Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Memilih Model Atap Rumah Kuat dan Anti Bocor

Atap rumah memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting untuk memberikan kenyamanan penghuni rumah. Pemilihan atap rumah yang tepat akan menghindarkan kita dari biaya renovasi yang terjadi apabila terjadi kebocoran.

Pada saat menempati rumah baru, tidak sedikit orang orang yang mendapati atap rumahnya bocor. Hal tersebut baru diketahui saat hujan lebat dengan angin yang kencang. Tentu jika dibiarkan hal ini dapat merusak plafon rumah.

Barang barang dalam rumah juga bisa rusak jika terkena tetesan air hujan atau yang paling parah bisa terjadi konslet yang memicu kebakaran. Oleh karenanya perlu perencanaan dalam membuat atap rumah yang kuat, kokoh dan tentunya efisien.

Seperti apa model dan jenis atap rumah ? Berikut beberapa model atap rumah yang umum digunakan.

Atap Sandar
Atap ini memiliki bentuk seperti kuda kuda, jenis atap ini yang paling sering dipilih kontraktor rumah dalam membangun sebuah rumah karena cocok sekali untuk desain rumah bergaya modern. Dengan menggunakan atap ini maka akan membuat tampilan rumah menjadi lebih futuristik. Sehingga, karena alasan tersebutlah yang membuat atap ini kerap dipilih juga saat orang ingin merenovasi rumahnya.

Atap Pelana
Seperti namanya, model atap rumah yang satu ini berbentuk seperti sebuah pelana kuda. Yaitu, berbentuk prisma segitiga. Desain ini sangat sederhana dan sangat aman. Atap yang satu ini cocok sekali untuk semua jenis gaya bangunan rumah. Selain itu, biaya operasionalnya juga jauh lebih terjangkau. Bila ada kebocoran rumah, maka ini mudah sekali dideteksi letak kebocorannya. Sehingga, lebih praktis!

Atap Limasan
Atap pelana mempunyai daya serap yang sangat tinggi terhadap radiasi sinar matahari dan dari panas matahari yang membuat suhu udara dibawah atap dan didalam rumah akan cenderung lebih panas. Maka atap limasan ini meminimalisir daya serap dari radiasi sinar matahari dengan bentuk geometri limas. Sekalipun untuk proses pembuatannya sangat sulit, namun semuanya akan terbayarkan dengan tampilannya yang indah. Atap ini mampu melindungi rumah dengan baik, dari derasnya hujan dan teriknya sinar matahari.

Atap Datar
Beberapa penyedia jasa kontraktor dan developer rumah kerap menggunakan atap ini. Atap yang berbentuk datar ini sebenarnya tidak benar-benar berbentuk datar, atap ini punya sudut kemiringan yang sedikit untuk mengalirkan air hujan ke bawah. Biasanya, atap ini digunakan untuk desain temperatur untuk menghadirkan kesan yang tegas dan untuk menjemur pakaian.

Tips Memilih Model Atap Rumah

Sebaiknya pilih kerangka atap yang tepat, kerangka yang tahan hujan dan tahan sinar matahari. Selain itu, pilih juga yang kokoh dan kuat, karena kerangka ini nantinya untuk menopang atap rumah. Maka sangat disarankan untuk memilih atap yang berasal dari baja yang kokoh, modern, dan harus kuat dan tentunya atap juga harus yang bebas rayap.

Kemudian, perhatikan juga faktor cuaca dengan baik saat memilih atap rumah. Karena, untuk memutuskan seperti apakah jenis atap rumah yang tepat itu maka harus memperhatikan dari segi faktor cuaca dimana anda tinggal. Dengan memperhatikan faktor cuaca tempat Anda maka akan membantu anda untuk menentukan atap yang tepat dan tidak mudah rusak.

Perhatikan proses pemasangan atap rumah dengan tepat. Sebaik apapun jenis dan bahan atap jika dikerjakan asal asalan maka akan menghasilkan atap yang tidak sesuai yang diinginkan. Beberapa jenis kerangka atap umumnya memiliki tingkat kesulitan yang lumayan dalam proses instalasinya. Maka dari itulah, perhatikan kerangka atap yang tepat agar tidak memakan banyak waktu dalam proses pemasangannya.

Kemudian dari segi bahan atap dan ketebalannya perhitungkan dengan baik, bahan atap memiliki banyak jenis,.terutama bila dilihat dari segi ketebalannya. Semakin tebal bahan yang digunakan akan membuat beban kerangka semakin berat, maka Anda harus memperhatikan dari segi kebutuhan rumah. Jangan sampai ternyata atap rumah yang terlalu tebal justru membuat nilai estetikanya menjadi rusak dan tidak enak dilihat.

Perlu diperhatikan juga tentang kualitas produk dan jaminannya dengan baik. Setiap orang pasti ingin memiliki produk yang terbaik. Selain itu, setiap orang juga pastinya ingin memiliki atap rumah yang tahan lama. Dengan begitu, tidak akan terjadi pemborosan dengan masalah atap. Pilih atap yang bergaransi agar Anda tidak merasa dirugikan di kemudian hari.

Cek kualitas dari bahan atap yang akan digunakan. Bila perlu, cobalah cari informasi setiap bahan baku atap yang akan Anda pilih. Jangan pernah terburu-buru dalam memilih bahan atap, karena ini bisa mempengaruhi anggaran Anda. Jadi, perhitungkan pula anggaran dana utuk membeli atap rumah dan catat atap rumah yang tepat supaya pengeluaran budget tidak semakin membengkak.

Demikianlah beberapa Tips Memilih Model Atap Rumah Kuat dan Anti Bocor, semoga bermanfaat untuk anda dalam membangun rumah idaman.
M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "Tips Memilih Model Atap Rumah Kuat dan Anti Bocor"