Tutorial Cara Membuka Bumper Depan Mobil AYLA/AGYA

Bagi anda yang memiliki mobil lcgc buatan Astra Daihatsu ataupun Toyota Astra mungkin belum tau bagaimana cara membuka bumper depan. Pada dasarnya Ayla dan Agya sama saja cara membuka bumpernya, titik titik baut dan klipnya sama saja. Lalu Buat apa kita nyopotin bumper depan?

  1. Perlu, kalau mau ganti klakson after market. Karena biasanya kalo pasang dibengkel atau toko asesoris kalau montirnya males asal nemplok dan bunyi aja klakson nya dianggap beres. Kadang malah klakson nya ditemplokin di lubang baut deket pangkal shockbreaker depan. Klakson nya dibunyiin malah ruang mesinnya yang berisik dan suara klakson nya masuk ke dalam kabin.
  2. Perlu, kalau mau pasang foglamp atau DRL tambahan.
  3. Untuk kebutuhan lainnya silahkan anda tambahkan

Baiklah, Mari kita mulai tutorialnya.
Secara garis besar terbagi dari 3 bagian :
1. Ngelepasin tatakan dan plat nomer.
2. Ngelepasin kabel foglamp.
3. Ngelepasin bumper.

BAGIAN PERTAMA : MELEPAS TATAKAN DAN PLAT NOMER
Gambar 1
Masukkan/tusukkan obeng minus kedalam celah/lubang pada klip pemegang plat nomor. Tekan atau congkel dengan obeng hingga terbuka dan terlihat sekrup dengan kepala kembang/plus. Lihat gambar 1 untuk lebih jelas.

Gambar 2
Buka Sekrup menggunakan obeng kembang/plus. Setelah sekrup terlepas, tarik klip pemegang plat nomor kearah bawah dengan tangan hingga terlepas
Gambar 3
Selanjutnya tinggal menarik nomor kearah depan sedikit kemudian kearah bawah hingga terlepas. Klip pemegang pada bagian atas tidak bisa dilepas dan tidak perlu dilepas.

Gambar 4
Setelah pelar nomor dilepas maka terlihat dua buah baut. buka kedua baut menggunakan kunci nomor 10.

BAGIAN KEDUA : MELEPAS KABEL FOGLAMP
buka dan lepaskan tiga klip pancing nomor 1,2 3 pada spatboard kanan dan kiri. Pada gambar adalah spatboard depan kanan. untuk spatboard kiri posisinya juga sama.
buka dan lepaskan klip kancing no 4 dan 5 dan lepaskan baut (no 6) menggunakan kunci 10. Pada contoh diatas menggunakan sisi bawah kanan, untuk sisi kiri bawah (lingkaran Merah) juga sama terdapat 2 kancing klip dan 1 baut yang harus dilepaskan
Setelah klip dan baut nomor 1-6 telah dilepaskan tarik ujung bumper menggunakan tangan, memang agak keras jadi perlu tenaga sedikit. Tarik searah dengan panah kuning hingga seluruh bagian samping terlepas hingga batas panah merah. tarik secara bertahap dengan gerakan halus, jangan dihentak. bila perlu ubah posisi tangan dari ujung ketengah sambil menarik bumper.
Persiapkan alas yang halus/lembut untuk meletakkan bumper supaya cat bumper tidak lecet terkena lantai.
Tahap terakhir sebelum bumper terlepas/copot dari body. buka dan lepaskan ke 4 klip kancing pada bagian atas bumper yang menempel pada besi rangka depan.

Hati hati karena ke 4 kancing ini adalah pegangan bumper yang terakhir jadi waspada bumper bisa terjatuh, jadi harap pegang bumper baik baik/

ke 4 klip kancing ini memang sengaja dilepas terakhir supaya bagian atas bumper tidak tergantung ke depan saat melepaskan klip kancing bawah.
lepaskan bumper dengan kedua tangan, posisikan sedemikian rupa sehingga bagian bawah terlepas lebih dahulu baru bagian atas dilepas dengan sedikit diangkat keatas sambil ditarik ke depan. Bumper cukup ringan untuk diangkat seorang diri.
Bumper sudah copot dengan sempurna, apa bila tidak ingin pakai alas untuk meletakkan bumper, bisa memposisikan bumper secara berdiri horizontal dengan disandarkan ke tembok.

TIPS TAMBAHAN

Cara melepaskan klip kancing plastik:

  1. Gunakan ukuran obeng minus yang sesuai
  2. tusuk/congkel pentolan klip kancing
  3. putar obeng hingga pentolan terangkat
  4. cabut klip kancing dengan tangan 
Jangan kuatir dengan klip kancing yang patah saat dibuka, karena banyak tersedia di toko onderdil mobil dengan harga bervariasi antara 3 ribu-5ribu perbuah untuk klip seperti contoh diatas. Sebaiknya sebelum membongkar bumper disediakan klip kancing cadangan untuk jaga jaga kalau ada yang patah.
Selalu biasakan bekerja dengan rapi. Sediakan tempat untuk menampung semua mur, baut, klip kancing yang di lepas agar tidak hilang. Selain itu agar mudah mengetahui apabila setelah selesai memasang bumper ternyata masih ada sisa baut/klip artinya ada yang kelewatan saat memasangnya.

REKOMENDASI OLEH AGAN G.I. JOE UNTUK TEMPAT PEMASANGAN KLAKSON AFTERMARKET 

Tempat yang saya rasa ideal untuk pasang klakson. Di pasang dengan baut pada besi rangka body yang melintang di depan. Suara klakson langsung keluar karena didepan klakson ada lubang grill. Kekurangannya harus membuat lubang (dibor) pada besi rangka tersebut.

Tutorial by G.I JOE - kaskus.co.id/profile/682027

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Tutorial Cara Membuka Bumper Depan Mobil AYLA/AGYA"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel