Mengenal Indikator dan Lampu Peringatan Pada Toyota Agya-Daihatsu Ayla

Mengenal Indikator dan Lampu Peringatan Pada Toyota Agya-Daihatsu Ayla
Lampu indikator merupakan bagian penting yang ada pada panel dashboard agya ayla. Dengan memahami makna dan arti lampu indikator, maka berkendara akan terasa lebih aman. Indikasi indikasi ketidakwajaran berawal dari lampu indikator yang ada pada dashboard.

Sebagian besar pengguna mobil memang sudah paham akan beberapa fungsi dan kegunaan lampu indikator tersebut. Dari indikator umum yang ada pada setiap mobil sampai indikator khusus tertentu pada fitur tambahan.

Namun, bagi anda yang belum memahami beberapa kegunaan lampu indikator, bisa melanjutkan membaca sampai tuntas, terutama buat pemakai kendaraan toyota agya dan daihatsu Ayla.

Lampu peringatan dan indikator menyala pada kelompok instrumen menginformasikan pengemudi tentang status berbagai sistem kendaraan yang bertujuan untuk  bertujuan untuk menjelaskan berbagai hal penting. Perhatikan gambar indikator yang ditampilkan dan lampu peringatan yang menyala.
indikator lampu agya ayla dengan dan tanpa tachometer
Pada pembahasan ini akan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu

  1. Lampu Indikator
  2. Lampu Peringatan
  3. Multi-information display

Indikator

Indikator menginformasikan pengemudi dari status pengoperasian pada berbagai sistem kendaraan.
Indikator lampu tanda belok
Indikator lampu tanda belok
Indikator lampu besar jarak jauh
Indikator lampu besar jarak jauh
Indikator lampu kabut depan
Indikator lampu kabut depan
Lampu Indikator Eco Driving
Lampu Indikator Eco Driving
Lampu Peringatan

Lampu peringatan menginformasikan pengemudi dari setiap sistem kendaraan yang mengalami malfungsi

  1. Rem tangan, jika lampu indikator ini menyala maka menandakan rem tangan mobil Anda masih aktif. Namun jika handbrake sudah di release, namun lampu indikator masih menyala, maka menandakan minyak rem kendaraan Anda habis. Segera isi dengan minyak rem yang direkomendasikan pabrikan kendaraan Anda
  2. Aki/Batterai, jika lampu indikator seperti ini di panel instrumen menyala, maka menandakan baterai atau aki kendaraan Anda sudah kehabisan daya atau rusak. Segera ganti dengan aki baru.
  3. Indikator Oli, Ketika lampu indikator seperti ini menyala, maka sistem pada kendaraan mendeteksi ruang mesin kekurangan cairan pelumas atau oli. Segera isi dengan oli baru sebelum kerusakan merambat ke bagian lain
  4. Indikator Mesin, ketika lampu indikator berbentuk gambar mesin tersebut menyala dan kendaraan tidak dapat di starter, maka terdeteksi ada masalah pada ruang mesin. Segera kontak layanan bengkel resmi kendaraan Anda
  5. Indikator Airbag, pada mobil yang sudah dilengkapi fitur airbag, maka jika lampu indikator ini menyala terjadi kerusakan pada sistem keselamatan tersebut. Segera lakukan pemeriksaan di bengkel resmi
  6. Power Steering, jika logo kemudi ini menyala, artinya ada hal yang tidak normal terjadi pada sistem pemandu kemudi (power steering)
  7. Indikator dan informasi Bahan bakar
  8. Indikator Temperatur Mesin, ketika lampu ini menyala maka suhu mobil terdeteksi tinggi.
Semua lampu peringatan akan  menyala ketika kunci kontak diubah ke posisi "ON" untuk menunjukkan bahwa pemeriksaan sistem sedang dilakukan. Lampu akan padam setelah mesin dihidupkan, atau setelah beberapa detik. Mungkin terdapat malfungsi di dalam sistem jika lampu tidak menyala, atau lampu tidak padam. Bawalah kendaraan ke dealer Toyota/Daihatsu Anda untuk diperiksa.

Seharusnya lampu sistem keselamatan seperti lampu peringatan SRS airbag tidak menyala saat Anda mulai menghidupkan mesin, ini dapat berarti bahwa sistem tidak dapat dipakai untuk melindungi Anda dalam kecelakaan, yang akan mengakibatkan kematian atau cedera serius.

Multi-Information Display

Multi-information display menunjukkan berbagai data pengendaraan kepada pengemudi.
pada display ini akan menginformasikan beberapa hal penting kepada pengemudi, yaitu

  1. Odometer,  menampilkan jarak total yang telah ditempuh kendaraan 
    display odometer
  2. Trip meter, menampilkan jarak yang telah ditempuh kendaraan sejak meter terakhir di-reset. Menekan dan menahan tombol perubahan tampilan akan me-reset trip meter yang ditampilkan saat ini. 
    display trip meter
  3. Konsumsi bahan bakar, tampilan konsumsi bahan bakar rata-rata sejak kendaraan di-isi bahan bakar terakhir kali.  Fungsi dapat di-reset dengan menekan dan menahan tombol perubahan tampilan ketika ratarata konsumsi bahan bakar ditampilkan.  Gunakan tampilan konsumsi bahan bakar ratarata sebagai referensi. 
  4. Range pengendaraan, menampilkan perkiraan jarak maksimum yang dapat ditempuh dengan jumlah sisa bahan bakar. • Jarak ini dapat dihitung berdasarkan pada konsumsi bahan bakar rata-rata Anda. Yang hasilnya, jarak sesungguhnya yang dapat ditempuh mungkin berbeda dari yang ditampilkan. Ketika hanya sebagian kecil bahan bakar yang ditambahkan, tampilan mungkin tidak di perbaharui. Ketika mengisi ulang bahan bakar, putar kunci kontak ke posisi "LOCK". Jika mengisi bahan bakar kendaraan tanpa mengubah mode kunci kontak ke posisi "LOCK", tampilan mungkin tidak diperbarui.
  5. Kustomisasi Lampu Indikator Eco Driving, memilih apakah menampilkan Lampu Indikator Eco Driving atau tidak. Untuk mengubah antara Display/Not display, tekan dan tahan tombol perubahan tampilan di dalam meter. 

Item yang ditampilkan dapat diubah dengan menekan tombol perubah tampilan.
Ketika melepas hubungan dan menghubungkan kembali terminal baterai maka data informasi Konsumsi bahan bakar rata-rata,  range pengendaraan akan direset dan Lampu Indikator Eco Diving akan kembali ke pengaturan “Display”.

Pada saat temperatur rendah Multi-information display maka biarkan interior pada kendaraan menjadi hangat sebelum menggunakan tampilan informasi liquid crystal. Saat temperatur sangat rendah, monitor tampilan informasi dapat merespon dengan sangat lambat dan perubahan tampilan mungkin tertunda.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Mengenal Indikator dan Lampu Peringatan Pada Toyota Agya-Daihatsu Ayla"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel