Cara Ubah Nama di Kartu Keluarga (KK) KTP Sebagai Solusi Salah Nama Di Ijazah

Banyak yang tidak menyadari, kesalahan penulisan nama di ijazah jika tiba saatnya akan membawa masalah besar saat akan pemberkasan. Kesalahan penulisan nama ini seperti boom waktu yang akan meledak jika waktunya tiba dan akan membawa masalah yang lumayan serius, Seperti pada saat pemberkasan CPNS ataupun saat mendaftar Bintara POLRI ataupun TNI.

Kesalahan penulisan nama seperti apa yang dimaksud? apakah misalnya namanya Ferguso berubah menjadi Alesandro ? kalau perubahan seperti itu tentu cepat disadari dan segera melakukan perubahan.

Tapi yang dimaksud ini adalah seperti 'Zulfikar' di akta kelahiran dimana nantinya data KK diambil dari data Akte lahir,  tapi tenyata penulisan di ijazah adalah Zul Fikar, Namanya Serupa kan? ya, disinilah berlakunya perihal "serupa tapi tak sama". Perbedaan terletak pada spasi antara l dan f,  jika di sebut/dibaca tidak ada perbedaan yang jelas. Tapi akan jadi masalah saat input data nama,  dimana jumlah karakter bertambah.  Atau contoh lain Nama di akte adalah Nur Ida Rahmah, terus nama di ijazah Nurida Rahmah. Kelihatan bedanya kan ? satu contoh lagi, Lili Amelia ditulis di Ijazah Lily Amelia.

Perbedaan nama seperti ini kadang tidak disadari orang tua pemilik nama tersebut, kenapa saya bilang orang tuanya ? karena usut punya usut, biasanya kesalahan ini terjadi pada saat anak akan didaftarkan orang tuanya pada sekolah dasar. Tentu si Anak sebagai pemilik nama belum menyadari hal ini, setelah ijazah SD keluar maka resmi sudah nama Di ijazah sudah berubah.

Jika di Ijazah SD sudah berubah, maka akan terus dipergunakan ke sekolah tingkatan selanjutnya karena nama akan disamakan dengan ijazah dari sekolah tingkatan sebelumnya sampai ke tingkatan perguruan tinggi.

Dan hal buruknya, perbedaan nama tersebut baru di sadari saat akan mendaftar CPNS, Polri atau TNI. Lalu pada saat hal tersebut terjadi maka dalam waktu singkat, tentu harus mengubah nama di ijazah SD, SMP, SMP, S1.

Setelah di cek, ternyata struktur kepala sekolah SD yang lama sudah bertukar, no sekolah sudah berubah karena pemekaran dan lain-lain. belum lagi ijazah SMP SMA S1, sungguh ribet bukan?

Biar lebih mudah saya buat point catatan berikut

  1. Merubah nama di KK itu agak ribet.
  2. Merubah nama di Akte Kelahiran itu ribet bet.
  3. Merubah nama di Ijazah itu sangat Ribet dan butuh waktu lama

Solusi terbaik jika nama di ijazah berbeda dengan KK, maka solusi paling mudah diantara yang ribet adalah Merubah KK, tentu dengan merupah KK, maka data di Kartu Tanda Penduduk (KTP) juga akan berubah.

Lalu bagaimana cara mengubah nama di Kartu keluarga (KK) ? Berikut beberapa point pentingnya.

Proses, Syarat, Cara Merubah/Memperbaiki Salah Nama di KK

Proses mengubah nama di KK tidaklah terlalu lama, sekitar 7-14 hari kerja KK baru bisa diambil kembali. Berikut syarat dan prosedur yang harus anda siapkan dan lakukan.

Pergilah ke Ketua RT setempat, minta surat pengantar. Jenis/format surat pengantar yang dimaksud bisa berbeda tiap RT, ada surat pengantar  yang menyebutkan bahwa yang bersangkutan adalah benar warga rt setempat dan ada pula surat pengantar yang isinya menyebutkan untuk pengurusan KK/KTP.

Yang penting lapor ke ketua RT dan minta surat pengantar ke Kelurahan. lalu setelah dapat surat pengantar, segera berangkat menuju Kelurahan. Tapi jangan lupa untuk membawa fotocopy akte kelahiran sebagai acuan untuk merubah nama.

Setelah sampai di kelurahan, utarakan permasalahan anda ke pegawai kelurahan dan tunjukkan fotocopy akta lahir, nanti anda akan diberikan form isian data kartu keluarga yang untuk pembuatan kartu keluarga baru, ditambah sebuah pernyataan perubahan nama yang ditandangani diatas materai. berikut contoh isian form KK yang harus anda isi, jika mau untuk anda pelajari, silahkan download pada bagian akhir artikel ini.
Isi form yang diberikan tersebut dengan teliti. kalau ada yang kurang jelas tanya saja ke pegawai kelurahan. Jangan Lupa beritahu petugas untuk sekalian meminta pembaruan KTP. Untuk contoh surat pernyataan perubahan data kependudukan bisa anda lihat berikut ini, untuk PDF fullnya silahkan download pada bagian akhir artikel.

Setelah pengisian form selesai, maka form tersebut akan ditanda tangani kelurahan, kemudian segera bawa form yang sudah ditandatangani tersebut ke kecamatan untuk segera ditandatangani Camat. jangan lupa, saat akan meminta tanda tangan pak Camat, dokumen KK asli yang akan dirubah harus diperlihatan atau lampirkan saja bersama dengan Fc fotocopy Akta dan Ktp.

Setelah semua terpenuhi maka segera bawa formulir tersebut ke disdukcapil, berikan form tersebut pada loket yang sesuai untuk pengurusan KK. Setelah form diserahkan, maka anda akan mendapat surat tanda bukti terima di mana di surat tersebut dicantumkan tanggal pengambilan KK atau KTP anda yang baru. Biasanya 14 hari kera KK akan bisa diambil dan biasanya lagi KTP belum siap dan mungkin agak nyusul lebih lama seminggu dari KK.

Jika Dibutuhkan, Silahkan Download form berikut
FORMULIR BIODATA PENDUDUK INDONESIA Download
SURAT PERNYATAAN PERUBAHAN DATA KEPENDUDUKAN WARGA NEGARA INDONESIA Download

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Cara Ubah Nama di Kartu Keluarga (KK) KTP Sebagai Solusi Salah Nama Di Ijazah"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel