Performa Prima Bulldozer Hasil Pemutakhiran Teknologi

Alat berat umumnya kita kenal sebagai mesin dengan ukuran dan massa besar yang dirancang untuk mendukung pekerjaan konstruksi, pertambangan, perhutanan hingga pertanian. Ukuran dan massa yang besar memang dirancang sesuai dengan fungsinya agar memiliki kapasitas yang besar pula.

Penggunaan alat berat sebagai pendukung pekerjaan sudah dilakukan sejak jaman Romawi. Pada zaman romawi, jenis alat berat yang digunakan adalah alat derek sederhana yang difungsikan untuk membantu tahap pembangunan di masa itu.

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini sudah banyak jenis alat berat di pasaran yang disesuaikan model dan bentuknya berdasarkan kebutuhan yang makin beragam.

Untuk melaksanakan pekerjaan mengurug, menggusur, dan mendorong pada daerah berbukit, berbatu dan hutan sekalipun alat berat jenis bulldozer tepat digunakan. Bulldozer merupakan alat berat traktor beroda / rantai yang mampu beroperasi pada tanah jenis kering hingga lembab.
Namun tidak menutup kemungkinan bulldozer beroperasi pada tanah yang sangat liat (berlumpur), modifikasi swamp bulldozer dapat dipilih. Untuk daerah pekerjaan yang sangat keras, bulldozer perlu dibantu dengan adanya ripper dan alat garuk.

Prinsip utama dalam pengoperasian bulldozer adalah daya dukung tanah yang menjadi lintasannya, haruslah lebih tinggi dibandingkan dengan ground preassure (daya tekan alat). Berdasarkan jenis blade (mata pisau) yang terpasang, bulldozer dibedakan menjadi :

  1. Straight blade (S-blade). S-blade biasanya digunakan untuk pekerjaan pengupasan dan penimbunan tanah. Blade jenis ini dapat bekerja pada tanah keras. 
  2. Angle blade (A-blade). A-blade mempunyai lebar yang lebih besar 0.3 sampai 0.6 m daripada S-blade. Blade jenis ini digunakan untuk menyingkirkan material ke sisinya, penggalian saluran, dan pembukaan lahan. 
  3. Universal blade (U-blade). U-blade juga lebih lebar daripada Sblade. U-blade dipakai untuk reklamasi lahan. Blade jenis ini mempunyai kemampuan untuk mengangkut material dalam jumlah besar pada jarak tempuh yang relatif jauh. Umumnya material yang ditangani adalah material yang ringan seperti tanah lepas. 
  4. Cushion blade (C-blade). C-blade umumnya dipasang pada traktor yang besar yang digunakan untuk mendorong scraper. Blade jenis ini lebih pendek daripada S-blade.
Spesifikasi komponen utama dan pendukung yang menyusun bulldozer telah disesuaikan dengan fungsi dan medan kerja bulldozer sendiri. Dalam perkembangannya, spesifikasi komponen tersebut dimutakhirkan sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Hal ini perlu dilakukan seiring dengan beragamnya permasalahan dan kondisi lapangan yang ada selama pengoperasian. Pemutakhiran teknologi dikembangkan dengan mempertimbangkan lingkungan, keselamatan, operasional dan ICT (Information and Communication Technologies). Sehingga sudah banyak beredar di pasaran jenis bulldozer dengan teknologi mutakhir dan harga bersaing.

Komatsu Ltd. Merupakan salah satu perusahaan besar yang memproduksi bulldozer dengan riset yang secara kontinyu dikembangkan. Mereka menjadikan permasalahan di lapangan sebagai bahan riset yang nantinya dijadikan solusi bagi customer.
Dari sanalah terus ada pembaharuan pruduk dengan spesifikasi yang semakin canggih dan solutif digunakan dalam berbagai pekerjaan. Selain pemutakhiran spesifikasi, Komatsu Ltd. juga mengembangkan jenis variasi produk sesuai kebutuhan customer.

Untuk mendukung keseimbangan lingkungan, Komatsu mengembangkan teknologi mesin yang ramah lingkungan pada produk bulldozernya. Mengusung mesin generasi baru untuk mengurangi jumlah emisi Nox (nitrogen oxides) di udara dengan memanfaatkan gas buangan digunakan kembali untuk pembakaran. Untuk filter gas buangannya, Komatsu Ltd.

Melengkapi produknya dengan “Komatsu Diesel Particulate Filter" (KDPF), teknologi filter ini secara kontinyu menampung jelaga dan memurnikan gas buangan secara bersamaan. Dan untuk memudahkan perawatan sistem filter tersebut, Komatsu Ltd. menambahkan sensor tekanan yang mendeteksi penyumbatan pada kompartemen mesin dan filter. 

Tidak hanya berhenti pada pengembangan mesin, dalam efisiensi kerja Komatsu Ltd. juga terus melakukan inovasi. Kini produk bulldozernya memiliki kemampuan otomatis untuk perpindahan girnya.

