5 Cara Agar Baterai Handphone (HP) Awet dan Tahan Lama

Baterai sebagai sumber daya merupakan komponen penting pada android. Tanpa sumber daya, hp android sama seperti benda mati lainnya. Sehingga menjaga daya yang tersimpan dalam baterai merupakan hal mutlak yang perlu di jaga.

Selain itu mengefisiensikan daya pada hp android juga dapat memperjang lifetime baterai tersebut. Di playstore ada banyak apk yang di klaim dapat mengefisiensikan penggunaan baterai. Tapi yang pada kenyataannya apk tersebut berjalan di latar belakang untuk memantau aplikasi lain yang bekerja. Dan secara tidak langsung apk tersebut turut juga mengkonsumsi daya.

Berikut ini akan kita bahas bagaimana cara agar baterai hp awet dan tahan lama, maksud dari awet dan tahan lama disini adalah kemampuan baterai menyimpan daya dan juga termasuk keawetan penggunaan baterai tersebut.

Berikut 5 cara agar baterai handphone (HP) awet dan tahan lama.

Hindari Pengisian Daya Yang Cepat

Hindari mengisi daya baterai hp android dalam waktu yang singkat, hentikan pengisian setidaknya jika baterai telah mencapai 80%. Seringkali pengguna hp android dalam mencas hp hanya sebentar, yaitu 5-10 menit. Hal ini dilakukan karena mumpung masih dekat colokan jadi setidaknya dimanfaatkan untuk mengisi baterai hp walaupun penambahannya hanya beberapa persen saja.

Gampangnya begini, usahakan jika kabel charger sudah dicolokkan maka jangan copot pengecasan jika daya belum sampai 80%, Jika dirasa tidak akan sempat 80% hp akan dicopot, lebih baik tidak usah lakukan pengecasan.

Dengan melakukan hal tersebut kita sudah meminimaliskan siklus proses pengisian ulang.

Hindari Suhu Panas

Hindari baterai terkena suhu panas. Jika suhu panas berasal dari lingkungan luar handphone, maka segera pindahkan handphone ketempat teduh. Jangan meletakkan handphone di bawah terik matahari langsung.

Jika panas berasal dari perangkat handphone, segera buka casing handphone agar suhu baterai stabil mengikuti suhu luar hp. Atau jika memungkinkan matikan hp dan cabut baterai dari perangkat hp anda untuk didinginkan.

Baterai dan handphone yang sering bekerja dalam kondisi panas bisa merusak komponen hp dan perangkat baterai. Sehingga Handphone maupun baterai perlu dihidari dari suhu panas.

Minimalkan Getaran

Getaran Hp sangat banyak mengkonsumsi daya, sehingga lebih bijak jika menggunakan mode getaran disaat dirasa perlu. misalkan saat meeting kerja atau kondisi lainnya.

Didalam kondisi normal, cukup hanya gunakan nada dering saja tanpa ada getaran.

Perbarui Aplikasi

Seringkali bug yang ada dalam aplikasi menghabiskan banyak daya baterai. Dengan memperbarui aplikasi maka setidaknya bug akan dihilangkan atau dikurangi tergantung versi pembaruan aplikasi. Selain menghemat baterai, memperbarui aplikasi juga meningkatkan keamanan hp android kita.

Tapi situasikan untuk memperbarui aplikasi dengan bijak sesuai kondisi kapasitas RAM. karena jika Ram dan penyimpanan sudah mulai penuh, ini akan menyebabkan handphone menjadi lelet dan ngelag. Disaat handphone sering ngelag, malah akan semakin banyak butuh daya.

Disaat hendak bermaksud mengurangi pemakaian daya dengan memperbarui aplikasi akan menjadi sebaliknya jika tidak mempertimbangkan kondisi dan kemampuan RAM.

Hindari Main Game Berat

Sebaiknya hindari untuk memainkan game berat pada ponsel cerdas anda. Game berat yang dimaksud adalah game yang memerlukan grafik tinggi dan prosesor yang mumpuni. Game tersebut akan sangat banyak menguras daya baterai.

Ponsel umumnya tidak didesain untuk bermain game, terkecuali ponsel tertentu. Jika ingin membunuh waktu luang dengan bermain game, maka mainkanlah game sederhana yang tidak perlu terhubung dengan jaringan internet.

Demikianlah 5 Cara Agar Baterai Handphone (HP) Awet dan Tahan Lama. Sebenarnya masih banyak cara untuk membuat baterai hp lebih awet yang bisa anda kembangkan dari 5 hal tersebut diatas. Demikian semoga bermanfaat.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "5 Cara Agar Baterai Handphone (HP) Awet dan Tahan Lama"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel