Cara Mengatasi Layar Sentuh (Touchscreen) HP Android yang Tidak Berfungsi

Disaat tiba tiba layar sentuh hp android anda tidak berfungsi maka jangan bingung dulu, bisa saja penyebabnya karena masalah yang masih bisa diperbaiki sendiri.

Handphone saat ini memiliki multifungsi untuk penggunanya, bisa sebagai perangkat komunikasi, hiburan untuk game, ataupun sebagai perangkat untuk browsing internet. Jika tiba tiba layar sentuh tidak berfungsi seperti biasa, maka sebagian pengguna HP akan langsung panik dan karena membutuhkan HP yang normal maka kita akan langsung bawa ketukang service minta touchscreennya di ganti.

Ada baiknya sebelum pergi ke tukang servis HP, Cek dulu HP anda dan atasi Layar sentuh HP anda yang tidak berfungsi dengan beberapa tips berikut ini.

Layar Tidak Berfungsi karena Handphone Jatuh

Saat Ponsel/Hp Anda terjatuh dari tempat tidur, atau dari meja terjatuh kelantai maka kemungkinan kerusakan hp anda masih belum terlalu beresiko. Tapi jika sering terjadi bisa menyebabkan kerusakan pada komponennya.

Jika tiba tiba layar ponsel tidak berfungsi akibat terjatuh dari tempat yang tidak terlalu tinggi, maka coba perbaiki dengan menu kalibrasi layar sentuh.

Dengan menu kalibrasi maka pengaturan layar sentuh akan dikalibrasi kembali ke seperti semula. Pengaturan ini berguna jika ternyata ada parameter/sensor yang berubah akibat proses tumbukan saat ponsel terjatuh.

Jika masih belum normal, Silahkan periksa komponen layar sentuh anda. Jika anda sedikit mahir menggunakan obeng dan sejenisnya, silahkan periksa kabel ic touchscreen. Bisa saja kabel ic layar sentuh terlepas saat ponsel terjatuh.

Handphone Terkena Air

Masalah Layar sentuh tidak berfungsi umumnya disebabkan oleh masalah ini. Handphone/Ponsel terkena air. Ponsel sangat sensitif dengan air. Jika terkena percikan air yang terlalu lama juga dapat menyebabkan layar sentuh kehilangan sensitifitasnya.

Saat diletak didalam saku dan terkena hujan, maka handphone belum tentu dalam keadaan aman. Apalagi jika handphone dibawa berenang alias terendam air, Hp kesayangan anda bisa mati total.

Untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh air, maka matikan secepatnya hp anda begitu mengetahui hp anda terkena air. Bongkar hp anda satu persatu. Untuk lebih aman lihat manual book yang biasanya ada didalam setiap pembelian hp tersebut.

Kemudian angin-anginkan komponen ponsel anda agar kembali kering. tidak disarankan menjemur komponen komponen hp anda dibawah terik matahari. bisa juga dengan meletakkan komponen komponen hp anda dkedalam beras dan biarkan setidaknya selama 24 jam.

Setelah yakin, tidak adalagi butiran butiran air pada komponen hp anda, rakit kembali komponen komponen hp anda menjadi handphone yang utuh seperti semula.

Periksa Kapasitas RAM

Jika RAM sudah penuh, maka ini dapat mengganggu kinerja ponsel anda, selain lelet, hp juga cepat panas dan layar sentuh juga menjadi tidak responsif. Jika ini terjadi pada HP anda, segera cek RAM hp anda dan bersihkan sampah sampah yang tidak perlu.

Selain itu, hapus/uninstal aplikasi yang tidak perlu ataupun yang sudah lama tidak digunakan karena aplikasi tersebut juga bisa memakan kapasitas RAM

Charger Yang Tidak Sesuai

Saat daya habis maka tujuan utama adalah colokan terdekat, begitu dapat colokan langsung cucuk, apalagi yang sedang sibuk main game. Walaupun terkadang charger yang ada bukan lah carger bawaan hp tapi tanpa peduli charger tersebut tetap dicolokkan ke hp.

Nah, jika merasa layar sentuh tidak responsif saat dicharger, segera hentikan proses pencasan, karena charger tersebut tidak cocok dengan ponsel anda. Hal ini sering terjadi jika merk hp dan merk charger berbeda. Daya output masing masing charger berbeda dan daya spesifikasi yang diserap hp juga berbeda beda sehingga sangat disarankan tetap menggunakan charger bawaan HP

Chek Dengan TouchTester

Layar HP masih tidak berfungsi normal ? Kurang responsif ? tapi tidak tau sumber masalahnya ? silahkan cek dengan aplikasi sejenis TouchTester, aplikasi sejenis ini sekarang banyak di playstore.
Untuk masalah yang bisa dicek dengan touch tester adalah masalah software seperti kapasitas RAM yang penuh atau ada aplikasi yang menggangu kinerja layar sentuh.

Demikianlah Cara Mengatasi Layar Sentuh (Touchscreen) HP Android yang Tidak Berfungsi, Semoga Bermanfaat

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Cara Mengatasi Layar Sentuh (Touchscreen) HP Android yang Tidak Berfungsi"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel