalah ada yang membantu mencarikan solusi.
  11. Mengetahui program kerja perusahaan lebih cepat.
  12. Tersedianya fasilitas-fasilitas pekerjaan yang lebih lengkap dan memadai.
  13. Banyak pengalaman baru yang diperoleh saat kerja.

Apa Saja Keuntungan Jam Kerja Fleksibel?

Jam kerja fleksibel pertama kali diterapkan di wilayah Eropa. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi kemacetan di jalan raya akibat banyaknya karyawan yang berjubel berangkat kerja. Pada awalnya, tujuan dari jam kerja fleksibel bukanlah memberikan kebebasan karyawan dapat pulang dan pergi kerja seenaknya. Ketika itu diterapkan dua kebijakan mengenai jam kerja fleksibel, yaitu :
  • Flexible Working Hours yang berarti setiap karyawan bebas menentukan waktu kerjanya tiap hari dengan akumulasi 40 jam per minggu. Dalam kebijakan ini karyawan diberi kebebasan menentukan jam masuk kerja dan jam pulang kerja sendiri.
  • Variable Working Hours yang berarti karyawan bebas memilih jam kerja sendiri namun pada jam-jam tertentu harus ada di kantor.
Dari dua jenis jam kerja fleksibel tersebut terdapat beberapa keunggulan yang diperoleh, baik bagi karyawan maupun bagi perusahaan. Manfaat bagi karyawan antara lain memiliki banyak waktu untuk keperluan pribadi, hemat biaya transportasi, tidak perlu tergesa-gesa, lebih produktif, dan terhindar dari stress.


Ada pun bagi pihak perusahaan, jam kerja fleksibel yang telah disepakati bersama karyawannya memberikan keunggulan seperti :
  1. Dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan dalam bekerja dan mengejar target perusahaan.
  2. Karyawan menjadi lebih produktif dalam bekerja sehingga memberikan profit bagi perusahaan.
  3. Karyawan akan berkomitmen lebih tinggi dan bertanggung jawab untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugasnya.
  4. Karyawan akan memberikan dampak positif ketika kembali berada di kantor, karena mampu menunjukkan efisiensinya sebagai seorang karyawan yang bertanggung jawab.

Jam Kerja Tetap vs Jam Kerja Fleksibel, Manakah yang Terbaik?

Bagi karyawan dengan jam kerja tetap akan lebih mudah mengatur jadwal kerja ketimbang karyawan kontrak atau remote worker. Akan tetapi, remote worker diketahui bisa bekerja lebih produktif.

Bagi perusahaan, tentunya lebih mudah memonitor atau berkoordinasi dengan karyawan tetap daripada remote worker. Namun, dari segi perlengkapan kantor, remote worker membuat perusahaan tidak perlu repot menyediakan sarana alat kerja seperti komputer, printer, alat tulis kantor, dll.

Biasanya, perusahaan menaruh kepercayaan yang tinggi terhadap remote worker dan menaruh harapan tinggi agar pekerja jarak jauh bisa menyelesaikan project tepat waktu.

Namun, kepercayaan Anda sebagai pihak perusahaan perlu diimbangi dengan monitoring agar terjadi koordinasi yang baik. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Absensi Online LinovHR. Sistem Absensi Online LinovHR. ini banyak memberikan manfaat bagi pihak perusahaan dan bagi karyawannya, terutama yang menjadi pekerja jarak jauh atau pekerja lapangan. Hubungi tim sales LinovHR untuk info lebih lengkap.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Jam Kerja Tetap Vs Fleksibel, Mana yang Lebih Baik"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel