5 Fitur Tersembunyi Microsoft Word 2007 dan 2010 Yang Sangat Bermanfaat

Microsoft word adalah salah satu perangkat lunak yang wajib ada pada setiap komputer. Baik itu komputer kantor maupun laptop mahasiswa/pelajar. Microsoft word telah banyak membantu membuat berbagai macam laporan, makalah dan tugas ataupun pekerjaan lainnya.

Microsoft banyak mengeluarkan perangkat lunak standard yang wajib ada seperti word, excel ataupun powerpoint. Dalam urusan ketik mengetik maka microsoft word yang umumunya dipakai oleh semua orang.

Saya yakin anda pasti sudah tidak asing lagi dengan perangkat lunak microsoft word. Namun tahukah anda, bahwa sebenarnya ada beberapa fitur yang jarang diketahui oleh banyak orang. Padahal fitur tersebut akan sangat membantu dan mempermudah urusan pekerjaan ataupun tugas anda di Microsoft word. Apa saja fitur tersembunyi tersebut? Berikut 5 Fitur Tersembunyi Microsoft Word 2007 dan word 2010 Yang Sangat Bermanfaat yang wajib anda ketahui.

Mengubah Huruf Kapital (Huruf Besar) Ke Non Kapital dan Sebaliknya

Fitur ini akan sangat membantu jika ingin mengubah penggunaan huruf besar secara cepat. Terkadang saat mengetik kita kebablasan sudah mengetik beberapa kata dan ternyata ada penggunaan huruf kapital yang tidak sesuai dan ingin diperbaiki.

Jika kata yang sudah diketik terlalu banyak tentu akan sangat merepotkan jika harus mengubahnya satu persatu. Adapun cara tercepat yang bisa anda lakukan adalah dengan memblok semua kata kata dan menekan tombol Shift+F3 pada keyboard.

misalnya seperti berikut, blok kata kata yang ingin kita rubah seperti berikut ini.
Lalu kemudian tekan tombol Shift+F3 pada keyboard secara bersamaan satu kali, maka akan berubah seperti berikut,
Kemudian jika masih ingin merubahnya dengan kapital semua, tekan Shift+f3 sekali lagi hasilnya akan seperti berikut
Silahkan pilih sesuai kebutuhan anda, dan blok kata kata semua kata yang ingin anda rubah. Satu paraghrap penuh juga bisa. Dan tentu ini jauh lebih mudah dan cepat jika harus mengubah atau mengetik ulang.

Berpindah Secara Cepat Ke Bagian Sebelumnya

Fitur ini sangat bermanfaat jika anda sedang mengerjakan tugas/laporan anda dengan jumlah yang sangat banyak. Misalnya saat mengerjakan skripsi maka fitur ini akan sangat membantu. Dengan fitur ini kita hanya cukup menekan Shift+f5 maka kita akan kembali kebagian sebelumnya tempat kursor kita.

Misalnya begini, kita sedang mengetik kata pada halaman 100 , dan ternyata dari data yang kita ketik tersebut kita harus merubah data/kata pada halaman 16. lalu kita pergi kehalaman 16 untuk mengubah 1 kata. kemudian saat kita ingin kembali ketempat kursor kita tadi saat mengetik di halaman 100 maka cukup dengan menekan shoft+f5, Praktis bukan? misalnya seperti berikut

Kita sudah sampai pada halaman 100
Lalau ternyata ada yang harus dirubah pada bab 1 diawal kemudian kita kembali ke bab 1 tersebut dan mengubahnya.
Setelah selesai mengubah pada bab 1 kemudian tekan shift+f5 maka kursor kita akan kembali ke tempat terakhir kita sebelumnya pada halaman 100.

Mulai Mengetik Di lembar Kerja Bagian Mana Saja Pada Word

Jika anda ingin langsung mengetik kebagian bawah dan pada bagian atas halaman masih kosong maka caranya hanya dengan mendouble klik pada tempat yang akan kita tuju. Tentu cara ini sangat mudah dibanding harus enter atau mengetik spasi berkali kali.

Memblok Satu Paragraph Dengan Cepat

Jika ingin memblok satu paragrap dengan cepat maka cara mudahnya cukup hanya dengan mengklik salah satu dari kata pada paragrap tersebut 3x.

Melakukan Multiple Cut dan Paste

Jika anda ingin melakukan cut pada beberapa kata atau kalimat pada tempat berbeda maka anda bisa menggunakan tombol ctrl+f3 pada keyboard kemudian paste pada tempat yang dinginkan dengan tombol ctrl+shift+f3, metode ini biasa disebut 'spike'. Mungkin anda berpikir, kenapa tidak menggunakan ctrl+x dan ctrl v ?

Perbedaan mendasarnya ada pada proses cut dimana dengan ctrl x kita hanya bisa melakukan satu kali cut dan harus segera mempaste nya dulu.

Biar lebih mudah lihat gambar berikut,
Setelah itu jangan langsung dipaste kemudian pilih kata lain lagi lalu tekan ctrl+f3, lakukan terus sebanyak yang anda butuhkan. kemudian tekan ctrl+shift+f3 untuk mempaste semua kata/kalimat yang telah kita pilih. Maka semua kata/kalimat akan dipaste dalam satu tempat.

Demikianlah 5 Fitur Tersembunyi Microsoft Word 2007 dan 2010 Yang Sangat Bermanfaat yang tentunya wajib anda ketahui.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "5 Fitur Tersembunyi Microsoft Word 2007 dan 2010 Yang Sangat Bermanfaat"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel