Passing Grade CPNS Diturunkan, TWK 75 TIU 80 TKP 126 Usulan Pemerintah Daerah Bangka Belitung

Dengan banyaknya peserta CPNS 2018 yang tidak lulus passing grade yang ditentukan oleh Menpan-RB ditanggapi dengan serius oleh berbagai kalangan. Panselnas sebagai penyelenggara sedang mempertimbangkan usulan dari berbagai lembaga.

Menanggapi kejadian tersebut, pemerintah daerah bangka belitung mengajukan usulan untuk merubah sistem passing grade yang berlaku. Usulan ini ada karena dari hasil penyelenggaraan seleksi kemampuan dasar dilingkungan pemerintah daerah bangka belitung yang lulus Ujian SKD yang dilaksanakan dari tanggal 5-10 November 2018 hanya sebanyak 4.3 % dari jumlah yang hadir ikut ujian SKD.

Adapun usulan dari lingkungan pemerintah Daerah Bangka Belitung  yaitu, Nilai TWK 75 (Tujuh puluh lima), TIU 80 (Delapan puluh), dan TKP 126 (Seratus Dua Puluh Enam).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin mengungkapkan, banyak peserta CPNS 2018 yang tidak lulus ujian seleksi kompetensi dasar (SKD).

"Iya banyak yang nggak lolos (ujian SKD)" katanya saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis .

Syafruddin menyampaikan penyebab banyaknya peserta yang tidak lulus ujian karena standar kelulusan yang diterapkan dalam ujian dinilai sulit. Namun dia belum bisa menyebutkan berapa persentase peserta yang gugur. Hal itu karena ujian masih berlangsung."(Banyak yang tidak lulus ujian SKD) karena sulit (tesnya)" sebutnya.

Bahkan kata dia, standar kelulusan yang diberlakukan tahun ini lebih berat dibandingkan rekrutmen CPNS tahun sebelumnya.

"Ya lebih sulit sekarang, karena passing grade-nya dinaikkan supaya lebih kompetitif," paparnya.

Melihat banyaknya peserta CPNS yang tidak lulus ujian SKD membuat Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Tes CPNS akan melakukan evaluasi.

"Dibiarkan dulu ini (pelaksanaan seleksi) selesai, nanti panitia seleksi akan memutuskan kembali langkah langkah selanjutnya," jelasnya.

Banyaknya peserta yang tidak lulus pun dikhawatirkan membuat banyak formasi CPNS di suatu instansi malah jadi kosong. Mengenai itu, pihaknya juga akan membahas bersama tim Panselnas.

"Iya nanti itu akan ada tindak lanjut, tidak akan ditinggalkan lah itu. Nanti akan diputuskan, akan dirapatkan kembali di panitia seleksi," tambahnya.

Jika ditelusuri kebelakang dari seleksi CPNS pada tahun sebelumnya dimulai dari Seleksi CPNS 2013, nilai TWK 75 (Tujuh puluh lima), TIU 80 (Delapan puluh), dan TKP 126 (Seratus Dua Puluh Enam) hampir sama dengan nilai passing grade pada seleksi cpns tahun 2014.

Dimana pada tahun 2014 passing grade CPNS adalah 72% dari nilai maksimal Tes karakteristik pribadi (TKP) yaitu 126. Dan pada seleksi CPNS Tahun 2018 passing grade CPNS TKP menjadi 143.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Passing Grade CPNS Diturunkan, TWK 75 TIU 80 TKP 126 Usulan Pemerintah Daerah Bangka Belitung"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel