Tips Mudah Mendesain Dan Membuat Logo Dengan Profesional

Logo adalah sebuah hal penting yang tidak boleh diabaikan begitu saja pembuatannya. Logo bisa membawa banyak manfaat dan kemudahan untuk menciptakan brand yang baik dimata costumer atau klien sebuah perusahaan.

Karena pentingnya peran sebuah logo bagi perusahaan, maka perlu mendesain logo yang mudah diingat dan memberikan informasi singkat tentang perusahaan bagi yang melihat logo tersebut.

Nah.. Kali ini kita akan membahas bagaimana tips mudah mendesain dan membuat logo dengan profesional. Bagaimana membuat logo yang benar yang membawa makna tersirat sesuai dengan visi misi ataupun untuk meningkatkan nilai branding dari sebuah usaha atau perusahaan.

Apa itu logo?

Logo adalah suatu gambar dengan sketsa tertentu yang memiliki warna dan arti tertentu pada setiap detailnya, yang mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya yang membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut.

Prinsip-prinsip desain logo

Bagaimana prinsip desain dalam membuat sebuah logo sesuai dengan makna dari pengertian logo itu sendiri? berikut adalah prinsip-prinsip desain logo.

Warna

Adapun Prinsip yang pertama ialah warna, dimana kesatuan unsur warna didalam sebuah sketsa akan memberikan makna yang melekat , maka disini kamu perlu mengetahui apa makna atau filosofi khusus dan karakter dari sebuah warna.

Misalkan warna hitam yang menunjukkan karakter mewah, dan harmonis. Lihatlah, hitam akan sesuai disandingkan dengan warna apapun itu. Dengan prinsip inilah kita akan menggunakan komponen warna sebagai pelengkap sebuah icon.

Bentuk

Lalu prinsip berikutnya adalah bentuk, apa itu bentuk yang dimaksud? Bentuk adalah gabungan dari beberapa garis yang disatukan maka akan tercipta suatu bentuk khusus yang memiliki arti. Apa itu garis? Garis adalah gabungan dari beberapa titik atau gabungan dari titik-titik yang disatukan sehingga terbentuk garis?

Kenapa kita membahas pengertian? Karena melalui sebuah deskripsi kita bisa menemukan sebuah makna. Sebuah logo memiliki kesatuan bentuk yang ukurannya berbeda-beda. Elips, kotak, segitiga, Oval, lingkaran, mungkin ini adalah bentuk yang paling umum yang bisa kita temui didunia.


Begitupun logo. Sebuah logo memiliki unsur sebuah bentuk yang mewakili karakter sipembuat logo atau maksud dan tujuan sebuah perusahaan, instansi terkait logo tersebut. Kita contohkan logo berikut
makna logo pt pos indonesia
logo pt pos indonesia
Kita contohkan bentuk karakter yang terdapat pada logo PT. POS INDONESIA, maka kita akan melihat seekor burung. Dimana itu merupakan burung merpati, apa maksud dan tujuannya? Makna khusus dari hal ini dikarenakan pada zaman dahulu burung merpati digunakan sebagai media penyampai pesan atau penghantar surat. Dan hal ini sama dengan tujuan POS INDONESIA sebagai tempat pengiriman keberbagai daerah, prinsip burung akan jauh lebih tepat digunakan dibandingkan dengan gajah bukan?

Sudah mengerti dan memahami akan dua komponen atau 2 prinsip dalam mendesain logo diatas? jika ia, mungkin anda sudah siap mengikuti pembelajaran selanjutnya. Kita akan mencoba membuat sebuah logo dengan menggunakan 2 prinsip diatas yaitu Kesatuan warna dan Bentuk yang masing-masing melambangkan dan menceritakan makna dan tujuan masing-masing.

Tips mendesain logo yang baik

Kesesuaian dengan produk

Yang paling penting ialah bagaimana kesesuaian sebuah logo dengan produk yang ingin diwakilinya.  Agar tujuan yang sebelumnya sudah ditetapkan dan diterapkan, namun itu berubah karena logo anda atau cara pandang orang lain terhadap icon atau karakter yang anda tampilkan. Hal ini berarti bahwa logo bagaikan sebuah maskot yang mengiklankan produk anda.

Contoh dari permasalahan ini ialah, bayangkan anda memiliki sebuah perusahaan makanan cepat saji khususnya HAM BURGER, jika anda menginginkan sebuah logo khusus apa yang baik kamu gunakan? Sudah tentu, kamu akan menggunakan unsur bentuk yang sesuai atau seperti Burger dan tidak mungkin menggunakan lambang spageti kan? Inilah maksudnya. Maka dalam mendesain logo kamu harus mengetahui apa dan bagaimana suatu instansi dan kebutuhan logo itu sendiri.

Filosofi

Tips kedua, kamu sudah harus memahami bagaimana dan apa tujuan dari si pemesan logo untuk apa ia akan menggunakannya. Misalkan kamu akan menggambar dan mendesain sebuah logo untuk suatu situs web atau blog,langkah pertama yang harus diketahui ialah apa deskripsi dan isi pembahasan dalam suatu situs itu. Dan kemudian ini akan disatukan dengan unsur bentuk dan warna yang sesuai dengan visi dan misi situs atau perusahaan tersebut.

Mudah diingat

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam membuat sebuah icon atau logo yaitu logo tersebut harus mudah diingat oleh orang banyak. Sehingga kamu dituntut untuk membuat logo atau header yang tidak terlalu rumit yang menyusahkan orang lain utnuk mengenalinya.

Dengan mudahnya sebuah logo diingat,maka setiap orang yang melihat bentuk yang hampir sama dengan logo mu akan mengingat situs atau hal yang menyangkut dengan logo itu sendiri.
logo facebook
Belajarlah dengan FACEBOOK, Sangat minimalist sekali. Hanya huruf F yang dikurung kedalam sebuah persegi. Siapapun yang melihat bentuk seperti ini kebanyakan dari mereka pasti lansung mengingat, dan berkata “Ini facebook”

Usia Logo Harus Panjang Usia

Sebuah logo seharusnya akan sulit dimakan masa. Dan akan selalu terpakai, hal ini juga ada sangkutannya dengan point no 3. Yaitu mudah diingat, semakin mudah diingat, semakin lama sebuah logo atau icon bertahan. Ini artinya logo anda harus “masa proft” tahan akan masa dan bertahan dalam waktu yang lama atau “future profit”
logo apple

Lihatlah logo APPLE, hanya berbentuk sebuah apple yang digigit namun bertahan hingga sekarang. Walaupun sebenarnya bukan hanya karena logo, namun juga karena kualitas produk itu sendiri yang didampingi oleh logo APEL

Kesederhanaan

Tips mendesain logo yang terakhir ialah bentuk yang sederhana. Mudah dibentuk, didesain ulang, diedit dan fleksibel digunakan dalam berbagai hal dan bidang. Dengan mudahnya digunakan kembali sebuah logo akan menjadi mudah diingat dan bertahan lebih lama

Kita contohkan saja lambang NIKE, logo buatan Caroline Davidson pada tahun 1971 tersebut terlihat sangat minimalist dengan balutan warna hitam, logo ini mewakili perusahaan penyedia perlengkapan olahraga terbesar didunia.

logo nike
Dan hal ini akan memunculkan sifat logo lainnya, yaitu serba guna. Dengan mudahnya diedit maka bisa digunakan dalam hal lain, alhasil logo yang sederhana ini akan mudah dikembangkan tanpa harus menghilangkan bentuk asilnya.

Demikianlah Tips Mudah Mendesain Dan Membuat Logo Dengan Profesional ini, semoga bisa memberikan inspirasi untuk anda yang hendak membuat logo sebuah usaha maupun perusahaan.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Tips Mudah Mendesain Dan Membuat Logo Dengan Profesional"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel