Jenis Tinta Printer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis Tinta Printer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
Hidup tanpa "Tinta" bagaikan sayur tanpa garam,  Atau hidup tanpa Tinta bagaikan taman tidak berbungan. Kalimat tersebut mungkin sudah familiar dan mengingatkan anda pada sebuah lirik lagu.

Walaupun kalimat tersebut hanyalah sebuah plesetan, tapi bagi sebagian orang kalimat tersebut sangat nyata. terutama bagi yang setiap harinya berkecimpung dengan dunia printing baik itu cetak digital maupun dokumen.

Jika printer adalah sayurnya, maka tintalah garamnya, atau jika printer adalah tamannya maka tintalah bunganya. Tanpa Tinta tentu printer tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Antara printer dan tinta memang sudah ditakdirkan untuk memiliki Chemistry satu sama lain, sehingga memilih tinta harus benar benar melalui beberapa pertimbangan, baik itu secara kualitas dan maupun fungsi printer tersebut.

Lalu apa saja jenis jenis tinta ? Apa kelebihan dan kekurangannya? Berikut beberapa jenis tinta yang ada dipasaran beserta kelebihan dan kekurangannya.

Tinta Dye Base

Tinta Dye Base
Jenis tinta yang pertama adalah tinta printer dye base. Tinta printer jenis dye base ini merupakan tinta yang terbuat dari bahan air dan colourant. Sehingga tinta ini akan menghasilkan warna yang lebih terang. Tetapi tinta ini dapat mengendap pada head cartridge, namun karena hasil cetakan yang bagus dan dengan harga yang terjangkau banyak orang yang menggunakannya.

Hasil cetak dari jenis tinta printer dye base kurang pekat dan tidak tahan air jika di cetak di kertas biasa. Tinta juga mudah luntur dan warnanya mudah pudar jika terpapar sinar matahari atau panas. Tinta dye base biasa digunakan untuk jenis printer standart dengan hasil cetakan cukup bagus dan warna yang lebih cerah.

Tinta Eco Solvent

Tinta Eco Solvent
Tinta printer eco solven memiliki sifat yang mirip dengan tinta solvent. Tetapi ketahanan terhadap sinar matahari jenis tinta eco solvent tidak sekuat tinta solvent yang jika menggunakan tinta Eco solvent akan mudah terkelupas jika terkena goresan. Tinta eco solvent cocok digunakan untuk indoor printing dan juga tidak memiliki bau yang tajam sehingga banyak orang memilih tinta jenis ini.

Tinta Pigment (Durabrite)

Tinta Pigment (Durabrite)
Tinta printer pigment merupakan jenis tinta berkualitas karena bisa mencetak dokumen dengan hasil yang sangat tajam dalam bentuk tulisan maupun gambar. Tinta ini dibuat dengan bahan dasar air, colorant pigment, diluent dan juga komponen lainnya yang membuat tinta jenis ini menjadi tinta cetak yang berkualitas tinggi.

Selain itu tinta jenis ini juga bersifat pekat dan tahan terhadap air. Tinta pigment dapat digunakan untuk mencetak pada semua jenis kertas. Tinta ini tidak bisa dibiarkan terlalu lama tidak terpakai,  karena jika tidak dipakai dalam waktu yang lama bisa menyebabkan head tinta cartridge bisa tersumbat oleh tinta.

Tinta Solvent

Tinta printer solvent biasanya diaplikasikan untuk mencetak billboard, banner, neon box, spanduk dan lain sebagainya. Tinta jenis ini juga biasa dimanfaatkan untuk outdoor printing karena dikenal mempunyai ketahanan terhadap air dan sinar uv.

Tinta in terbuat dari cat duco dan beberapa bahan berkualitas lainnya yang memang di gunakan sebagai tipe printer outdoor. Bau yang di keluarkan juga cukup menyengat dibandingkan dengan jenis tinta lainnya.

Tinta Sublimation Ink

Tinta Sublimation Ink
Tinta printer sublimation merupakan jenis tinta yang sering digunakan untuk printer infus. Jenis tinta ini digunakan untuk mencetak kaos atau baju, keramik, bahan-bahan sablon, mud dan lain sebagainya. Tinta sublimation di buat dari bahan diluent, pewarna, minyak, dan bahan lainnya sehingga tahan lama.

Tinta Pigment Art Paper Ink

Tinta printer pigment art paper ink digunakan untuk mencetak dalam skala kecil maupun besar. Tinta jenis ini digunakan untuk mencetak kertas art paper ivory yang memiliki gambar full colour. Itulah tadi beberapa jenis-jenis tinta yang bisa dipakai pada mesin printer.

Demikianlah Jenis Tinta Printer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya, Setiap printer memiliki jenis tintanya tersendiri jadi tidak bisa diisi dengan bermacam jenis tinta. Jadi sebelum mengisi tinta maka analisis terlebih dahulu printer kalian berjenis tinta seperti apa. Jika tetap diisi dengan beragam jenis tinta, maka bisa terjadi menurunnya kinerja cetak printer itu sendiri.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Jenis Tinta Printer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel