5 Cara Mengatasi Komputer yang Sering Restart Sendiri

Apa jadinya sedang sibuk mengerjakan pekerjaan dengan komputer, tiba tiba komputer malah restart. Pekerjaan belum di save membuat kepala pusing karena pekerjaan sejam terkahir jadi sia sia. Kejadian seperti ini tentu tidak diinginkan dan perlu diantisipasi.

Komputer sebagai salah satu perangkat hasil dari kemajuan teknologi sekarang ini sangat membantu umat manusia. Dengan Komputer semua pekerjaan jadi lebih mudah, tiap meja kerja sampai disudut ruangan di perkantoran dihiasi komputer.

Kestabilan dan kelancaran komputer merupakan salah satu penunjang pekerjaan. Sehingga Komputer perlu dirawat dan di jaga sebaik mungkin. Komputer sering restart adalah salah satu masalah pada komputer yang harus dihindari, Apa saja penyebab Komputer yang sering restart dan bagaimana mengatasinya? Berikut 5 Cara Mengatasi Komputer yang Sering Restart Sendiri.

Hard Disk Bad Sector 

Bad sector merupakan momok yang menakutkan bagi komputer, jika hard disk sudah ada sebagian dalam kondisi bad sector, maka CPU akan berat dalam mengakses hard disk tersebut. CPU akan kesulitan menulis dan membaca pada hard disk tersebut.

Jika hard disk sudah mengalami bad sector, maka komputer akan sering restart dan bluescreen. Semakin parah kerusakan pada hard disk maka kejadian restart akan semakin intens terjadi. Untuk menghindari rusaknya hardi disk karena bad sector, maka harddisk perlu di defrag atau data data didalamnya disusun ulang.

Tidak usah repot repot untuk menginstal aplikasi deffraggler, cukup gunakan bawaan windows.
Klik kanan data D, pilih properties, dan klik tab tools lalu klik defragment now. Sering sering lah untuk mendefrag hard disk anda agar tidak terjadi bad sector.

Komputer Overheat

Overhaeat merupakan masalah yang timbul karena komputer dalam kondisi panas, perangkat pendingin tidak berfungsi dengan baik. Sering terjadi pada laptop. Jika komputer mulai kepanasan maka biasanya pertama tama komputer akan ngelag.

Overheat biasanya terjadi karena sirkulasi udara tidak berfungsi dengan baik. Sirkulasi tersumbat oleh debu atau kotoran.

Untuk mengatasi masalah ini, bersihkan casing ataupun kipas dari kotoran dan debu yang menempel.  Ganti thermal paste agar komputer tidak cepat panas. Lebih sering membersihkan komputer dari debu yang melekat. Letakkan komputer ditempat dengan sirkulasi cukup dan tidak panas.

VGA Rusak

Jika VGA rusak, maka akan menyebabkan tampilan pada monitor tidak sempurna. dan menyebabkan gangguan pada prosesor karena pekerjaan prosesor menjadi lebih berat. Maka dengan sendirinya komputer akan restart jika CPU sudah tidak sanggup lagi menjalankan beban tersebut.

Vga yang rusak secara fisik harus diganti, tapi jika vga masih bagus, hal ini bisa disebabkan karena vga bekerja tidak dalam kondisi ideal. Vga kepanasan atau overheat. Solusinya sama seperti komputer overheat, kipas vga lebih sering dibersihkan dan menjaga sirkulasi udara di sekitar VGA mengalir lancar.

Kurangnya Daya pada Power Supply

Daya yang dinput harus sesuai dengan komponen yang digunakan pada komputer, jika tidak maka komponen akan bekerja tidak maksimal, komponen bekerja lebih berat dan akan menyebabkan lag setelah itu komputer akan restart.

Sehingga pakailah power supply yang sesuai dengan komputer. Setidaknya pakailah power supply sebesar 350 watt untuk mengantisipasi kekurangan daya pada komputer.

RAM Rusak

Penyakit restart sering terjadi karena tidak optimalnya prosesor mengakses RAM. RAM kotor sehingga butuh kemampuan extra prosesor mengakses RAM. RAM harus sering dibersihkan, kaki kuningan ram bisa dibersihkan dengan penghapus karet maupun minyak kayu putih. Dengan begitu Port RAM kembali bersih dan akses RAM menjadi cepat dan tidak bermasalah.

Demikianlah 5 Cara Mengatasi Komputer yang Sering Restart Sendiri, semoga bermanfaat.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "5 Cara Mengatasi Komputer yang Sering Restart Sendiri"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel