Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Cek Keaslian Ijazah di Sivil Dan Solusi Jika Tidak Terdaftar Atau Data Tidak Ditemukan

Pengecekan Ijazah di Ristekdikti/Sivil merupakan hal yang perlu dilakukan untuk mengetahui status ijazah kita. Jangan sampai karena nomor ijazah kita tidak terdaftar di ristekdikti/Sivil maka akan menjadi masalah saat pendaftaran CPNS.

Panitia Penerimaan CPNS Bisa saja menganggap ijazah kita adalah ijazah "bodong", ijazah palsu atau bahkan Ijazah yang dibeli. Padahal Sebenarnya walaupun Ijazah yang kita dapatkan adalah asli, Perjuangan beberapa tahun Di Universitas/Sekolah tinggi akan menjadi sia sia karena tidak terdaftar di ristekdikti.

Pada Kenyataannya, masih banyak no seri ijazah yang tidak terdaftar di ristekdikti. Tentu ini bisa menjadi masalah nantinya bagi para pelamar cpns. Tidak terdaftarnya ijazah tersebut bukan karena ijazah tersebut adalah palsu, tapi karena lambatnya pihak universitas menginput Data Lulusannya atau karena masalah teknis lainnya.

Lalau Bagaimana Cara Mengecek Keaslian ijazah kita? Berikut caranya.

Cara mengecek Keaslian Ijazah Di ristekdikti

Pertama buka halaman https://ijazah.kemdikbud.go.id/ melalui komputer ataupun handphone kamu, maka akan ada tampilan seperti berikut,
Kemudian pada kotak hitam yang pertama isi nama perguruan tinggi, bisa Universitas, Sekolah tinggi, institut dan nama perguruan tinggi lainnya.

Pada kolom 2, isikan nomor ijazah. Nomor ijazah ini adalah pengenal ijazah, letak dan posisinya berbeda beda pada masing masing ijazah.

misalkan seperti ijazah dibawah ini
Nomor ijazah adalah lingkaran warna merah dengan panah no 1. no tersebutlah yang di input di form formulir verifikasi kotak hitam no 2.

Sedangkan lingkaran merah no 3 adalah tanggal ijazah, dan lingkaran hijau adalah tahun lulus.

No seri ijazah adalah pengenal unik yang dikeluarkan pemerintah, dimana kertas ijazah tersebut dicatat oleh instansi berwenang untuk menjadi penangkal pemalsuan ijazah.

Jika No Seri Ijazah sudah di input, maka silahkan isi jawaban penjumlahan pada kotak hitam berikutnnya, ini fungsinya sama seperti captcha. lalu klik verifikasi pada panah 4 gambar formulir verifikasi diatas.

Jika Ijazah anda terdaftar maka akan ada tampilan seperti berikut
Atau jika lewat hp, maka tampilannya seperti berikut
Jika hasil verifikasi menyebutkan data ditemukan, maka selamat, ijazah anda tidak ada masalah. Lalu bagaimana jika hasil verifikasi adalah data tidak ditemukan? hasilnya seperti dibawah ini
Itu berarti ijazah anda belum di input baik oleh yang berwenang yang pada umumnya adalah universitas. Lalu Apa solusinya?

Solusi Jika Ijazah Tidak Terdaftar Atau Data Tidak Ditemukan

Segera melapor ke Universitas atau pihak Perguruan Tinggi Tempat Mendapatkan ijazah tersebut. Jikalau di universitas bagian yang mengurusi masalah ini biasanya adalah PUSKOM.

Tapi anda tidak punya waktu ? Tempat tinggal jauh dari Perguruan tinggi karena sudah lama Wisuda? Solusinya adalah minta tolong kepada rekan alumni yang tinggal dekat kampus atau kepada saudara yang masih jadi mahasiswa di kampus tersebut.

Atau diskusi saja sesama rekan rekan sealumni yang pasti juga masih masalah sama.

Tapi saya tidak punya kontak lagi dengan rekan se-ALUMNI.

Wah.. wah jadi dikampus ngapain saja? begitu selesai kuliah lupa kawan seangkatan? Saya harap anda bukanlah orang seperti itu. Karena bagaimana pun rekan seangkatan itu adalah keluarga bukan dengan hubungan darah, tapi hubungan Gelar Anda. Gelar anda adalah saudara kandung dari gelar Rekan Anda. Maaf jadi sedikit ngelantur.

Tentukan siapa yang ada waktu untuk mencari informasi tersebut, lihat pengumuman atau kalau tidak ada pengumuman tanyakan langsung ke puskom atau rektorat.

Begitu didapatkan informasinya, ternyata solusinya mudah, Contohnya seperti di salah satu Universitas Negeri berikut ini
Solusi Jika Ijazah Tidak Terdaftar Atau Data Tidak Ditemukan
Solusi Jika Ijazah Tidak Terdaftar Atau Data Tidak Ditemukan
Cara dan Solusinya Cukup Mudah mengirim scan ijazah dan transkrip nilai ke email yang dicantumkan di pengumuman tersebut.

Contoh Studi Kasus Yang dialami akun Telegram @itsMe_Jul 

Ini pengalaman saya ketika saya pegang forlap dan ketika ijazah saya tidak ditemukan di sivil alias zonk. 2 ijazah kesehatan saya tidak ditemukan di sivil bayangkan (sivil=https://ijazah.kemdikbud.go.id/).

Jadi, untuk lulusan 2018 ke atas tidak perlu khawatir karena nomor ijazah mereka langsung dari pusat yang berarti otomatis terdaftar di forlap dan sivil. Sedangkan untuk lulusan 2018 ke bawah maka kampus harus memperbarui data di forlap agar lulusannya ijazahnya keluar di sivil.

Poin Untuk pengurusan perubahan data apabila ada yang salah.
Kalau jaman 2015-an memang perubahan data agak ribet karena dari kampus harus di sinkron di kopertis. Dari kopertis di sinkron ke dikti. Tapi tambah tahun Dikti juga ga mau ribet. Kalau dulu untuk perubahan data harus menggunakan 1 laptop yang IP ADDRESS nya terdaftar di dikti sekarang darimana saja bisa asal tahu password nya. 

Untuk yg ijazahnya tidak ditemukan di sivil bisa langsung datang ke kampus. Kalau saya kemarin biar urusan lancar jangan lupa "sedekah" ya.. yang mau nyebut nyogok juga boleh (tidak direkomendasikan). Jadi biar cepet bawain aja jajan Indomaret 20 ribuan dan sebutkan urusan kita sambil bawa berkas yang diperlukan. Proses perubahan tidak lama karena yang dibutuhkan hanya SK kelulusan, ijazah, dan KTP.

Punya saya kemarin ga sampai 24 jam sudah sinkron dengan sivil. Jadi inti nya pepet orang BAAK dan pemangku jabatan di kampus. 

Untuk masalah tanda titik dan lain2
Semua harus sama plek ketiplek dengan ijazah.
Contoh:
Nomor ijazah 344.111
Kalau ditulis 344111 ini termasuk salah dan harus dibetulkan.

Semoga bermanfaat.
@itsMe_Jul
Terimakasih

Demikianlah Cara Cek Keaslian Ijazah di Ristekdikti Dan Solusi Jika Tidak Terdaftar Atau Data Tidak Ditemukan. Semoga Bermanfaat.
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "Cara Cek Keaslian Ijazah di Sivil Dan Solusi Jika Tidak Terdaftar Atau Data Tidak Ditemukan"

Berlangganan via Email