7 Persiapan Penting Sebelum Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Test CPNS

Selamat, Jika anda berniat membaca 7 persiapan penting sebelum ujian SKD ini sampai akhir berarti anda telah lolos verifikasi dokumen. Tapi jangan terlalu terlena dulu, lolos verifikasi dokumen bukan sebuah akhir, tapi merupakan langkah awal perjuangan menuju test cpns selanjutnya.

Sebaiknya persiapkan 7 hal berikut sebelum mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD). Dengan melakukan persiapan maka setidaknya anda sudah mempelajari "daerah lawan". Sama seperti Perang, pihak yang menang adalah pihak yang mempelajari musuh sedetail mungkin.

Untuk menaklukan SKD maka pelajari 7 hal penting berikut sebelum tiba hari pelaksanaan Ujian Seleksi kompetensi bidang. Apa saja 7 hal tersebut ? berikut Pembahasannya.

Survei Tempat Test Sehari Sebelumnya

Jika sudah mendapat kartu ujian dan sudah mengetahui lokasi ujian, maka jangan ragu ragu untuk langsung melihat lokasi ujian anda sehari sebelum pelaksanaan Ujian SKD. Karena dengan begitu maka anda sudah menguasai medan perjuangan sebelum perang dimulai.

Kan tidak lucu nanti, disaat peserta lain sudah duduk pada posisinya, anda masih sibuk mencari nama jalan, atau mencari nama gedung tempat ujian atau bahkan mencari tempat ruangan.

Simulasikan proses kedatangan anda ditempat tersebut, ingat letak parkir ada dimana dan masuk lewat pintu mana. Jangan sampai pada saat hari Ujian SKD anda masih bingung dan sibuk mencari parkir, atau malah dipanggila security untuk memarkirkan kendaraan ditempat seharusnya karena anda parkir sembarangan.

Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan Saat Mengikuti SKD

Sehari sebelum ujian, siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk mengikuti ujian SKD. Apa saja Dokumen tersebut bisa lihat di kartu peserta Ujian. Tapi pada umumnya dokumen yang perlu dipersiapkan pada saat ujian adalah

  1. KTP Asli/Surat Keterangan Disdukcapil
  2. Kartu Tanda Bukti Pendaftaran CPNS
  3. Kartu Peserta Ujian CPNS
  4. Kartu Keluarga

Siapkan Dokumen tersebut dan letakkan di tempat yang mudah diambil pada saat akan memasuki ruang Ujian.

Belajar Sebelum Ujian

Jangan lupakan untuk tetap membahas soal soal dan kisi kisi ujian seleksi komptensi dasar sebelum pelaksanaan hari H. Anda bisa belajar dari buku buku yang telah anda beli atau dari contoh soal yang sudah anda download.

Banyak orang yang terobsesi untuk mendapatkan dan membeli buku atau soal soal sebanyak mungkin. Sampai buku buku bertumpuk di dalam kamar atau bahkan flasdisk atau hard disk penuh dengan soal soal pembahasan CPNS.

Memang, ada rasa kepuasan tersendiri jika mengumpulkan soal soal sebanyak mungkin . Dengan banyaknya soal kita merasa puas dan berniat akan mempelajari semuanya nanti. Tapi jika tidak bisa mengontrol diri, yang ada malah anda akan terbawa suasana dan ikut obsesi diri hanya mengumpulkan soal tanpa membacanya.

Sebaiknya, cukup pilih salah satu buku, dan baca buku tersebut. Dan fokus hanya baca buku tersebut dan abaikan yang lain. Karena saya yakin, walaupun hanya dalam satu buku, tetapi pasti sudah banyak variasi soal lengkap yang bisa anda pelajari dalam buku tersebut.

Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan merupakan hal penting, jangan sampai terabaikan oleh anda. Menjelang ujian yang semakin dekat tentu kamu akan dihadapkan dengan lebih banyak kegiatan, baik itu belajar contoh soal, hingga kesibukan mengurus dokumen atau survei tempat lokasi.

Kalau sakit, bagaimana caranya kamu dapat belajar atau ujian dengan baik? Apalagi jika di hari H ujian kamu malah tidak bisa mengikuti ujian karena jatuh sakit, padahal kamu sudah berjuang belajar selama ini. Maka, jagalah terus kesehatanmu dengan menjaga pola makan, tidur teratur, dan minum vitamin untuk daya tahan tubuh.

Mempelajari dan Mengikuti Tata Tertib Ujian

Pahami dengan seksama tata cara dan tata tertib ujian yang bisa anda lihat pada saat mengambil kartu peserta ujian atau tercantum di kartu ujian, Tata tertib ini juga bisa anda lihat di masing masing instansi. Jadi untuk melihat tata tertib ujian tidak sama antara Instansi yang satu dengan yang lainnya. Tapi sebagai gambaran umum, berikut tata tertib ujian yang mungkin tidak akan jauh berbeda dengan instansi formasi yang anda pilih.

  1. Peserta hadir 120 menit (2 jam) atau paling lambat 60 menit (1 jam) sebelum pelaksanaan SKD dimulai untuk masing-masing sesi.
  2. Peserta wajib mengisi daftar hadir yang telah disiapkan oleh panitia.
  3. Peserta wajib membawa KTP asli/Asli Surat Keterangan telah melakukan perekaman E-KTP, Kartu/Tanda Bukti Pendaftaran, Kartu Peserta Ujian lalu untuk diperiksa oleh panitia.
  4. Peserta harus sesuai dengan foto yang ada di kartu peserta.
  5. Kartu Peserta Ujian dilegalisasi oleh panitia dengan stempel masing-masing instansi.
  6. Lembar panitia Kartu Peserta Ujian diserahkan kepada panitia.
  7. Peserta berpakaian rapi dan sopan (tidak memakai kaus, celana jeans, serta sandal). Untuk beberapa instansi mengharuskan peserta untuk mengenakan kemeja putih lengan panjang, celana/rok warna hitam (tidak berbahan jeans), dan sepatu pantofel warna hitam (bukan sepatu kets atau sneaker). Untuk ketentuan berpakaian silakan lihat di pengumuman masing-masing instansi.
  8. Peserta duduk pada tempat yang telah ditentukan.
  9. Peserta yang terlambat tidak diperkenankan masuk ruang tes dan dianggap gugur.
  10. Peserta hanya diperbolehkan membawa Kartu Peserta, SIM/KTP, dan alat tulis berupa pensil/pulpen ke dalam ruang tes. Peserta tidak diperkenankan membawa peralatan selain yang disebutkan, termasuk jam tangan.
  11. Peserta dilarang: Bertanya/berbicara dengan sesama peserta tes, Menerima/memberikan sesuatu dari/kepada peserta lain tanpa seizin panitia selama ujian, Keluar ruangan, kecuali memperoleh izin dari panitia, Merokok dalam ruangan tes dan di lingkungan masing-masing lokasi tes
  12. Peserta dilarang menggunakan komputer selain untuk aplikasi CAT;
  13. Peserta yang telah selesai ujian dapat meninggalkan tempat ujian secara tertib.
Tenang Dan Konsentrasi Saat Ujian

Dibutuhkan ketenangan dan konsentrasi pada saat mengerjakan ujian. Anda jangan sampai stress pada saat ujian, sebagian orang bisa saja stress karena membawa bawa masalah diluar atau masalah keluarga saat melaksanakan test.

Jika anda punya masalah diluar, lupakan. fokuskan diri anda untuk mengerjakan soal, latihlah mulai sekarang untuk berfokus dan berkonsentrasi untuk fokus pada satu tujuan. Lupakan masalah masalah lain.

Bahkan ada juga yang stress dan tegang pada saat ujian karena membayangkan bagaimana hasil testnya, lulus gak ya? apa kata orang tua nanti ya kalau gak lulus. banyak CPNS yang sudah stres duluan sebelum mengerjakan soal. Hingga akhirnya, buyarlah konsentrasi, lupa yang sudah dipelajari dan tergesa-gesa dalam mengerjakan.

Tenangkan pikiran kamu dengan coba mengatur napas sambil pejamkan mata sebelum ujian, jika memang tiba-tiba kamu merasa sangat tegang. Selain itu wajib ingat, sebelum mulai menjawab, pastikan kamu membaca semua peraturan tes, agar jawabanmu valid dan dapat diterima oleh petugas.

Berdoa

Berdoa adalah sesuatu hal yang tidak kalah penting agar anda bisa lulus Ujian. Dengan berdoa anda bisa mendapatkan kekuatan yang tidak terlihat untuk melaksanakan ujian. Hati di tenangkan sehingga menambah kekuatan dan kepercayaan diri sebelum melaksanakan ujian.

Demikianlah 7 persiapan penting sebelum mengikuti ujian seleksi kompetensi dasar cpns. Hal tersebut diatas sebenarnya bisa juga anda terapkan untuk mengikuti ujian Seleksi Kompentensi Bidang (SKB), Atau bahkan Ujian ataupun test sejenis lainnya. Terimakasih semoga bermanfaat.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "7 Persiapan Penting Sebelum Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Test CPNS"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel