7 Produk Gagal Google Yang Akhirnya Di Tutup

Google, Sebuah perusahaan raksasa yang menguasai internet sudah sangat tidak asing lagi bagi semua orang. Dengan mesin pencarinya, google search adalah tempat bertanya disaat butuh jawaban. Bahkan tidak jarang ada ungkapan "Semua ada pada Mbah Google".

Google yang kita lihat sekarang ini adalah hasil perjuangan panjang untuk mencapai posisi sedemikian rupa hingga sampai seperti sekarang.

Saat Yahoo Search masih berjaya, Google masih berada dibawah bayang bayang Yahoo dan pada akhirnya berhasil menyalib posisi yahoo dan berada di puncak posisi search engine yang paling banyak digunakan.

Dari Dulu, Google telah banyak melakukan berbagai macam eksperimen dan inovasi untuk dapat bertahan di dunia maya. Salah satu ide dan inovasi google adalah  dalam pencarian dan direktori Video, oleh karenanya maka google membuat inovasi Google Video, dan karena Google video tidak berkembang maka Google Video Ditutup. Lebih mudah untuk mengembangkan dan mengakuisisi YouTube.

Lalu apa saja 7 Produk Gagal Google Yang Akhirnya Di Tutup? Berikut 7 Produk Gagal Google Yang Tidak Berkembang dan Akhirnya Di Tutup.

Google Video

Sebelum Google mengakuisisi YouTube, google menciptakan produk google video. Layanan Google ini adalah saingan youtube sebelum diakuisii. Begitu google mengakuisisi YouTube dengan nilai $ 1.6 Miliar maka google video sempat mengalami beberapa perubahan sampai akhirnya google video ditutup.

Google Wave

Google Wave Pertama kali muncul pada tahun 2009, Dibanding dengan produk gagal google yang lain maka bisa dibilang google wave adalah produk yang paling gagal total.

Awalnya Google Wave di prediksi akan menjadi pesaing kuat dari facebook. Namun ternyata Google Wave malah jatuh dan terpaksa di jual oleh Google.

Google Wave memiliki banyak fitur canggih salah satunya membantu mengubah email menjadi suara, lagu maupun video dan dikirimkan ke pemilik akun lainnya. Namun sayang sekali layanan ini gagal berkembang di pasaran karena penggunaannya yang sulit dan sangat kompleks. Sekarang Google Wave telah diserahkan ke Apache Software Foundation dengan nama Apache Wave.

Google Answer
Google Answer, dari namanya saja jelas kalau produk ini merupakan pesaing Yahoo Answer. Prinsipnya sama seperti yahoo answer dimana dengan google answer pengguna dapat mengajukan pertanyaan dan mendapat jawabannya dari pengguna yang lain.

Layanan ini ditutup karena tidak ada perkembangan. Pengguna lebih suka bertanya langsung ke Google Search dan mendapatkan jawaban lebih cepat dari hasil penelusuran dari pada harus bertanya ke Google Answer.

SearchWiki, Knol, dan Sidewiki

SearchWiki, Knol, dan Sidewiki, adalah beberapa Produk google yang diciptakan untuk menyaingi Wikipedia (2008). Layanan dari produk terebut dalam bentuk ekstensi browser. Namun produk ini gagal. Knol ditutup pada Mei 2012. SearchWiki berhenti beroperasi pada akhir tahun 2010. Dan Sidewiki terhenti layanannya pada September 2011.

Google Buzz
Google buzz merupakan salah satu produk google yang dimaksudkan untuk mempermudah berbagi dalam berbagai aktivitas online antara user Google dan akun Gmail. Namun sayang sekali pada pengaplikasiaannya Google Buzz dikritik karena masalah privasi atau keamanan pribadi pengguna.

Masih jelas terngiang bagaimana Google begitu menggembor-gemborkan layanan ini delapan tahun lalu. 2010, Google Buzz bahkan diintegrasikan ke Gmail dan muncul di laman situs-situs internet bersanding dengan tombol Like Twitter dan Tweet Facebook. Google Buzz resmi tumbang pada 2011.

DodgeBall

Doodge Ball didirikan Dennis Crowley pada tahun 2005. Pada tahun yang sama google mengakuisisi Dodgeball dan bertepatan pada tahun yang sama dengan google mengakuisisi Android.

Setelah 2 tahun tidak ada kepastian di google dan tidak ada perkembangan, maka 2 tahun kemudian Dennis Crowley Keluar dari Google dan mendirikan FourSquare yang bisa dikatakan sukses hingga kini.

iGoogle

iGoogle adalah homepage yang bisa dikostumasi, layanan ini memungkinkan pengguna untuk memilih kutipan, gambar dan widget lain yang bisa ditampilkan. iGoogle mengecewakan bagi penggemarnya. Layanan ini dihentikan pada tahun 2013 ketika itu digantikan oleh Google+.

Demikianlah 7 Produk Gagal Google Yang Akhirnya Di Tutup. Selain memiliki produk gagal, google juga memiliki banyak produk yang akhirnya sukses dipasaran dan bahkan melewati pesaingnya. Seperti GoogleMail yang akrab disapa Gmail, Blogger, Android, Youtube, GoogleAds, GoogleMap, Google Play, Picassa, Nexus, Google Drive, Google Chrome dan masih banyak lagi.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "7 Produk Gagal Google Yang Akhirnya Di Tutup"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel