Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Cepat Mengecilkan Size Dokumen Scan Pdf Sesuai Persyaratan CPNS

Dokumen yang akan diunggah di portal Sscn sebagai syarat pendaftaran cpns tidak boleh lebih dari ukuran yang telah ditentukan. Seperti pada pendaftaran cpns tahun lalu, ukuran yang diperbolehkan adalah 200 kb - 300 kb. Tentu hal tersebut juga tidak akan jauh berubah pada pendaftaran CPNS tahun ini.

Terkadang saat kita scan ijazah, KTP, Surat lamaran, surat pernyataan, transkip nilai dan surat keterangan lainnya ukuran size yang dihasilkan sampai 1 mb, sebenarnya ukuran dokumen yang besar dipengaruhi kualitas saat proses scan yang kita buat. semakin bagus dan besar ukuran dpi saat proses scan semakin besar ukuran dokumen yang dihasilkan.

Lalu bagaimana jika ukuran dokumen kita yang telah terlanjur di scan tidak sesuai dengan persyaratan ukuran unggah di sscn ? tenang saja, ada cara cepat dan mudah untuk mengecilkan atau mengkompres dokumen sehingga sesuai dengan persyaratan yang ada di portal sscn.

Caranya cukup mudah, silahkan buka smallpdf.com dari hp atau komputer yang terhubung kejaringan. Jika anda lebih suka menonton video tutorial caranya silahkan tonton video berikut, namun jika kuota anda terbatas atau anda lebih suka memahami tutorial dengan membaca maka silahkan baca artikel ini sampai habis.

Pertama pilih dokumen yang akan kita kompres, dalam contoh ini saya pilih file pdf dengan nama DOKUMEN dengan size 2 Mb.
Selanjutnya drag atau browse dokumen tersebut dari atau ke smallpdf.com

Setelah itu tunggu beberapa saat proses yang upload dokumen, proses upload ini tidak terlalu lama, file Dokumen yang saya coba dengan size 2 Mb tidak sampai 1 menit.

Setelah proses selesai maka file dokumen siap kembali di download
Lalu kita lihat hasil file yang sudah kita kompres. kalau file Dokumen yang saya Upload tadi ukurannya berubah menjadi  100 kb
adapun isi dokumen hasil dari proses kompres tersebut kualitasnya tidak terlalu jauh berbeda dan isi scannya masih jelas.

Demikianlah cara mengecilkan ukuran size dokumen. Cara ini merupakan salah satu dari sekian banyak cara dari yang mudah sampai yang sulit. Setidaknya cara yang saya sampaikan ini selain lebih mudah juga lebih cepat.

M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

1 comment for "Cara Cepat Mengecilkan Size Dokumen Scan Pdf Sesuai Persyaratan CPNS"