Itaipu Dam Hydroelectric Plant Brazil, Power Plant Terluas Di Dunia

Salah satu dari tujuh keajaiban rekayasa engineering menurut daftar yang disusun oleh Asosiasi Teknik Sipil Amerika Serikat, setelah mendengar dari spesialis dari seluruh dunia, yaitu: Itaipu Hydroelectric Plant. Pembangkit ini merupakan pembangunan bersama antara Brasil dan Paraguay.Terletak sejauh 29.5 Km dari Foz do Iguaçu International Airport.

Pembangkit listrik ini bertanggung jawab untuk hampir 20% dari konsumsi listrik Brazil dan lebih dari 80% dari Paraguay. Terbesar di dunia dalam hal pembangkit listrik, Itaipu dibentuk oleh bendungan berukuran panjang 170 Km dan lebar ratarata 7Km dan tinggi 196 meter, dengan luas wilayahnya mencapai 1350 Km2 , setara dengan bangunan 65 lantai.

Pembangunan bendungan mebutuhkan 12,3 juta meter3 beton, setara untuk membangun 210 stadion sepak bola. Menggunakan besi dan baja yang setara untuk membangun 380 menara seperti menara Eiffel di Paris. Spillway milik pembangkit, digunakan untuk mengalirkan air, tidak digunakan untuk pembangkit, memiliki kapasitas untuk melepaskan 62.200 m3/s, 40 kali lebih banyak dari rata-rata aliran Iguassu Dam.

Sejak berdirinya, Itaipu telah memperhatikan perhatian besar dalam konservasi lingkungan. Pada saat membentuk reservoir, yang meliputi area seluas 1.350 km2, operasi skala besar dilakukan memindahkan hewan dari daerah akan dibanjiri, akan kemudian dikembalikan ke alam.

Itaipu meluncurkan program reboisasi terbesar yang dikembangkan di dunia oleh pembangkit listrik tenaga air, dengan menanam lebih dari 20 juta bibit pohon asli di daerah perlindungan waduk, termasuk pemulihan sungai dan mata air di seluruh Paraná 3 Basin. Pada pembangunannya populasi penduduk sebanyak 10.000 keluarga dipindahkan.

Itaiupu Dam dibangun pada tahun 1984, menghasilkan 90.000 Giga Watt listrik setiap tahun. Pada tahun 2000, kapasitas pembangkit Itaipu- Spillways & Reservoir Itaipu mencapai 93.400 Giga watt-jam (kWh). Jumlah ini sangat tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan listrik London terus-menerus selama 3 tahun. Reservoir dari Itaipu bendungan berukuran 100 m (330 kaki) yang mendalam dan memiliki ukuran yang sama dengan daerah Chicago.
Biaya proyek diperkirakan pada waktu itu menjadi 13,5 milyar pound dan selesai pada 7 tahun oleh 40.000 pekerja yang mengambil bagian dalam proyek. konsultan engineer utama proyek ini adalah seorang insinyur Italia bernama Piero Sembenalli.
Sungai dialihkan kembali dengan pengalian sebuah saluran dengan panjang 2km dan kedalaman 80m. Itu menjadi kanal pengalihan terbesar yang pernah dibangun. penggali mekanik yang digunakan untuk menggali kanal pengalihan dan butuh tiga tahun untuk saluran ini akan selesai.
Semenjak 2011 gelar sebagai Power Plant terbesar di Dunia, milik Itaipu diambil alih Three Gorjes Dam , China. Kedua  power plant ini saling “Bersaing “ dalam hal pengasil listrik. Menurut Kantor Berita Cihan, produksi listrik tahunan dari proyek Itaipu hidro melampaui dari Three Gorges pada tahun 2015.
Itaipu, proyek 14.000 MW di Sungai Parana antara Brasil dan Paraguay, menghasilkan 89,2 TWh listrik pada tahun 2015, 2,6% lebih dari 22.500-MW Three Gorges di Sungai Yangtze di Cina. Ini kebalikan dari 2014, di mana Itaipu jatuh kedua Three Gorges, sebagian karena krisis air di Brasil. Pada tahun itu, Three Gorges dihasilkan 98,8 TWh. Kedua tanaman  telah diperdagangkan rekor untuk produksi tahunan beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir. Three Gorges menetapkan rekor tinggi 98,1 TWh pada tahun 2012, kemudian Itaipu memecahkan rekor Three Gorges 'dengan 98,63 TWh pada tahun 2013.

Konstruksi Itaipu Dam

Sebelum pembangunan konstruksi Itaipu dam, kotakota dekat lokasi dibangunkan infrastruktur yang memadai sebagai bagian dari perencanaan kota dan sebagai tanggung jawab moral pembangunan. 9500 dibangun, begitu juga sarana rekreasi, taman, gereja, supermarket, suplai air minum, sistem drainase,jalan raya dan pusat administrasi.

Itapu membangun 300 km jalan setapak, 1000 km jalan kerikil dan 100km lebih jalan beraspal. Sepanjang jalan ini, 1264 m jembatan beton dan kayu dibuat, bersama dengan drainase dan struktur spesial lainnya. Perencanaan pembangunan dilakukan selama 8 tahun (1975-1983) untuk pembangunan & pemasangan peralatan permanen (reservoir & turbin).
Pembangunan Itaipu dibagi menjadi tiga tahapan. Tahap pertama termasuk penggalian saluran diversi, pembangunan strukur diversi dan pemprosesan pendiverisan sungai. Tahap kedua, konstruksi berbagai struktur beton, timbunan tanah dan batu Dam, Penghidupan generator pertama, diakhiri penutupan sungai, mengisi reservoir dan mengoperasikan unit generator pertama.Tahap ketiga, pembangunan ppowerhouse di saluran diversi dan menghidupkan unit generator lain.

Peralatan konstruksi terdiri dari dua kompkek permesinan, dimana dibuat untuk menjamin dapat memproduksi 300.000m3 beton tiap bulannya, dan didinginkan hingga suhu 7o C. Untuk produksi dan casting beton digunakan dua plant penghancur batu, dua plant pendinggin agregat, tiga plant pembuat es, enam plant pencampur beton, dua unit monorail, tujuh mobile cableway yang menghubungkan tepi sungai dan peralatan lain.
Proyek ini membawa pertumbuhan ekonomi yang cepat ke Paraguay, memuncak pada PDB meningkat lebih dari 11% antara tahun 1977 dan 1980. Seiring dengan pertumbuhan ini datang tingginya tingkat kesempatan kerja, meningkatkan standar hidup. ketika ekonomi sedang booming, orang cenderung untuk mengeluh.
Namun, Paraguay sebagian besar tidak dapat mengambil keuntungan dari pangsa listrik yang dihasilkan oleh proyek - perlawanan dari "elit pedesaan" menghalangi negara dari industrialisasi. Sebaliknya, pertanian menjadi area fokus, terutama kapas dan produksi kedelai. Hal ini menjadi masalah: sebagai pembangunan Itaipu dan stimulus ekonomi itu yang disediakan mendekati akhir, daerah itu memasuki resesi dan kedelai dan kapas harga di seluruh dunia yang plummeting.10 ini menyebabkan Paraguay menjadi negara ekonomi yang sangat goyah.

Apa keuntungan dari pembangkit listrik Itaipu? Sama seperti pembangkit listrik tenaga air lain, Itaipu Dam memiliki keuntungan sebagai berikut:
• Produksi energi besar dengan biaya rendah;
• Penggunaan sumber energi terbarukan;
• Pertumbuhan ekonomi;
• sumber energi bersih dan bebas polusi;
• penyedia Ketenagakerjaan.

Apa kerugian dari pembangkit listrik Itaipu? Sama seperti dua sisi mata uang, yang berjasa Itaipu Dam juga memiliki beberapa kelemahan:
• Terganggu kehidupan hewan sungai;
• Perampasan lahan subur oleh banjir;
• Menciptakan maslah migrasi ikan;
• Dampak buruk pada lingkungan, masyarakat, sejarah, dan budaya daerah.

Dampak lingkungan dari pembangunan pembangkit listrik Itaipu adalah Hilangnya flora dan fauna dari daerah dan banjir adalah dampak lingkungan dari pembangunan bendungan. Dampak sosial mencakup relokasi penduduk dan penyitaan tanah. Selain itu, mengubah pola penggunaan lahan, ada juga hilangnya bersejarah serta warisan budaya.

Penulis: Tria Puspita Sari, S.T.- KNOWLEDGE MANAGEMENT Penerapan Teknologi Konstruksi
Daftar Pustaka :
ACSDG Paraguay. 2000. Itapu Hidroelectric Development. MIT. USA. Tersedia: http://web.mit.edu/skd/Desktop/skd/www/itaipu-web.pdf [2 Januari 2017]
Anonim. Itaipu Hydroelectric Plan. Tersedia: www.fozdoiguacudestinodomundo.com.br/en/itaipuhydroelectric-plant [1 Januari 2017]
anonim. 2015. Itaipu Dam in Porto Belo, Brazil. Maps of World. Tersedia: http://www.mapsofworld.com/travel/destinations/brazil/itaipu-dam [2 Januari 2017]
Glavianic, Tonei. 2010. The Itaipu Hydroelectric Project and The Democration in Paraguai.
Inquiries. Tersedia: http://www.inquiriesjournal.com/articles/122/a-river-for-freedom-the-itaipuhyrdoelectric-project-and-the-democratization-of-paraguay [ 2 Januari 2017]
Ingram, Elizabeth. 2016. Itaipu hydro production surpasses Three Gorges in 2015.  HydroWorld. Tersedia: http://www.hydroworld.com/articles/2016/01/itaipu-hydro-production-surpasses-threegorges-in-2015.html [1 Januari 2017]

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Itaipu Dam Hydroelectric Plant Brazil, Power Plant Terluas Di Dunia "

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel