Tips Cerdas Membeli Handphone Sesuai Kebutuhan dan Bukan Karena Keinginan

Handphone sekarang ini telah bergeser fungsinya menjadi kebutuhan primer. Pada Mulanya Hp adalah merupakan kebutuhan tersier, Kemudian pada 2000an berubah menjadi kebutuhan sekunder dan kini karena tuntutan jaman handphone menjadi sebuah penunjang yang wajib ada dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Membeli handphone sebenarnya adalah perkara mudah, bawa saja uang sejumlah dana tertentu dan pergi ke toko Hp. Apalagi kita banyak dana berlebih, maka transaksi membeli handphone akan jauh lebih mudah dan sales toko hp pun dengan senyum ramah akan melayani Anda.

Tapi, jika kita berbicara efisiensi, memperhitungkan pemanfaatan dana yang ada sesuai dengan kebutuhan maka jika tidak berpikir dengan cerdas, maka sebenarnya kita bisa saja telah banyak membuang buang dana yang sebenarnya tidak perlu.

Biar lebih paham maksud saya, maka saya analogikan membeli HP itu ibarat kita membeli Cangkul. Jika kita termasuk orang yang butuh cangkul karena untuk pekerjaan menggali tanah maka sudah pas kita membeli cangkul besi dengan gagang kayu seperti yang biasa dijual.

Lalu karena adanya inovasi, sama seperti hp tiap tahun spek bertambah, maka adalah sebuah inovasi yang membuat cangkul berbahan titanium, dengan memakai cangkul tersebut batu yang keras pun bisa terpecah.

Karena ingin ikut perkembangan, maka kita yang sehari hari cuma mencangkul tanah, membeli cangkul titanium tersebut, sehingga efisiensi dan pemakaian kegunaan cangkul tersebut tidak tepat. Cangkul Titaniumnya tidak salah, cangkul tersebut berguna untuk pengguna tertentu, misalkan yang biasa bekerja di tambang.

Yang salah adalah kita, kita membeli cangkul tersebut karena ikut perkembangan jaman, bukan sesuai kebutuhan kita, sehingga dana yang kita gunakan untuk membeli cangkul tersebut tidak tepat. Kecuali kita benar-benar orang yang sangat sangat kaya maka tidak ada masalah walaupun membeli cangkul yang terbuat dari emas. Tapi jika kita benar-benar orang yang kaya tentu pekerjaan kita bukan mencangkul lagi. :D

Saya rasa cukup analoginya, walaupun sedikit kurang pas tapi bisa lah mewakili perumpamaan dalam membeli HP.

Vendor Hp memang cerdas, atau bisa dibilang sedikit licik, Tiap Tahun  entah berapa kali mengeluarkan tipe HP, Misalkan HP merk Samsung atau Oppo dalam 1 tahun 4 kali mengeluarkan HP yang anggap saja tipe XX1. Triwulan pertama tipe XX1 triwulan kedua XX2 dan seterusnya, dan fitur didalam HP tersebut juga ditambah.

Sehingga Seiring berganti Tahun, tipe dan spek hp semakin tinggi.

Nah, Kita sebagai konsumen tentu akan sering melihat iklan Hp terbaru yang digembor gemborkan oleh vendor hp tersebut dan secara tidak sadar pikiran kita digrogoti iklan tersebut, gengsi muncul dan keinginan menjadi jadi untuk membeli HP tersebut.

Sebelum Hal ini terjadi kepada anda maka perhatikan beberapa tips berikut.

Perhatikan Ukuran RAM sesuai Kebutuhan.

Ram 1 GB untuk sekarang ini sudah tergolong kecil, apalagi seiring dengan bertambahnya versi android yang semakin tinggi sehingga membutuhkan yang semakin tinggi, Semakin tinggi RAM maka Harga HP juga akan semakin Tinggi. Jika Anda tipe orang yang suka main game lewat HP, suka editing melalui Hp, Editing Video. Maka belilah HP dengan Setidaknya RAM 2-4GB .

Jika Anda Adalah tipe orang yang menggunakan HP hanya untuk kebutuhan komunikasi, Telpon, sms, chat, WA, Media Sosialan dan sesekali browsing maka RAM kebutuhan HP anda Cukuplah 1-2 GB. Jika Anda tipe orang seperti ini maka dengan membeli hp dengan RAM 4 gb, maka selamat, anda sama saja telah membeli cangkul titanium.

Storage Memori Penyimpanan Handphone

Semakin besar memori penyimpanan, maka harga juga semakin tinggi. Mulai dari 8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB bahkan sampai 1 TB. Jika Anda termasuk tipe yang suka ambil foto, video dan travelling maka pilihlah storage yang agak besar, Setidaknya 16- 32 GB. Karena jika anda ambil storage 64 GB lebih, maka aktifitas anda dalam mengisi 64 GB tersebut sudah sama dengan fotografer profesional, dan tentu jika anda adalah fotografer profesional maka anda tidak akan mengambil foto dan video lagi dengan kamera HP.

Tapi jika Anda punya laptop, komputer pribadi, dan sering online melalui laptop, dan bahkan ikut menemani perjalanan anda kemana saja. maka cukuplah Storage 16 Gb, karena jika lebih dari itu, maka anda juga sudah termasuk membeli cangkul titanium yang kita sebutkan diatas.

Fitur Kamera

Membeli HP dengan Kamera pixel dan kualitas kamera yang tinggi sebenarnya tidak menguntungkan anda jika hanya untuk upload media sosial. Dengan kualitas kamera yang tinggi maka ukurannya pun akan tinggi dan akan memakan memori penyimpanan.

Tapi sekarang masih banyak orang yang berlomba lomba membanggakan MegaPixel Hp nya yang tinggi, sehingga ada anggapan semakin tinggi MegaPixel kameranya maka semakin canggih HP tersebut.

Sebenarnya hal ini harus disesuaikan denga kebutuhan kita, jikalau hanya untuk media sosial, maka 5 MP merupakan sudah lebih dari CUKUP. Sebagai Gambaran, silahkan ambil foto dengan kamera megapixel yang tinggi, misal 24 MP, setelah ada fotonya, silahkan kirim ke teman melalui WA atau upload ke facebook, maka setelah dikirim, lihat kembali ukuran foto tersebut, otomatis ukuran dan size pixelnya dikecilkan WA atau FB tersebut. Misalnya foto yang hasil dari kamera 24 mp sizenya 8 mb dengan ukuran 3400 x 2600 pixel. Jika diupload ke media sosial berubah menjadi 400 kb dengan ukuran 400 x 500 pixel.

Kalau begitu kalau hanya untuk bermedia sosial cukup pake kamera 1 MP atau VGA saja?

Tidak juga, setidaknya 5 mp karena selain dipengaruhi jenis lensa, ukuran 5 mp juga sudah cukup menghasilkan gambar cukup tajam dengan ukuran yang sama dengan kamera yang diambil dengan ukuran 1 mp.

Jika selain bermedia sosial dan sesekali butuh dokumentasi di lapangan, maka kamera dengan 8 mp sudah cukup dan tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak untuk membeli handphone dengan kamera diatas 8 Mp.

Dari Ketiga fitur yang sudah saya sebut diatas, mungkin anda sudah mulai paham apa dan bagaimana maksud saya dalam memlih hp. Pilihlah HP sesuai dengan Kebutuhan, bukan karena keinginan. Begitu juga dalam mempertimbangkan Kapasitas Baterai, ukuran layar dan spek lainnya.

Buat Apa membeli HP dengan mengeluarkan dana yang banyak dengan kapasitas 8000 mah, jika aktifitas sehari hari anda dekat dengan colokan listrik. itu sama saja anda membeli cangkul titanium. :D. Kapasitas baterai 3000 mah saja sudah lebih dari cukup.

Demikianlah ulasan saya kali ini. Semua yang saya sebutkan diatas berdasarkan versi saya mungkin bisa anda sesuaikan dalam memilih hp dengan cerdas. Semoga Bermanfaat.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Tips Cerdas Membeli Handphone Sesuai Kebutuhan dan Bukan Karena Keinginan"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel