Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Lengkap Melihat Jumlah Pesaing dalam 1 Formasi Seleksi CPNS

Cara Lengkap Melihat Jumlah Pesaing dalam 1 Formasi Seleksi CPNS
Dalam seleksi cpns tahun ini, para peserta atau pelamar bisa mengetahui sudah berapa jumlah pelamar dalam suatu formasi. Tentu ini adalah kesempatan untuk mempelajari peluang formasi tersebut.

Dengan mengetahui sudah berapa jumlah pelamar, maka peluang terhadap kemungkinan menjadi aparatur negara menjadi terbaca dan bisa di analisa. Tentu hal ini juga berguna bagi yang belum memilih formasi sehingga dapat memilih dan memantapkan formasi mana yang akan dipilih.

Baiklah, tanpa panjang lebar lagi, mari kita lihat bagaimana Cara Lengkap Melihat Jumlah Pesaing dalam 1 Formasi Seleksi CPNS 2019, Tampilan dengan sscn 2019 akan ada penyesuaian, begitu juga jika melalui Handphone, tapi secara garis besar fungsi dan penjelasannya adalah sama, hanya perubahan desain letak dan display. Pada bagian akhir postingan ini (paling bawah), ada Update terbaru bagaimana cara ini dan kenapa sebelumnya dinonaktifkan lalu kini sudah diaktifkan kembali. Jika melalui hp terkendala tidak bisa tampil semua (ada yang terpotong), Aktifkan mode desktop, caranya bisa anda lihat di sini

Pertama buka portal https://sscn.bkn.go.id lalu klik pencarian lowongan sepert yang terlihat pada kotak 1 ( Bisa Juga dengan cara Langsung dengan mengklik link https://sscndata.bkn.go.id/spf ). Setelah di klik akan muncul isian seperti pada kotak 2. dan jika sudah berhasil maka akan keluar list seperti ditunjukkan kotak ketiga pada gambar.

lingkaran hijau sebelah kiri adalah jumlah formasi yang dibutuhkan, sedangkan lingkaran hijau sebelah kanan adalah jumlah pelamar sampai saat waktu pengecekan.

Seperti itulah cara Melihat Jumlah Pesaing dalam 1 Formasi Seleksi CPNS 2018. Tapi dalam pengisian kotak no 2 pada gambar diatas perlu penyesuaian terhadap masing masing formasi . Dan juga butuh sedikit kejelian dalam memilih apa saja yang perlu di isi.

Misalkan, Saya ingin melihat sudah berapa jumlah pelamar di formasi Guru Agama Islam Ahli Pertama di kota pekanbaru. seperti yang ditunjukkan pada formasi berikut.

Maka langkahnya kalau kita ikut mengisi isian tersebut akan di isi seperti berikut.

Dan Ditemukan hasilnya seperti berikut
Butuh ketelitian dan kejelian dalam mengisi isian "filter pencarian berdasarkan". Karena jika tidak sesuai maka yang akan muncul adalah hasil pencarian tidak ditemukan. Misalnya saja pada kolom pendidikan diatas saya isi S-1 Pendidikan Agama Islam, Bagaimana kalau kita mengisi S1 Pendidikan Agama Islam, Tentu Pencarian menghasilkan tidak ada Data.

Sehingga untuk menghindari pencarian yang tidak ditemukan karena kesalahan penulisan seperti penulisan pendidikan atau penulisan lokasi formasi maka sebaiknya cukup isikan Kolom Instansi saja.

Misalnya seperti gambar berikut
Cukup isi instansi Pemerintah kota pekanbaru saja, sehingga meminimalisir kesalahan penulisan pada kolom lainnya. Dan hasilnya akan muncul semua formasi di pemerintah kota pekanbaru.

Lalu jika ingin lebih spesifik lagi isi pendidikan, dan agar tidak salah dalam penulisan, silahkan copy pendidikan pada hasil pencarian, contohnya Dokter Umum(profesi) seperti ditunjukkan gambar berikut
Lalu klik search maka akan muncul hasil sperti berikut
Langkah selanjutnya untuk pencarian lebih spesifik lagi silahkan copy berdasarkan jabatan dan lokasi formasi lalu paste ke kolom pencarian seperti langkah sebelumnya.

Setelah didapat penulisan yang betul pada masing masing kolom, maka jika nanti kita ingin melihat jumlah pendaftar terbaru lagi cukup mengetikan dari hasil pencarian kita tadi seperti berikut ini.
Maka akan muncul pencarian yang spesifik seperti yang kita inginkan. Isian  isian tersebut bisa anda ingat ingat atau perlu dicatat jikalau ingin mengecek kembali akan lebih mudah.

Dengan cara seperti yang saya sebutkan ini, maka hasil pencarian No matching records found Akan lebih terminimalisir.

Demikianlah Cara Lengkap Melihat Jumlah Pesaing dalam 1 Formasi Seleksi CPNS 2018, Semoga dapat membantu.

Update 2 (Desember 2019) :
Cara ini sudah bisa digunakan pada desember 2019, fitur kembali diaktifkan setelah semua instansi menutup pendaftaran. Cara ini kembali bisa digunakan per 11 Desember 2019.

Update 1 (November 2019):
Cara ini tidak bisa di gunakan pada proses seleksi cpns 2019, tetapi fitur ini akan bisa digunakan setelah semua instansi menutup pendaftarannya. Pada proses seleksi cpns 2019, fitur ini telah dinonaktifkan BKN karena dengan adanya fitur ini ada terindikasi kecurangan dengan menambah pelamar fiktif agar terlihat banyak pada formasi tertentu untuk memperbesar peluang dan memperkecil persaingan pada formasi yang ditargetkan tersebut.

Pada seleksi cpns 2019, tidak ada lagi cara mengetahui jumlah pelamar karena BKN telah merilis siaran pers agar seleksi cpns 2019 adalah "blind competition". Jadi sampai saat update ini diperbaharui peserta tidak akan bisa mengetahui jumlah yang sudah melamar dan jumlah saingan pada formasi yang dipilih.
M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "Cara Lengkap Melihat Jumlah Pesaing dalam 1 Formasi Seleksi CPNS"