Penggunaan Bekisting Dengan Sistem Peri Pada Bangunan Gedung

Bekisting merupakan suatu sarana pembantu untuk mencetak beton dengan ukuran, bentuk, ataupun posisi yang dikehendaki. Sebuah  konstruksi bekisting harus memenuhi syarat kekuatan, kekakuan, dan stabilitas. Syarat ini harus dipenuhi mengingat bekisting adalah pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang pada bangunan bertingkat serta memerlukan biaya yang besar untuk membuatnya.

Saat ini di Indonesia terdapat 3 jenis bekisting yaitu bekisting konvensional, semi sistem dan sistem. Pemilihan jenis bekisting merupakan suatu keputusan yang penting pada proyek bangunan bertingkat karena mempengaruhi biaya, waktu pekerjaan dan kualitas konstruksi.

Bekisting konvensional adalah bekisting yang setiap kali setelah dilepas dan dibongkar menjadi bagian-bagian dasar, dapat disusun kembali menjadi sebuah bentuk lain. Pada umumnya bekisting konvensional terdiri dari kayu papan atau material balok, sedangkan konstruksi penopang disusun dari kayu balok (pada lantai). Bekisting konvensional ini memungkinkan pemberian setiap bentuk yang diinginkan pada kerja beton.

Keunggulan bekisting konvensional adalah:
  1. Materialnya mudah dicari.
  2. Murah. 
  3. Tidak memerlukan pekerja yang ahli 
Sedangkan Kekurangan bekisting konvensional adalah:
  1. Material kayu tidak awet untuk dipakai berulang- ulang kali. 
  2. Waktu untuk pasang dan bongkar bekisting menjadi lebih lama. 
  3. Banyak menghasilkan sampah kayu dan paku.
  4. Bentuknya tidak presisi.
Bekisting Konvensional
Bekisting Konvensional
Bekisting Semi Sistem Dengan berbagai kekurangan metode bekisting konvensional tersebut maka direncanakanlah sistem bekisting semi sistem yang terbuat dari plat baja atau besi hollow. Untuk satu unit bekisting semi sistem ini material yang digunakan jauh lebih awet dan tahan lama dari bekisting konvensional, sehingga dapat digunakan seterusnya sampai pekerjaan selesai, jadi jika ditotal sampai selesai pelaksanaan, bekisting semi sistem ini menjadi jauh lebih murah. Keunggulan bekisting semi sistem adalah tahan lama dan lebih murah. Kekurangan bekisting semi sistem adalah memerlukan area untuk pabrikasi bekisting.
Bekisting Semi Sistem
Bekisting Semi Sistem
Bekisting Sistem (PERI) Bekisting sistem adalah elemen-elemen bekisting yang dibuat di pabrik, sebagian besar komponen-komponen yang terbuat dari baja. Bekisting sistem dimaksudkan untuk penggunaan berulang kali. Tipe bekisting ini dapat digunakan untuk sejumlah pekerjaan. Bekisting sistem dapat pula disewa dari penyalur alat-alat bekisting. Keunggulan dari bekisting sistem (PERI) adalah:
  1. Mudah dipasang dan dibongkar. 
  2. Ringan. 
  3. Dapat dipakai berulang kali. 
  4. Kualitas pengecoran baik dengan siklus pembongkaran yang cepat serta dapat dipakai pada pekerjaan konstruksi beton yang besar. 
Namun kekurangan dari bekisting sistem (PERI) adalah mahal dan membutuhkan keahlian dan peralatan berat. Untuk pembangunan kompleks, komponen beton bertulang multicurved, PERI menyediakan berbagai pilihan bekisting yang disesuaikan.

Berdasarkan model bangunan 3D atau biasa disebut bentuk bebas permukaan, unit bekisting 3 dimensi direncanakan dan diproduksi siap digunakan. Berikut ini merupakan beberapa kontruksi struktur bangunan gedung yang menggunakan bekisting peri.
Bekisting PERI pada Atap Bangunan
Bekisting PERI pada Atap Bangunan
Bekisting PERI pada Kolom Bangunan
Bekisting PERI pada Kolom Bangunan

Dengan panel koneksi terus menerus disesuaikan, memungkinkan pembentukan dari semua desain dan aplikasi. Hal ini dapat digunakan sebagai proyek bekisting untuk konstruksi industri dan perumahan.

Bekisting sistem PERI adalah bekisting yang dirancang untuk suatu proyek yang ukurannya disesuaikan dengan bentuk beton yang diinginkan. Penggunaan dari bekisting ini disebabkan karena adanya kemungkinan untuk digunakan secara berulang-ulang. Setelah proses pengecoran selesai, komponen-komponen ini dapat disusun kembali menjadi sebuah bekisting sistem untuk obyek yang lain.  Berikut ini merupakan sistem bekisting peri dan keunggulannya: 


Peri Handset 

peri handset bekisting
peri handset bekisting

Keunggulan System PERI Handsettem PERI Handset 
  1. Wall formwork / footing formwork yang memiliki kapasitas tekan ijin fresh concrete sebesar 40 kN/m2 
  2. Sangat praktis dan cepat saat pemasangan dengan system panel dan quick clip untuk mengunci antar panel 
  3. Tidak memerlukan pekerjaan pabrikasi, phenolik 12 mm sudah terpasang pada panel Handset 
  4. Panel ringan dan didesign untuk mudah dipindahkan pada saat ulang kali pakai tanpa perlu alat bantu angkat / crane (bisa dengan manual tenaga kerja)
Peri Up Rosett dan Peri Up Stair Tower

Bekisting Peri Up Rosett
Bekisting Peri Up Rosett
Peri Up Stair Tower Bekisting
Peri Up Stair Tower Bekisting
Keunggulan System PERI Up Rossett & PERI Up Stair Tower 
  1. Bisa diaplikasikan untuk shoring formwork dan stair tower. 
  2. Memiliki kapasitas beban ijin yang besar yaitu 4 ton/leg, spesifikasi bahan galvanized dengan durabilitas (live time) yang panjang, referensi lift time bisa mencapai 30 tahun. 
  3. System pengunci (lock) dengan menggunakan prinsip gravitasi, secara otomatis akan mengunci antara horizontal ledger dan standart vertical dengan aman. 
  4. Hanya memerlukan 1 orang tenaga saja untuk memasang 1 set Peri Up Rossett, dengan memakai material Collar UVB-24 sehingga bisa menurunkan biaya upah tenaga kerja. 
  5. Horizontal ledger berbentuk persegi dan ringan sehingga pada saat operasional di lapangan pada saat ulang kali pekerjaan bisa mudah dipacking. 
  6. Tidak memerlukan banyak tempat sehingga dapat menghemat biaya transportasi. 
  7. Smart accessories, cepat dan ringkas dalam pemasangan. Variasi bentang 1.5 m, 2.0 m, 2.5 m dan 3.0 m. 
Peri Vario Column and Wall

Bekisting Peri Vario Column and Wall
Bekisting Peri Vario Column and Wall
Keunggulan System PERI Vario Collumn & Wall 
  1. Bagaimanapun bentuk formwork baik persegi, bulat, rectangular dan special design serta tinggi formwork (bisa sampai tinggi 18 meter dalam satu panel) dapat menggunakan Peri Vario System. 
  2. Peri Vario System didesign memiliki kapasitas tekan ijin fresh concrete sebesar 100 kN/m2. 
  3. Referensi dari beberapa proyek, produktifitas tenaga kerja dengan menggunakan Peri Vario Column/Wall bisa mencapai 0,71 m2/ jam/ orang (4 m2/ jam normal/ orang). 
KG Climbing System 

Bekisting KG Climbing System
Bekisting KG Climbing System
Keunggulan KG Climbing System 
  1. KG Climbing System dapat disesuaikan untuk memenuhi bentuk bangunan dan bahkan pada tingkat aplikasi yang tidak biasa. 
  2. KG Climbing System memiliki tingkat keamanan dan fleksibilitas yang sangat tinggi pada ketinggian apapun. 
Penggunaan bekisting peri bisa digunakan semua konstruksi. Baik itu jalan, jembatan juga bangunan gedung. Penggunaan bekisting peri ini akan sangat efisien dalam pembangunan gedung bertingkat. Selain hasil cetakan yang bagus, efisiensi biaya yang lebih murah, juga tidak adanya material bangunan yang terbuang seperti hal nya pada penggunaan bekisting konvensional.

Dalam bekisting konvensional kayu, papan, dan material lainnya setelah dipakai kemudian dibuang. Namun pada bekisting peri ini tidak. Setelah pengecoran selesai bekisting dibuka kemudian bekisting dapat digunakan kembali pada proyek selanjutnya.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Penggunaan Bekisting Dengan Sistem Peri Pada Bangunan Gedung"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel