Cara Terbaru Cek Profil PNS Secara Online di Situs BKN Melalui Aplikasi My SAPK BKN

Cara Terbaru Cek Profil PNS Secara Online Dengan Mudah di Situs BKN
Dengan perkembangan teknologi dan internet yang semakin mudah dan cepat maka banyak kemudahan yang bisa didapatkan tanpa harus repot dan menunggu lebih lama. Salah satunya untuk pengecekan data, profil maupun pangkat PNS.

Kesesuaian dan kecocokan data merupakan hal penting bagi pegawai negeri sipil. Nomor induk pegawai atau yang lebih sering dikenal sebagai NIP memang memiliki peran yang penting bagi seorang pegawai negeri sipil atau yang sering disebut sebagai PNS.

Oleh karena itu, kesesuaian data yang digunakan dalam NIP seorang PNS haruslah sudah sesuai dengan yang ada di akta. Itulah mengapa pada saat pendaftaran, fotocopy dari akta harus dilampirkan atau paling tidak ijazah terakhir dari pegawai yang bersangkutan. Apabila data yang tertera dalam nomor induk salah maka sudah tentu akan berpengaruh pada sah atau tidaknya nomor induk yang sudah menjadi identitas dari pegawai yang bersangkutan.

Sebenarnya cara untuk mengecek keabsahan data yang terdapat dalam profil PNS BKN cukup mudah. Namun, karena masih kurangnya informasi mengenai cara pengecekan tersebut membuat banyak aparatur negara khususnya yang berada di daerah terpencil kebingungan. Cara pengecekan semua data pada profil pegawai yang tertera di Badan Kepegawaian Negara sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Pada awalnya cara untuk mengecek status dan data profil pns adalah dengan mengunjungi situs Bkn di  situs resmi BKN (https://apps.bkn.go.id/ProfilPns). Cara tersebut menggunakan APLIKASI MONITORING MANDIRI (e-Monri) Profil Pns. Melalui situs tersebutlah pada mulanya cara untuk mengetahui dan mengecek profil pns.

Namun aplikasi  MONITORING MANDIRI (e-Monri) Profil Pns kini telah ditutup. Jika kita mencoba mengakses halaman tersebut maka akan ada pemberitahuan aplikasi MONITORING MANDIRI (e-Monri) Profil PNS telah ditutup dan digantikan dengan aplikasi My SAPK BKN dengan tampilan seperti berikut
aplikasi MONITORING MANDIRI (e-Monri) Profil PNS telah ditutup dan digantikan dengan aplikasi My SAPK BKN
Aplikasi MONITORING MANDIRI (e-Monri) Profil PNS telah ditutup dan digantikan dengan aplikasi My SAPK BKN
Jadi cara mengecek profil pns melalui Aplikasi MONITORING MANDIRI (e-Monri) kini sudah tidak bisa lagi, situs resmi BKN (https://apps.bkn.go.id/ProfilPns) tidak bisa lagi diakses dan hanya akan menampilkan halaman error.

Jadi apa cara terbaru untuk mengetahui ataupun untuk mengecek profil PNS ?

Cara Mudah Cek Profil PNS Melalui Aplikasi My SAPK BKN

1. Download Aplikasi My SAPK BKN

Untuk cek profil PNS anda secara online, pertama-tama silahkan anda buka Playstore atau Appstore melalui handphone Android. kemudian ketik di kolom pencarian "My SAPK BKN" untuk download aplikasi resmi cek profil PNS dari BKN seperti contoh di bawah ini:
aplikasi My SAPK BKN
aplikasi My SAPK BKN
Sebelum aplikasi My SAPK BKN diluncurkan, aplikasi MONITORING MANDIRI (e-Monri) Profil PNS adalah aplikasi yang digunakan untuk mengecek data profil PNS yang paling sering digunakan. Tapi sekarang aplikasi MONITORING MANDIRI (e-Monri) Profil PNS telah ditutup dan digantikan dengan aplikasi My SAPK BKN.

2. Instal Aplikasi My SAPK BKN pada Smartphone

Silahkan anda mengunduh dengan cara menginstal aplikasi tersebut di smartphone anda yang mana hanya membutuhkan sekitar 10 MB untuk ruang penyimpanan seperti pada contoh di bawah ini.
Instal Aplikasi My SAPK BKN
Instal Aplikasi My SAPK BKN
3. Buka Aplikasi "My SAPK BKN"

Jika sudah terinstal silahkan anda buka aplikasi "My SAPK BKN", sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini:
Tampilan login Aplikasi My SAPK BKN
Tampilan login Aplikasi My SAPK BKN
Kemudian silahkan anda login dengan memasukkan Username: isi dengan NIP Baru anda Password: Isi dengan NIK anda

4. Klik "Profil PNS"


Selanjutnya untuk mengecek profil PNS silahkan anda klik ikon Profil PNS seperti pada contoh gambar di bawah ini:
Menu Ikon My SAPK BKN
Menu Ikon My SAPK BKN
Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini:
Silahkan klik tulisan data yang ingin ditampilkan, jika di klik data utama, maka muncul profil PNS anda seperti contoh profil yang ada di bawah ini:

Setelah data pegawai sudah keluar, silakan Anda cek secara teliti masing-masing poin yang diberikan khususnya pada bagian menu “Data Utama” seperti dari nama, tempat tanggal lahir, pangkat dan golongan. Tidak hanya itu, Anda juga harus mengecek NIP lama yang digunakan serta kesesuaian NIP baru dengan data Anda khususnya dengan tahun dan tanggal lahir serta kapan TMT CPNS. Keduanya, baik itu tahun, tanggal lahir dan kapan Anda diangkat menjadi pegawai merupakan bagian dari NIP atau nomor induk pegawai.

Demikianlah Cara Terbaru Cek Profil PNS Secara Online Dengan Mudah di Situs BKN. Semoga bermanfaat buat anda. Dan Jangan lupa, jika terdapat perbedaan data yang tercantum dan tidak sesuai dengan data sebenarnya segera hubungi BKD ataupun Biro Kepegawaian instansi tempat bertugas anda.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Cara Terbaru Cek Profil PNS Secara Online di Situs BKN Melalui Aplikasi My SAPK BKN"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel