Tips Membeli Rumah Baru untuk Keluarga Muda

Tips Membeli Rumah Baru untuk Keluarga Muda
Sebagai tempat tinggal pastinya keberadaan rumah menjadi hal yang penting untuk dimiliki. Rumah juga merupakan kebutuhan pokok  bagi setiap manusia, sehingga keberadaannya harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh.

Memiliki rumah yang indah dan nyaman menjadi impian setiap keluarga, karena setiap anggota keluarga dapat dengan nyaman melakukan aktivitas di dalam rumah.

Untuk memiliki rumah baru, Anda bisa membangunnya sendiri dan juga bisa membelinya. Apabila membangunnya sendiri  tentu saja sudah ditentukan akan membuat rumah dengan desain yang seperti apa.

Namun, untuk Anda yang hendak membeli rumah baru sebaiknya memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini agar bisa mendapatkan rumah yang sesuai dengan keinginan.

Melakukan Perhitungan dengan Cermat

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah Anda harus melakukan perhitungan secara teliti. Mengingat membeli rumah merupakan perkara jangka panjang dan akan dihuni untuk waktu yang lama.

Untuk itulah Anda harus menghitung dengan teliti terkait ongkos dan biaya yang akan dikeluarkan untuk mendapatkan rumah baru tersebut.

Perhitungan yang dimaksud meliputi uang muka, uang cicilan setiap bulan, pajak, asuransi, bunga jangka panjang, serta utilitas lainnya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan biaya pemasangan infrastruktur, biaya pulang-pergi, serta biaya perbaikan apabila dibutuhkan.

Melakukan Riset dengan Membandingkan Sumber Pinjaman

Banyak orang yang memutuskan untuk menggunakan sistem cicilan atau KPR untuk membeli rumah, karena dinilai lebih ringan daripada harus dibayar cash sekali bayar. Untuk itulah sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu dengan cara membandingkan berbagai tawaran KPR dari masing-masing bank.

Pastikan Anda mencermati tawaran bunga bank yang digunakan. Skema peminjaman yang dipilih juga harus Anda perhatikan, seperti bunga tetap atau bunga fluktuaktif. Agar lebih jelas sebaiknya Anda bertanya kepada pihak bank secara rinci sebelum memutuskan untuk memilih salah satu sistem KPR.

Memiliki Rekam Jejak Kredit yang Baik

Rekam jejak bisa Anda jadikan sebagai acuan saat hendak memilih KPR dari bank mana yang hendak dipilih. Apabila sebelumnya Anda tidak pernah memiliki riwayat peminjaman yang buruk maka pihak KPR akan dengan mudah memberikan pinjaman.

Namun, rekam jejak yang buruk dari calon pelanggan akan membuat proses KPR dan pencairan pinjaman menjadi berbelit.

Biasanya untuk pelanggan yang pernah bermasalah dengan kartu kredit dan kredit agunan hal ini akan menjadi masalah tersendiri. Pastikan Anda sudah tidak punya tanggungan hutang sebelum mengajukan kredit rumah, agar segera disetujui oleh pihak bank.

Membaca Kontrak dengan Cermat

Membaca berbagai kontrak yang ada pada surat dan dokumen-dokumen penting lainnya sangat dianjurkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Kontrak yang dimaksud berupa kontrak dengan pihak peminjam uang dan pihak yang hendak menjual rumah.

Dengan membaca kontrak dengan teliti maka Anda dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apabila terdapat istilah yang kurang Anda pahami dalam kontrak tersebut sebaiknya langsung tanyakan kepada pihak pemberi pinjaman atau pihak yang menjual rumah agar segera mendapatkan pengertian yang benar.

Survey Lingkungan Rumah

Melakukan survey terhadap lingkungan rumah yang hendak dibeli harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk membelinya. Mengingat rumah tersebut akan ditinggali semua anggota keluarga dan akan digunakan untuk membesarkan anak-anak.

Pastikan para tetangga dan lingkungan sekitar memiliki pola hidup yang sesuai dengan lingkungan harapan Anda.

Demikianlah ulasan tentang tips membeli rumah baru untuk keluarga muda. Perhatikan tips yang sudah dijabarkan di atas dengan teliti agar Anda bisa mendapatkan rumah baru yang sesuai dengan harapan.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Tips Membeli Rumah Baru untuk Keluarga Muda"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel