6 Langkah Keselamatan Kerja Dalam Sistem Produksi

6 Langkah Keselamatan Kerja Dalam Sistem Produksi
Saat proses pengerjaan produksi konstruksi pasti tidak akan terlepas dengan resiko kecelakaan dan cidera, Terutama dengan pekerja lapangan yang sehari harinya bersentuhan dengan berbagai peralatan.

Siap siaga dan waspada merupakan hal utama dalam mengantisipasi atau pencegahan terhadap terjadinya kecelakaan kerja. Dengan mematuhi SOP atau standard operating procedure maka hal tersebut merupakan langkah tepat untuk meminimalkan kecelakaan kerja.

Pekerja produksi adalah salah satu type pekerja dengan kemungkinan kecelakaan yang cukup tinggi, baik mereka yang bekerja di perusahaan dengan memakai berteknologi mesin/robot ataupun manual. Karena pada sistem produksi yang memakai tenaga mesin akan ada kemungkinan di mana ingindali mesin terserang mesin, masalah seperti ini sangatlah sering terjadi.

Demikian pula dalam sistem pekerjaan manual, kemungkinan kecelakaan kerja dan cedera masihlah mengintai. Untuk hindari terjadinya beberapa hal jelek yg tidak dikehendaki, berikut ini yaitu langkah keselamatan kerja dalam sistem produksi yang dapat Kamu ikuti :


Mengerti Kebijakan dan Ketentuan Perusahaan

Mengerti seutuhnya mengenai kebijakan dan ketentuan yang berlaku di perusahaan tempat Kamu bekerja, terlebih yang meliputi kesehatan dan keselamatan kerja. Pastikan Kamu telah memperoleh keterangan detail karena kebijakan dan ketentuan itu adalah rujukan utama untuk langkah keselamatan kerja dalam sistem produksi.

Masing masing perusahaan memiliki kebijakan dan ketentuan yang berbeda satu sama lain, pahami setiap kebijakan dan penjelasannya. Jangan sampai ragu untuk menanyakan kebijakan atau ketentuan yang menurut anda kurang jelas

Ketahui Dengan Baik Lingkungan Kerja

Tak kenal maka tak sayang, kata kata tersebut juga berlaku di lingkungan kerja. Ketahui dengan baik lingkungan tempat Kamu akan bekerja, area untuk menyimpan benda atau zat beresiko, area untuk menyimpan P3K, alat pemadam api dsb.

Dengan mengetahu lingkungan kerja, maka kinerja tentu akan berjalan lancar dan tidak disibukkan dengan mencari cari atau menduga duga yang bisa membuang waktu yang tidak sedikit.

Kuasai Sistem Produksi dengan Baik dan Benar

Untuk selamat dalam melakukan pekerjaan produksi pastinya Kamu harus kuasai sistem produksi dan prosedur keselamatannya. Misalnya bagaimana caranya pengoperasian mesin tertentu, keadaan operasi, system interlock, perlakuan bila terjadi masalah dsb. bila memang sistem produksi memakai mesin, pastikan Kamu telah dapat menjalankan mesin dengan baik, demikian pula jika sistem produksi masihlah berbentuk manual.

Memahami Prosedur Operasi Standar

Kenali dan mengerti dengan baik setiap prosedur operasi standard yang terkait dengan jobdesk Kamu sebagai operator produksi, termasuk salah satunya yaitu bagaimana caranya untuk hindari kecelakaan, perlakuan jika terjadi hal yg tidak dikehendaki dsb. Lebih baik bila anda selalu menggunakan alat pelindung saat bekerja seperti penggunaan baju keselamatan, sepatu safety dll.

Ketahui Simbol-simbol Penting

Dalam sebuah perusahaan atau pabrik terdapat standard dan ketentuan yang perlu dipenuhi, salah satunya yaitu pemakaian beberapa lambang atau sinyal bahaya pada ruang atau benda-benda beresiko. Sebagai pekerja Kamu harus juga mengetahui dan mengerti dengan baik setiap lambang atau sinyal yang ada.

Profesional Dalam Bekerja

Bekerjalah dengan profesional baik dalam manajemen waktu ataupun dalam memakai perlengkapan ataupun sarana yang didapatkan. Profesonalitas dan kedisiplinan yang terbangun akan bikin Kamu lebih terukur dalam bekerja, hindari kepanikan dan sudah pasti jadikan produktivitas tinggi.

Demikianlah 6 Langkah Keselamatan Kerja Dalam Sistem Produksi, Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang bekerja dalam sebuah sistem Produksi.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "6 Langkah Keselamatan Kerja Dalam Sistem Produksi "

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel