Teknologi Pengoperasian Peralihan Otomatis Motor Grader Dengan Transmisi Converter Torsi Lock-Up

Motor grader atau road grader merupakan alat berat yang sangat penting dalam proyek pembangunan dan perawatan jalan yang mempunyai bermacam-macam kegunaannya.

Motor grader adalah alat berat dengan pisau panjang yang berfungsi untuk meratakan jalan atau membentuk jalan serta pengupasan lapisan atas yang hendak dibuang, dikurangi, mencampur material dan menghampar material di lapangan.

Selain itu, motor grader juga mempunyai kelebihan yang dapat digunakan untuk memotong lubang. Walau dapat membuat lubang, alat berat ini tidak bisa dipakai untuk pertambangan bawah tanah, lantaran untuk proyek itu memerlukan alat berat pertambangan bawah tanah yakni long wall mining.

Dalam teknik sipil fungsi grader biasanya untuk “penyelesaian akhir” tepatnya untuk memperbaiki atau mengatur), Ia akan bergerak diatas permukaan tanah serta membuat jalan sesuai sama bentuk yang diininkan.

Terkecuali pembuatan jalan, alat berat ini dapat digunakan untuk membjat lapangan golf, pembuatan jalur balapan, serta lain sebagainya. Motor grader digunakan saat alat berat seperti excavator atau bulldozer tidak dapat mencapai permukaannya.

Di beberapa tempat seperti Eropa Utara, Kanada, dan tempat-tempat di Amerika Serikat, grader sering digunakan dalam pembersihan salju di kota dan wilayah pemukiman. Di semak belukar dan padang rumput Australia dan Afrika, grader seringkali merupakan bagian penting dari peralatan pada peternakan besar, peternakan, dan perkebunan untuk membuat jalan tanah dimana buldoser tidak diperlukan.

Komponen motor grader terdiri atas enam sisi paling utama. Ada penggerak yang berbentuk roda ban, kerangka atau frame yang menghubungkan sisi penggerak dengan komponen lain, blade atau pisau yang di kenal sebagai moldboard, sacrifier, circle, serta drawbar. Nanti, moldboard berikut yang bakal mengeksekusi permukaan tanah serta dapat digerakkan sedemikian rupa. Circle atau cincin penggerak lah yang dapat bikin moldboard ini berputar serta bergerak. Sesudah dieksekusi dengan moldboard, material akan dihancurkan oleh sacrifier atau unit dari alat berat yang bergigi.

Motor grader dilengkapi dengan spare part alat berat yang dimaksud blade yang dipasang supaya motor grader bisa lakukan pekerjaannya. Karena, tak heran bila blade motor grader, sisi yang sangat membutuhkan perhatian special serta harus dirawat agar tetap bekerja sempurna.

Sehingga blade tersebut perlu bekerja sedikit lebih keras untuk bertemu dengan tanah. Panjang blade biasanya berkisar antara 3 sampai 5 meter.Sacrifier adalah unit motor grader yang dikontrol secara hidrolis. Bagian ini mempunyai gigi yang berfungsi untuk menghancurkan material. Sacrifier digerakkan dengan mendorong atau menarik unit ini.

Circle adalah bagian motor grader yang berbentuk seperti cincin dengan bagian dalam luar bergigi. Fungsi dari circle adalah untuk menggerakkan blade agar dapat berputar. Drawbar bagian motor grader yang berbentuk V atau T.

Drawbar menghubungkan circle dengan bagian depan grader. Moldboard /pisau dapat digerakkan seperti blade pada dozer, yaitu tilt, pitch, dan angle dengan fleksibilitas yang lebih besar. Gerakan pitching ke depan biasanya untuk pekerjaan finishing dan pencampuran. Sedangkan gerakan pitching ke belakang dilakukan untuk meningkatkan pemotongan.

PT Komatsu merupakan salah satu perusahaan alat berat yang memproduksi motor grader. Model yang tersedia mungkin berbeda menurut wilayah atau negara lainnya. Motor grader yang di produksi memiliki 2 type yaitu GD511A-1 dan GD535-s. GD511A-1 memiliki berat operasional: 10.800 kg dan memiliki dimensi sebagai berikut:
Dalam pengoperasian Motor Grader dilengkapi peralatan tambahan agar dapat bekerja serba guna antara lain :

  1. Scarifier teeth (ripper dalam bentuk kecil sebagai penggaruk) alat ini dipasang didepan blade dan dapat dikendalikan secara tersendiri 
  2. Pavement widener (alat untuk mengatur penghamparan) 
  3. Elevating grader unit (Alat pengatur gradding)
Grader mempunyai roda yang terbuat dari karet sehingga dapat dikendarai di jalanna beraspal. 4 wheel drive dengan transmis otomatis. Grader juga berada dari alat berat yang lain, karena hasil akhirnya merupakan visualisasi dari sang operator.
Salah satu skill yang membedakan operator grader professional dan pemula adalah kemmapuan untuk memvisualisasikan hasil akhir yang sempurna, tikungan, kemiringan, tanjakan dan turunannya dan membentuk jalanan sesuai dengan visualisasi tersebut.

Motor grader type GD535-s merupakan perbaikan pada kontrol transmisi dan meningkatkan efisiensi serta mesin elektronik canggih yang menawarkan output yang optimal, menggabungkan semua dan mewujudkan produksi 15% lebih baik dan dapat mengkonsumsi bahan bakar 14% lebih baik dilapangan dibandingkan dengan GD511A-1. Kondisi bahan bakar bervariasi tergantung kondisi kerja.
Transmisi converter torsi lock-up dirancang khusus untuk Komatsu. Hal ini dapat memberikan efisiensi pengalihan langsung dan pengoperasian peralihan otomatis.

Pemilihan mode transmisi 
  1. Modus otomatis converter torsi memungkinkan operator bebas dari penguncian pedal dan memberikan kontrol mesin yang halus dan banyak torsi saat memulai, yang memungkinkan operator untuk mulai dari gigi ke-4 sekalipun. Selain itu perpindahan gigi otomatis pada kelengkapan F4-F8 memberikan kemmampuan maneuver yang tinggi 
  2. Manual mode Trasnmisi Drive secara langsung di semua roda gigi, bekerja dengan cara yang sama seperti mesin shift tenaga konvensional dengan kecepatan mesin konstan dan operasi ekonomis. Bahkan dalam bekerja manual, converter torsi bekerja dalam shift berubah untuk meminimalkan pergesaran guncangan
Fungsi Pencegahan Mesin
Kombinasi mode manual dan mode otomatis menghindari putaran mesin yang menyebabkan kelancaran pengoperasin dalam kecepatan rendah.

Perlindungan Over Speed Elektronik
Membantu mencegah kerusakan pada mesin dan transmisi akibat downshifting dini dan overspeeding akibat induksi.

Teknologi Komatsu
Komatsu secara unik mengembangkan semua komponen utama termasuk sistem kontrol total, seperti mesin, elektronika dan komponen hidrolik. Dengan Teknologi Komatsu ini, Komatsu telah mencapa kemajuan besar dalam teknologi. Hal ini menghasilkan generasi baru produk berkinerja tinggi dan ramah lingkungan.

Sistem Seleksi Mode Daya Mesin 
  1. Modus P Memaksimalkan produksi dengan memanfaatkan sepenuhnya keluaran mesin. Cocok untuk pekerjaan yang menekankan produktivitas.
  2. Mode E Cocok untuk melakukan pekerjaan ringan secara ekonomis. Fitu ini memberikan daya yang cukup, konsumsi bahan bakar lebih bak, dan mencegah ban tergelincir serta memperpanjang umur ban.
Sistem ini memungkinkan operator untuk memilih dari dua mode (P) atau (E). Sesuai dengan kondiis kerja. Tombol pemilih yang ada di tombol konsol mudah diakses.
Kanopi ROPS/FOPS
Kanopi profil rendah dirancang untuk memastikan sertifikasi ROPS/FOPS (ISO 3449). Tampilan lebar mengurangi kelelahan operator

Kontrol Pengemudi Yang Mudah Disesuaikan
Kontrol pengumudi dapat bergerak maju mundur dan operator dengan udah masuk dan keluar dari kanopi. Roda kemudi juga miring agar sesuai dengan preferensi operator.

Desain Pemeliharaan Mudah
Bahan bakar darat mudah mengisi bahan bakar dari tanah sehingga dapat menghilangan kebutuhan untuk memanjat naik turun dari tandem.
Layanan akses Platform Pound Logam yang dilubangi pada rel tandem dan pegangan memastikan keamanan dan inspeksi keselamatan. Serta akses mudah ke titik servis meningkatan aksesibilitas ke titik layanan. Semua poin layanan utama dapat diakses dari tingkat dasar.
Pemeliharaan Lampu
Peringatan waktu “Bila sisa waktu sebelum perawatan kurang dari 30 jam”, monitor waktu perawatan akan muncul. Menekan tombol pada monitor untuk beralih kelayar perawatan. Pengaturannya bisa diubah kisaran anatara 10 dan 200 jam.
Resolusi Tinggi 3,5” Monitor LCD Warna
Monitor ini beresolusi tinggi meningkatkan visibilitasnya. Fungsi switch sederhana dan mudah dioperasikan. Operator dengan mudah mengakses berbagai menu pengguna seperti informasi perawatan, pengoperasian dan catatan atau menyesuikan pengaturan mesin.

Penulis, Dwi Citra Hapsari, S.Pd, Nuryamah, S.Pd KNOWLEDGE MANAGEMENT Penerapan Teknologi Konstruksi
Daftar Pustaka :
_.2007. Motor Grader. [Online] Tersedia: http://www.komatsu.com/ce/products/ pdfs/GD675-3_E.pdf. [6 Desember 2017] 
_.2017.Komatsu GD535-5. [Online] Tersedia: www.komatsu.com/ce/products/ pdfs/GD535-5_CEN00731-00.pdf. [7 Desember 2017] 
_.2017. KOMATSU GD511A-1 MOTOR GRADER. [Online] Tersedia: www.ritchiespecs.com/specification?type=Con&category=Motor+Grader&make=Komatsu&model=GD511A-1&modelid=91837. [7 Desember 2017]

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Teknologi Pengoperasian Peralihan Otomatis Motor Grader Dengan Transmisi Converter Torsi Lock-Up "

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel