Cara Menentukan RPM pada Motor Stepper (Dinamo)

Sebuah motor stepper, juga disebut motor step atau motor stepping atau lebih umum disebut dinamo, adalah jenis motor yang berputar dalam langkah-langkah kecil dan terpisah daripada terus menerus, meskipun dengan mata telanjang rotasi semacam ini tidak dapat dibedakan dari gerakan yang benar-benar halus pada sebagian besar kecepatan.

Katakanlah Anda berdiri di sebuah lapangan sekitar 200 meter dari pagar sepanjang 50 m, dan Anda menyaksikan bola menggelinding dengan lancar melintasi bagian atas pagar dari satu sisi ke sisi lainnya selama tiga detik

Sekarang bayangkan bola tidak berguling dengan mulus, tetapi melompat dengan selisih 15 cm di atas pagar, juga dalam tiga detik. Mata Anda kemungkinan besar tidak akan mempermasalahkan loncatan tersebut dan tetap melihat bola melintasi pagar dengan lancar.

Tetapi dalam ilustrasi seperti itu, siapa pun yang bisa mengendalikan loncatan bola, jika dia mau, dia bisa menghentikannya di salah satu dari 50 titik tepat di sepanjang pagar.

Beginilah cara kerja motor steper. Motor Stepper dibuat untuk mampu menyelesaikan satu revolusi 360 derajat dengan serangkaian tahap. 200 adalah jumlah langkah umum dalam motor ini, membuat setiap langkah 360/200 = 1,8 derajat

Jika perlu, mekanisme putaran dapat dihentikan pada titik tetentu dengan tepat, seperti kita hanya bisa keluar dari komidi putar tidak hanya "di mana saja" tetapi di salah satu dari beberapa titik yang tepat.

Menghasilkan RPM untuk Motor Stepper atau Dinamo Motor

Motor stepper dilengkapi dengan sirkuit penggerak yang memancarkan pulsa perintah pada tingkat yang ditentukan, mirip seperti pusat listrik jantung Anda. Setiap pulsa menggerakkan motor satu langkah, artinya "pulsa per detik" diterjemahkan menjadi "langkah per detik." Jumlah langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan satu revolusi lengkap bervariasi, seperti yang disebutkan sebelumnya.

Ini berarti bahwa jumlah putaran per detik adalah:

(langkah per detik) ÷ (langkah per revolusi) = revolusi per detik

Dan jumlah putaran per menit, atau RPM, adalah:

60 [(langkah per detik) ÷ (langkah per revolusi)]

Contoh

Katakanlah Anda memiliki motor stepper dengan laju pulsa perintah 30 per detik dan sudut langkah 0,72 derajat. Hitung RPM.

Pertama, hitung jumlah langkah dalam satu revolusi 360 derajat:

360 / 0,72 per langkah = 500 langkah

Kemudian perkenalkan ini ke dalam persamaan di atas:

60 [(30) ÷ (500)] = 60 (0,06) = 3,6 RPM

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Cara Menentukan RPM pada Motor Stepper (Dinamo)"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel