Contoh Transkrip Nilai S1 Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung ITB

Transkrip nilai secara lengkap didapatkan setelah selesai  pendidikan dalam suatu institusi. Transkip nilai identik dengan ijazah, karena biasanya setelah mendapatkan ijazah sarjana maka akan mendapatkan transkrip nilai juga.

Transkrip nilai adalah kumpulan nilai semua mata kuliah dari semester satu sampai dengan semester akhir. Di transkrip nilai akan dicantumkan nilai yang didapatkan mahasiswa atas masing masing mata kuliah persemesternya.

Saat melamar kerja, umumnya selain mempersyaratkan ijazah ada juga yang mensyaratkan untuk melampirkan transkrip nilai. Tidak aneh juga sebenarnya kalau sebuah perusahaan juga meminta salinan transkrip nilai. Karena dengan transkrip nilai, perusahaan akan melihat prestasi akademis yang dicapai oleh calon karyawannya.

Pada transkrip nilai juga tercantum IPK yang merupakan angka yang menunjukkan prestasi atau keberhasilan studi mahasiswa dari semester pertama sampai dengan semester terakhir, yang telah ditempuh secara kumulatif. Cara penghitungannya pun relatif lebih mudah, yakni dengan menggabungkan semua IP dan dibagi dengan jumlah semester berlangsungnya pendidikan.

Biar tidak membingunkan maka berikut ini adalah contoh Transkrip Nilai S1 Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung ITB.
Contoh Transkrip Nilai S1 Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung ITB
Contoh Transkrip Nilai S1 Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung ITB
Di Transkrip Nilai terdapat istilah seperti SKS. Apa itu? Berikut penjelasannya:

SKS (Satuan Kredit Semester)

SKS merupakan satuan beban studi pada setiap mata kuliah yang akan kamu ambil nantinya. Satu mata kuliah memiliki beban dua hingga tiga SKS. Namun, adapula mata kuliah yang memiliki beban tinggi, seperti mata kuliah skripsi. Nah, semakin besar nilai SKS maka semakin banyak beban kuliah yang harus dijalani mahasiswa.

Biasanya pula, 1 SKS = 50 menit satu pelajaran. Jadi misal kamu ambil 2 SKS maka 2 SKS = 100 menit.

SKS ini pun penting untuk menentukan lulus atau tidaknya kamu nanti, juga menentukan cepat atau tidaknya masa perkuliahan kamu nanti.

Dikutip dari laman Wikipedia, “Seorang mahasiswa dapat dinyatakan lulus apabila telah menyelesaikan jumlah SKS tertentu. Misalnya program sarjana (S1) mempersyaratkan mahasiswanya menyelesaikan 144 – 160 SKS, program D3 mempersyaratkan 110 – 120 SKS”.

Masih bingung? Begini gambarannya:

Misalkan kamu mengambil mata kuliah Pendidikan Agama dua SKS, maka dalam satu minggu kamu kuliah Pendidikan Agama selama 100 menit. Bisa di hari Senin, Rabu bahkan Sabtu, bergantung jadwal yang akan kamu ambil nantinya.

Atau jika kamu ambil mata kuliah bimbingan konseling 3 SKS, maka 150 menit pembelajaran perminggu/tatap muka. SKS yang diambil antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lain juga bisa berbeda lho. Hal ini bergantung nilai IP yang diperoleh saat penilaian per semester. Lanjut ke bagian selanjutnya dulu ya.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Contoh Transkrip Nilai S1 Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung ITB"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel