Dibalik Kesuksesan PT. Kunango Jantan Group, Dari Nol Hingga Menjadi Manufacture dan Trading Ternama

PT. Kunango Jantan Group (PT. KJG) merupakan kelompok perusahaan yang fokus dalam penyediaan, pemesanan, dan distribusi material baja dan beton siap pakai untuk industri konstruksi, kelistrikan dan pertambangan, telekomunikasi dan perhubungan.

Kini, PT KJG sudah menjadi Salah satu perusahaan terdepan di Sumatera dalam bidang Manufacture dan Trading. Profil PT Kunango Jantan Bisa anda baca disini > Profil PT Kunango Jantan Group

Apa saja sebenarnya yang membuat PT. KJG menjadi sebuah perusahaan besar dalam industri Manufacture ? Berikut beberapa alasan versi saya Dibalik Kesuksesan PT. Kunango Jantan Group.

Kepemimpinan Yang Kuat

Jika kita berbicara tentang Kunango Jantan, tentu tidak lepas dari sosok owner dan founder Kunango Jantan yaitu Bp H. Asril. SH. Beliau Adalah seorang pemimpin yang tegas yang mampu membawa dan menentukan arah tujuan yang tepat.

Sebelum jadi pengusaha, Bp. Asril adalah seorang pemain sepakbola PSP Padang beliau bermain dari tahun 1978 hingga 1987. Posisi beliau dalam tim adalah sebagai Stopper dan Gelandang bertahan. Posisi tersebut memiliki peran sentral dalam sebuah tim, karena pemain pada posisi tersebutlah yang memberikan irama permainan, baik itu dalam menyerang maupun bertahan.

Midfielder, atau yang biasa kita sebut gelandang memiliki peran besar dalam tim sepak bola. Pemain midfielderlah yang pertama mematahkan serangan lawan dan juga pemain yang menyuplai bola ke tim penyerang.

Dengan posisi tersebut maka sedikit banyak telah memberikan Bp. Asril kemampuan mengorganisir dan koordinasi antara pemain bertahan dan menyerang.

Pada tahun 1988 Bp Asril berhenti dari sepakbola dan mendapati kondisi finansial yang kurang, Sehingga tidak memiliki tabungan untuk membuka usaha.
Saya dan Bp H. Asril. SH
Berbekal dengan keberanian dan tekad yang kuat dan juga rekan yang didapat saat menjadi pemain sepakbola, maka beliau pergi merantau ke Jakarta dan mulai menyuplai kebutuhan dan material yang dibutuhkan oleh pemborong di Sumatera Barat dan Riau.

Pada saat itu pembangunan di Daerah, terkhususnya Sumatera barat dan Riau dalam kondisi peningkatan yang sifnifikan sehingga permintaan material cukup tinggi.

Lalu pada tahun 1991 beliau kembali ke Padang dan menjadi mitra Perusahan PT. PLN  (persero) untuk memasok barang barang kebutuhan jaringan listrik

Berbekal pinjaman maka beliau mendirikan Kunango Jantan Pada Tahun 1993 yang pada awalnya perusahaan yang bergerak dalam bidang supplier dan Trading. Perusahaan tersebutlah yang akan menjadi cikal bakal PT. Kunango Jantan Group.

Dengan motivasi yang kuat maka beliau bekerja keras untuk membangun kunango jantan menjadi sebuah perusahaan supplier yang dikenal banyak orang.

Keinginan tersebutpun akhirnya terwujud, kunango jantan berkembang dengan pesat dan menjadi perusahaan ternama yang memasok material di sumatera barat dan Riau pada saat itu.

Pada tahun 1998 hal yang tidak diduga duga  terjadi, bisnis beliau mengalami kemunduran dan bahkan mencapai titik nol. Semua aset dijual sehingga beliau tidak memiliki aset apapun lagi.

Pada titik ini, beliau mengalami kebangkrutan dimana semua aset perusahaan dan aset pribadi ikut terjual untuk menutupi kebangkrutan bisnis beliau.
Bp. H. Asril. SH: Saya benar-benar jatuh ke titik terendah waktu itu. Saya jadi sangat dekat dengan Tuhan, saya pasrah. Pada saat itu baru saya sadar, bahwa niat saya mendirikan perusahaan itu salah. Saya hanya memikirkan uang, saya hanya memikirkan diri sendiri. Dalam sujud, dalam doa, saya meminta kepada Allah supaya mengampuni kekhilafan saya. Saya juga berjanji, kalau nanti bisa membangun perusahaan lagi, tujuannya adalah untuk berbuat bagi masyarakat, untuk berbagi
Tidak butuh waktu lama, Sebagai seorang yang punya jiwa pantang menyerah akhirnya beliau kembali merintis usaha dari nol. Dimana pada tahun 1999 beliau membuka bengkel kecil dengan karyawan sebanyak 20 orang. Tiga  tahun kemudian yakni pada tahun 2002 beliau membeli sebidang lahan seluas setengah hektar untuk dijadikan workshop.

Pada akhir tahun 2004 beliau diberikan kesempatan oleh Allah Swt untuk ikut berpartisipasi membangun kembali prasarana daerah Aceh yang terkena Tsunami. Perusahaan beliau mendapat order yang banyak berupa tiang listrik untuk memulihkan jaringan listrik di Aceh.

Saat orderan tiang listrik itulah momentum kebangkitan beliau dengan bisnisnya, dimana setelah itu beliau dapat membangun sebuah hotel syariah di Padang, yaitu hotel Bunda.

Kemudian Beliau kembali membeli lahan yang pada awalnya seluas 8 hektar di pekanbaru lalu pada tahun 2008 membangun anak perusahaan kunango jantan beton dipekanbaru yang kemudian pada tahun 2012 kembali memperluas area Kunango jantan beton dengan kembali membeli lahan seluas 12,5 hektar.

Pada 2013 Beliau kembali membangun pabrik tiang besi melalui anak perusahaan PT Tiga Pilar Sakato. Kemudian pada tahun 2014 membangun pabrik Galvanis pertama di sumatera dengan anak perusahaan PT Karya Empat Pilar.

Selain hotel Bunda yang dipadang, beliau juga memiliki 2 hotel di Bukittinggi, yakni Hotel Bunda dan Grand Bunda Hotel .

Loyalitas Orang Terdekat

Dalam membangun kembali PT. KJG, Bp. H Asril SH memiliki beberapa karyawan dan irang terdekat yang memiliki loyalitas tinggi, Dimana pada saat jatuh di titik terendah orang orang tersebut masih tetap bertahan dan ikut membangun dan mewujudkan Visi dan Misi Bp. H Asril SH.

Sebut saja salah satu contoh seperti Bp Adril, SH Selaku Direktur Cabang Kunango Jantan Pekanbaru yang merupakan Salah satu orang yang ikut berpartisipasi mendukung visi dan cita-cita Bp. Asril SH dari titik terendah. Dan masih banyak lagi nama nama lainnya.

Kepemimpinan Dengan Orientasi Kekeluargaan dan Kesejahteraan Karyawan.

Bp. H Asril dalam memimpin PT Kunango Jantan Group memiliki orientasi kekeluargaan dimana sangat memperhatikan kesejahteraan karyawan. Dalam setahun karyawan bisa mendapat gaji sebanyak 18 kali dan beliau juga berniat  dan bertekad kedepannya untuk bisa menggaji karyawan sebanyak 24 kali.

Selain itu beliau juga memfasilitasi koperasi karyawan agar koperasi tersebut bisa menambah penghasilan diluar gaji karyawan.

Dengan prioritas kesejahteraan karyawan maka kinerja karyawan dalam bekerja bukan hanya sekedar mencari uang tapi juga turut berpastisipasi membangun perusahaan yang berkembang dan bermanfaat bagi khalayak ramai.

Sedekah, Dan Agenda Sosial Yang Bermanfaat Bagi Banyak Orang

Dibalik layar, PT Kunango Jantan memiliki banyak agenda dan acara yang benar benar sangat membantu dan bermanfaat bagi warga yang kurang mampu dan membutuhkan. Acara tersebut memang tidak dipublikasikan, Misalnya sering melakukan kegiatan dengan mengundang anak anak Panti asuhan. Dan Juga PT Kunango Jantan selalu membayar zakat perusahaan dengan tepat waktu, dan yang tidak kalah penting lagi pembagian daging kurban untuk warga sekitar.

Allah subhanahu wa ta’ala sudah menjanjikan bahwa setiap umatnya yang berinfaq maupun bersedekah di jalan Allah ta’ala, tak akan pernah merasa berkurang hartanya, malah Allah akan menggantinya berkali-kali lipat dari yang ia keluarkan.

Allah berfirman, “Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rizki yang terbaik.” (Saba’/34 : 39).

Kemudian, Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberitahukan kepadanya, “Allah Yang Mahasuci lagi Mahatinggi berfirman, ‘Wahai anak Adam!’ berinfaklah, niscaya Aku berinfak (memberik rizki) kepadamu.”

Demikianlah beberapa alasan kesuksesan PT. Kunango Jantan Group, Dari Nol Hingga Menjadi Manufacture dan Trading Ternama. PT Kunango Jantan Group kini telah menjadi perusahaan daerah yang berskala nasional.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang dikutip dari surabaya.bisnis.com Pernah mengajak PT Kunango Jantan, untuk membangun pabrik di daerahnya. “Kami apresiasi perusahaan lokal yang tumbuh pesat dan berkontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” katanya saat mengunjungi pabrik PT Kunango Jantan di Padang, Selasa (20/2/2018).

Dia juga mendorong perusahaan – perusahaan lokal, terutama di Surabaya untuk meningkatkan inovasi dan kompetensi agar mampu bersaing dengan perusahaan besar lainnya, sehingga ikut berkontribusi dalam pembangunan.

Termasuk juga mendorong Kunango Jantan Grup berekspansi ke wilayah Jawa Timur, sehingga bisa transfer ilmu dan menularkan semangat perusahaan kepada pengusaha – pengusaha lokal lainnya.

Artikel disusun dari bisnis.com dan berbagai sumber

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Dibalik Kesuksesan PT. Kunango Jantan Group, Dari Nol Hingga Menjadi Manufacture dan Trading Ternama"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel