Rumah Permanen Instan Dengan Domus, Membuat Rumah Hanya Dengan 5 Hari

Domus merupakan salah satu inovasi dari PT.Tatalogam Lestari. Perusahaan dengan produk pertama Genteng Metal Multi Roof (Genteng metal zincalume dengan lapisan butiran batu alam) ini berdiri sejak 1994.

Tatalogam Lestari memiliki visi untuk menjadi solusi rumah berbasis metal untuk Indonesia serta memiliki misi menjadi ringan, kuat, dan cepat. Perusahaan yang menghasilkan produk dengan bahan baku baja ringan ini memiliki kantor pusat yang terletak di Jakarta Barat serta memiliki pabrik di Kawasan Industri Cibitung dan Kawasan Industri Lippo Cikarang.

Industri baja ringan di Indonesia dapat di klasifikasikan menjadi dua berdasarkan proses produksi, yaitu industri hulu yang mana mengolah baja dari bahan baku mentah menjadi barang setengah jadi berupa lembaran baja ringan, serta industri hilir yang mana mengolah lembaran baja yang diproduksi oleh industri hulu menjadi baja ringan yang sudah terbentuk menjadi bentuk profil yang dapat dipakai pada proses konstruksi. PT. Tatalogam Lestari dapat di kategorikan sebagai industri baja ringan hilir karena tidak memproses baja ringan dari bahan baku mentah, tetapi memproses bahan setengah jadi dari pabrikan lain.

Secara garis besar, PT. Tatalogam Lestari memiliki dua macam produk yaitu genteng metal dan baja ringan dengan berbagai merek. Produk genteng metal tersebut terdiri dari berbagai macam merk dagang seperti Multi Roof dengan BMT (Base Metal Thickness) atau ketebalan dasar baja sebesar 0,35, Suryaroof dengan ketebalan 0,30 BMT, Sakura Roof dengan ketebalan 0,20 BMT, Multi Sirap dengan ketebalan 0,35 BMT, Fancy dengan ketebalan 0,30 BMT, Soka Jempol dengan ketebalan 0,20 BMT, serta Sakura MX dengan ketebalan 0,20 BMT. Selain itu, terdapat produk baja ringan lainnya seperti Taso (Kaso Metal), Praktis (Kolom Metal Instan), serta Purlin (Rangka Metal Galvanis).

Latar belakang inovasi dari Domus adalah sebagai berikut :
  1. Belum terpenuhinya kebutuhan rumah bagi jutaan masyarakat berpenghasilan rendah,
  2. Program “Sejuta Rumah” yang digalakkan oleh pemerintah, memerlukan inovasi pembuatan rumah yang lebih cepat dari biasanya,
  3. Paket Kebijakan Ekonomi Jilid XIII menitikberatkan pada mempercepat penyediaan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah dengan harga yang terjangkau.
Caranya dengan menyederhanakan sekaligus mengurangi regulasi dan biaya pengembangan untuk membangun rumah.

Domus adalah rumah permanen yang dibangun dengan BB House System yang dikembangkan oleh Simantap PT. Tatalogam Lestari. BB House System yang efektif dan efisien dapat memungkinkan anda dapat membangun rumah secara cepat.

Kunci pembangunan dengan sistem ini terletak pada perencanaan yang matang, material yang tepat, serta teknik pengerjaan yang benar. Domus adalah rumah permanen instan yang dikembangkan dengan rangka utama dari kanal-U galvanis dengan merek dagang ‘Praktis’ dan rangka atap baja ringan dengan merek dagang ‘Taso’. Spesifikasi dari Domus ini dapat dilihat pada gambar berikut ini.
Spesifikasi Rumah Domus
Spesifikasi Rumah Domus
Rangka bangunan ini, kolom praktis dan rangka atap, menggunakan baja ringan dari PT. Tatalogam Lestari, tebal dan kekuatannya sudah sesuai SNI dan standar yang dipersyaratkan. Hal tersebut telah terbukti lewat pengujian yang dilakukan oleh Laboratorium Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman (PUSKIM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Permohonan uji yang diajukan kepada Balai Penelitian dan Pengembangan Bahan dan Struktur Bangunan tersebut berupa uji siklik statik terhadap benda uji yang berupa bangunan satu lantai. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis diketahui bahwa benda uji cenderung berperilaku sebagai sistem unconfined masonry / dinding geser batu bata polos biasa, yang berdasarkan SNI 17726 2012 dapat direkomendasikan termasuk kategori desain seismik (KDS) B. Kombinasi dinding bata ringan, genteng metal dan material berkualitas lainnya menjadikan Domus sebagai bangunan yang kuat dan tahan gempa.
Uji Siklik Sistem Domus di Laboratorium PUSKIM PUPR
Uji Siklik Sistem Domus di Laboratorium PUSKIM PUPR
Proses pengerjaan domus telah melalui perencanaan yang matang, penentuan bahan, pengadaan material, tahap perakitan dan pemasangan, pembagian kerja tukang sesuai tingkat keahliannya, semua direncanakan dan dilakukan dengan manajemen waktu yang terukur dan sistematis serta telah terangkum dalam satu paket siap pasang.

Dengan empat orang tukang terlatih yang disebut Installman, rumah tipe 21 dapat selesai dibangun tidak lebih dari lima hari. Selain hemat biaya karena bahan yang terukur, efisien, dan terstandar sehingga dapat meminimalisir bahan sisa yang terbuang, tentunya sistem ini dapat menghasilkan bangunan dengan cepat. Hanya membutuhkan empat tenaga kerja, yang berarti menghemat biaya tukang. Bahan standar rakitan pabrik, sehingga presisi dan rapi selain itu lokasi pekerjaan lebih bersih.
Pembangunan Domus Hari Pertama
Pembangunan Domus Hari Pertama
Pembangunan Domus Hari Kedua
Pembangunan Domus Hari Kedua
Pembangunan Domus Hari Ketiga
Pembangunan Domus Hari Ketiga
Proses pembangunan Domus dimulai dengan persiapan tukang dan bahan. Hari pertama dilakukan pemasangan kolom, rangka atap dan memulai pemasangan bata ringan. Pada hari kedua dilanjutkan penyetelan kuda-kuda, pemasangan reng, pemasangan dinding bata ringan, serta pemasangan jendela.

Selanjutnya hari ketiga dilakukan pemasangan atap dan aksesoris; pekerjaan perpipaan, plester, dan aci; serta pemasangan plafond dan instalasi listrik. Setelah itu pada hari keempat dilakukan pekerjaan pasangan keramik, pekerjaan render, dan pekerjaan finishing cat. Pada hari terakhir yaitu hari kelima dilakukan finishing elektrikal dan sanitary; finishing tambahan; serta pembersihan rumah dan lahan.
Pembangunan Domus Hari Keempat
Pembangunan Domus Hari Keempat
Pembangunan Domus Hari Kelima
Pembangunan Domus Hari Kelima
Sebagai inovasi terbaru dari Simantap, produsen baja ringan terbesar di Indonesia yang telah memiliki pengalaman puluhan tahun dengan reputasi yang terbaik di Indonesia ini memproduksi Domus dengan memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan rumah yang dibangun secara konvensional. Domus menjanjikan rumah yang kuat, cepat, dan indah. Kelebihan Domus dibandingkan rumah prefabrikasi lainnya antara lain adalah:
  1. Tampilan layaknya rumah pada umumnya. Dinding rata atau lurus,
  2. Lebih mudah dibangun, dengan mengikuti pelatihan selama 2 hari, dapat langsung membangun,
  3. Pasangan yang tepat dengan baja ringan dan genteng metal, interlock dan menjadi satu kesatuan struktur,
  4. Produk praktis, Taso, Genteng metal dalam satu kontainer 21ft dapat memuat untuk 30 unit rumah,
  5. Menggunakan baja produk dalam negeri (Karakatau Steel), dalam waktu dekat sedang investasi pabrik pelapisan galvanis dengan kapasitas 225.000 ton

Sketsa Rumah Domus Tipe 21
PT. Tatalogam Lestari telah membuktikannya mulai dari proses marking, perakitan, pembangunan, hingga finishing, semuanya dibangun hanya dalam 5 hari dan dengan 4 orang. Kualitas material, rasa tanggung jawab pada hasil pekerjaan dan sentuhan artistik dipadukan sehingga menghasilkan produk yang indah yang dapat memuaskan konsumen merupakan kunci dapat tercapainya sistem manajemen konstruksi dari Domus.

Domus sendiri dapat dibangun dimanapun lokasi proyek, baik berada baik di kota, desa, pedalaman hutan, gunung, perkebunan, maupun pertambangan karena proses pengiriman yang mudah dan murah.
Packing Domus dalam Kontainer
Packing Domus dalam Kontainer
Kombinasi dinding bata, genteng metal, dan material berkualitas lainnya menjadikan Domus sebagai bangunan kuat dan tahan gempa. Kajian terhadap gempa telah dilakukan oleh PT. Tatalogam Lestari dengan analisa perhitungan gempa. Pulau lombok dijadikan sebagai studi kasus karena pada 5 Agustus 2018 lalu telah terjadi gempa yang cukup besar di lokasi tersebut. Berikut ini merupakan perhitungan terhadap domus.
Gaya Geser Dasar Statik Ekuivalen terhadap Kapasitas Geser Desain
Gaya Geser Dasar Statik Ekuivalen terhadap Kapasitas Geser Desain
Gravik Evaluasi Kinerja Struktur Terhadap Gempa Desain MCER
Gravik Evaluasi Kinerja Struktur Terhadap Gempa Desain MCER
Disisi lain bangunan dengan penutup atap yang lebih berat lebih beresiko dibandingkan dengan penutup atap yang ringan seperti genteng metal yang digunakan sistem Domus dengan beban hanya 3 kg/m2.
Zamrud Muhammad Yusuf Gustian, S.T., KNOWLEDGE MANAGEMENT Penerapan Teknologi Konstruksi
Daftar Pustaka :
CV. Mitra Solusi Konstruksi. 2018. Mengenal Berbagai Jenis Baja Ringan dan Harganya.https://solusikonstruksi.com/product-category/baja-ringan/ diakses tanggal 21 November 2018
PT. Bumi Lancang Kuning Pusaka.2017. Mengenal Perbedaan Istilah BMT, TCT, TCC. http://blkpgroup.co.id/NewsDetail.aspx?idPost=34 diakses tanggal 21 November 2018.
PT. Tatalogam Lestari. 2018.Domus Rumah Permanen Instan, Solusi untuk Penyediaan Rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Dipresentasikan pada Rapat Audiensi dengan PT. Tatalogam Lestari, September 5, Jakarta.
PT. Tatalogam Lestari. 2015. Pengenalan Domus pada Presentasi Rapat Audiensi dengan Kementerian PUPR. Jakarta. 4 Menit.
Wikipedia. 2018. Kategori: Klasifikasi Industri. https://id.wikipedia.org/wiki/Kategori: Klasifikasi_Industri diakses tanggal 21 November 2018.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Rumah Permanen Instan Dengan Domus, Membuat Rumah Hanya Dengan 5 Hari"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel