Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Memilih Tinta Printer Yang Baik dan Benar

Tinta merupakan sebuah komponen yang sangat penting bagi sebuah printer, karena jika tanpa tinta printer tentu tidak akan bisa mencetak sebuah dokumen maupun foto. Sehingga saat akan membeli tinta harus teliti dan tidak boleh sembarangan.

Jika anda salah memilih tinta akan mengakibatkan kerusakan pada hasil cetakan bahkan dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan kerusakan pada printer itu sendiri.

Di pasaran banyak beredar merk tinta dari kualitas baik sampai yang jelek, dari merk ternama sampai merk lokal, dari harga yang murah sampai dengan yang mahal. Tentu jika memilih titan printer harus banyak pertimbangan yang optimal sesuai kebutuhan.

dalam kondisi tertentu memang agak sulit bagi anda yang baru saja kehabisan tinta printer baru untuk memilih merk tinta apa yang akan di pakai. Sebagai pertimbangan dalam membeli tinta printer, maka berikut beberapa tips yang baik dan benar dalam membeli tinta printer.

Harga Tinta

Banyak tinta printer yang dijual di toko-toko dengan harga yang bervariasi, tergantung dari merk apa dan kualitas tinta tersebut.

Harga tinta mulai dari yang termurah, sedang atau menengah hingga yang mahal juga ada. Hindari membeli merk tinta dengan harga yang sangat murah, karena belum tentu original.

Paling tidak kalian bisa membeli tinta dengan harga pada tingkat menengah. Karena biasanya ada harga ada kualitas juga. Tidak mungkin dengan harga yang murah tetapi memiliki kualitas yang baik.

Jika ingin harga murah coba membeli di store resmi dan terpercaya saat sedang ada diskon. Sehingga kamu membeli tinta dengan kualitas original.

Merk Sesuai dengan Printer Kamu

Pastikan kalian membeli merk tinta sesuai dengan merk printer yang kalian miliki. Hindari membeli tinta dengan merk berbeda dengan printer. Misalnya printer merk epson, tapi membeli tinta printer canon. Sebab tinta memiliki kekentalan yang berbeda-beda pada setiap merk nya.

Setiap brand printer pasti merekomendasikan tinta yang dipakai adalah sama dengan brand merk printer tersebut. Sehingga ketika kalian membeli tinta sesuai dengan printer kalian tingkat kekentalannya pas dan cocok. Tinta yang terlalu encer atau terlalu kental akan mengakibatkan printer cepat rusak.

Jenis Tinta Yang Dipakai Printer Kalian

Ini merupakan hal terpenting yang harus kalian tahu dalam memilih tinta printer. Pastikn kalian memahami jenis tinta printer mama yang pas buat printer kalian.

Apakah jenis infus (botol) atau jenis cartridge. Untuk tinta jenis cartridge kalian bisa membeli tinta isi ulang jenis cartridge dan alat suntiknya.

Jika jenis botol amak belilah jenis yang sama dan pengisiannyapun cukup mudah.

Kandungan Tinta

Tinta printer yang beredar dipasaran biasanya ada yang mengandung air dan akohol di dalamnya. Jika kalian ingin membeli tinta printer isi ulang maka hindari tinta yang terdapat kandungan alkoholnya. Kandungan alkohol bisa merusak printer kalian.

Untuk mengetahui ada atau tidaknya kandungan alkohol dalam tinta, kalian cukup kocok botol tinta tersebut sampai terdapat gelembung. Jika gelembung mudah hilang maka campuran tinta tersebut yaitu air. Tetapi sebaliknya jika gelembung cukup lama, maka tinta tersebut terdapat campuran alkoholnya.

Sehingga lebih baik kalian membeli tinta original yang sudah pasti tidak mengandung alkohol.

Kompabilitas Tinta Printer

Hal lain yang harus kalian perhatikan juga yaitu kompabilitas tinta tersebut. Biasanya terdapat pada kemasan tinta, printer tipe apa saja yang pas atau kompatibel dengan merk tinta tersebut.

Sehingga akan lebih aman jika kalian memilih tinta yang sesuai dengan tipe printer untuk menjaga kualitas dan ketahanannya.

Bertanya Kepada Pengguna Printer Dengan Merk Sama

Jangan lupa untuk Bertanya kepada orang – orang yang sudah lama menggunakan printer dan sudah sering mengganti tintanya berkali-kali.

Jadi kalian tidak akan salah memilih merk tinta untuk printer kalian. Dalam pemilihan tinta merupakan hal yang sangat penting, karena pemilihan tinta yang salah akan berakibat pada printer itu sendiri.

Salah satunya yaitu akan memperpendek usia printer, lalu hasil cetak yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Maka sebaiknya gunakan tinta printer original dan sesuaikan dengan merk printer yang kalian miliki.

Jangan juga membeli tinta printer dengan harga yang sangat murah karena akan berakibat fatal.

Nah itu tadi penjelasan tentang tips memilih merk tinta yang bagus untuk printer.

Cara di atas setidaknya bisa menuntun kalian untuk membeli sebuah tinta bagi printer yang kalian gunakan di rumah. Terutama bagi anda yang masih baru dalam penggunaan printer serta baru kali ini mengisi ulang tinta printer.

Smoga dapat bermanfaat dan terimakasih.
M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "Tips Memilih Tinta Printer Yang Baik dan Benar"