Automatic gear shift powerline meningkatkan efisiensi transmisi secara maksimal dengan sedikit pergeseran gir motor. Kapasitas blade juga ditingkatkan dengan variasi bentuk blade baru, yaitu Sigma dozer. Blade bentuk ini menambah kapasitas ± 15% dibandingkan dengan bentuk blade konvensional (U-blade) karena bentuk bagian tengahnya berongga dan cembung.
Bulldozer juga disempurnaan dengan blade auto pitch mode. Mesin dengan spesifikasi dual tilt dozer, blade diatur dalam dua posisi, yaitu posisi menggali dan posisi dumping. Fungsi pitch otomatis blade ini memungkinkan perunahan posisi hanya dengan satu tombol (after mode setting).

Modus pitch otomatis berubah setiap kali tombol ditekan, Dengan menggunakan mode ini tanah galian benar-benar tertampung dengan baik. 

Tanpa melupakan faktor keamanan bagi operator dan pekerja disekitar area kerja, Bulldozer keluaran Komatsu Ltd. mempunyai inovasi tersendiri untuk membuat produknya memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya. Inovasi tersebut antara lain adalah :

Kabin ROPS
Menjaga keamanan operator di dalam kabin dengan merancang kabin yang kuat dan kedap suara. Dalam keadaan terburukpun, operator dipastikan bisa aman berada di dalam kabin.

Sistem Monitor Sisi Belakang
Menjangkau sisi belakang dengan kamera dan LCD beresolusi tinggi pada kabin. Kamera aktif secara otomatis saat bulldozer bergerak mundur, memudahkan operator untuk mengontrol dan mengemudi.

Alarm Pada Sabuk Pengaman
Alarm akan otomatis berbunyi saat sabuk pengaman tidak terpasang dengan baik. Selain bunyi alarm, peringatan juga akan ditampilkan pada LCD di dalam cabin.

Saklar Pemutus Arus Baterai
Peralihan untuk menon aktifkan sirkuit suply power untuk melindungi operator dan body mesin saat mesin tidak digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Yaitu saat sirkuit istrik diperbaiki atau saat pengelasan dilakukan.

Pemutakhiran ICT yang diadaptasi pada bulldozer keluaran Komatsu Ltd. diwujudkan dengan adanya High resolution LCD monitor screen pada cabinnya.

LCD monitor selebar 7 inchi ini menunjukkan secara sederhana system control mesin dengan indikator yang mudah dipahami operator. Karena menggunakan jenis display high resolution liquid crystal yang baru digunakan dalam teknologi monitor, operator nyaman dan mudah mengamati informasi pada monitor.
Bulldozer juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang mendukung penghematan energi dalam pemakaiannya. Terdapat ECO Guidance, ECO Gauge dan fuelometer yang dapat dengan mudah operator cek melalui LCD monitor. Semua fitur diatas dihadirkan demi mendukung operasional produk yang hemat energi.
Bersamaan dengan berjalannya fitur yang mendukung penghematan energi di atas, dapat dipantau juga hasil operasional bulldozer (waktu operasi, rata-rata konsumsi bahan bakar, waktu diam, dsb) yang selalu mengalami update selama pekerjaan berlagsung. ECO Guidance juga dapat dipantau, menunjukkan fitur ECO apa saja yang sudah digunakan selama operasional produk. Dan praktisnya, kita juga dapat mengetahui jumlah bahan bakar yang telah digunakan sebelumnya secara berkala dalam Fuel consumption history. 

Ada satu system layanan identifikasi produk yang khusus Komatsu Ltd. ciptakan untuk setiap produk alat beratnya. KOMTRAX (Komatsu Machine Tracking System) untuk peralatan konstruksi dan utilitas dan KOMTRAX Plus untuk peralatan pertambangan.
System layanan ini dikembangkan untuk mengatasi berbagai perasalahan konsumen dalam mengientifikasi produk yang mereka punyai. System ini terintegrasi dengan baik, sehingga informasi produk bisa dengan mudah diakses.Aplikasi ini sangat mudah dioperasikan untuk memonitor produk mulai lokasi hingga kondisi mesin secara gratis.

Penulis, Almira Sufwandini Putri, S.T. KNOWLEDGE MANAGEMENT Penerapan Teknologi Konstruksi
Daftar Pustaka :
Komatsu Ltd. 2015. Smart Construction. http://www.komatsuamerica.com/ [26 Januari 2018] 
Komatsu Ltd. 2018. Technology and Innovation. https://home.komatsu/en/company/tech-innovation/ [27 Januari 2018] 
Nakagami, Hiroshi. 2012. Komatsu Technical Report. Japan: Komatsu Ltd.
Tsuji, Tomoaki. 2012. Intrduction of Bulldozer D155AX-7. Japan: Komatsu Ltd.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Performa Prima Bulldozer Hasil Pemutakhiran Teknologi"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel