< >

Cara Mengatasi Error E02 Pada Printer Canon MP258 dan MP287

Banyak jenis error yang terjadi pada printer yang bisa membuat kita penggunanya merasa tergannggu dan terhambat dalam beraktifitas. Error yang terjadi pada printer ada yang disebabkan karena pemakaian dan adapula yang karena waktu pakai yang sudah lama.

Jika memakai printer canon, maka akan sering menghadapi masalah error. Ini bukan berarti saya menjustifikasi kalau printer canon adalah printer yang sering error, tapi ini maksud saya adalah printer canon masih banyak dipakai orang sehingga kerap berbagai kalangan menemui berbagai macam error.

Canon sendiri berusaha membantu mengklasifikasikan masalah yang terjadi pada printernya agar mudah ditangani untuk perbaikan, salah satunya dengan menyebut error E02 pada kesalahan proses keluar masuk kertas, penarikan kertas bermasalah, pengait kertas dan lain lain yang berhubungan dengan operasional kertas pada printer.

Maka kali ini kita akan membahas penanganan error E02. Apabila Muncul peringatan Error E02, ini artinya printer kehabisan kertas, kertas tidak masuk dengan benar , dalam pengait kertas ketika hendak mencetak tidak bisa masuk , atau dalam pengait kertas hanya sebelah saja yang berfungsi. 

Ada beberapa penyebab dari munculnya error E02 ini antara lain karena ada benda yang mungkin masuk kedalam bagian penarik kertas yang menyangkut di rollernya, paper loader bermasalah (karet rollernya aus atau asf pata) dan kerusakan error E02 pada printer canon MP287 yang paling sering adalah rusak atau matinya sensor kertas yang ada didekat roll penarik kertas yang ada ditengah printer. 

Untuk memperbaiki Error E02 pada printer canon MP285 dan MP287 Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini : 
  1. Coba keluarkan kertas yang ada pada printer, dan masukan kembali kertas tersebut. Bisa jadi saat Anda memasukan kertas, sebelumnya Anda tidak memposisikannya dengan benar. 
  2. Buka penutup printer dan lihat apakah ada benda asing yang masuk didalam printer sehingga menyumbat kertas dan tidak bisa menarik. 
  3. Cek, apakah karet roller yang ada untuk mearik kertas sudah mulai habis atau tidak. Jika memang sudah mulai habis, bisa Anda ganti dengan karet roller yang baru. 
  4. Apabila printer terdengar kasar, coba lihat apakah ASF patah atau tidak, karena jika ASF mengalami kerusakan, bisa menyebabkan error tersebut terjadi. 
    Asf mekanik dan roller kertas
  5. Apabila masih belum teratasi, coba bongkar printer. Bisa jadi kerusakan terdapat pada sensor, sehingga untuk menarik kertas tidak berfungsi. Jadi, Anda harus mengganti sensor tersebut yang mengalami kerusakan.
sensor kertas printer canon
sensor kertas printer canon
Demikianlah beberapa penyebab dan cara memperbaiki error E02 pada printer canon MP285 dan MP287. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

1 Response to "Cara Mengatasi Error E02 Pada Printer Canon MP258 dan MP287"

  1. I think this is an informative post and it is very useful and knowledgeable. therefore, I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article. mini label printer

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel