Mengenal Beton Instan, Beton Praktis Untuk Bangunan

Dijaman perkembangan teknologi dan inovasi yang terus berkembang, kebutuhan akan produk yang serba instan kini bukan hanya ada pada mie instan.  Beton kini juga ada dibuat dalam bentuk instan.  Sama seperti mie instan,  tinggal tambah air langsung jadi.

Untuk proyek besar dan proyek yang menuntut keakuratan mutu dengan tepat maka biasanya di cor dengan beton ready mix.  Dimana dalam proses pengadukan di lakukan dengan takaran dan jobmix yang tepat di dadalam mixer batching plant.

Tapi jika volume yang dibutuhkan adalah dalam volume kecil, misalnya untuk pembangunan rumah atau pengecoran dak beton rumah maka tentu pemborosan jika harus memesan ke perusahaan ready mix.

Sementara jika mengaduk sendiri, kemungkinan mutu yang di dapatkan kurang akurat, padahal struktur yang akan dicor adalah struktur yang krusial yang butuh mutu beton sesuai rencana.

Solusinya adalah beton instan,  beton yang dibuat dengan semen dan lengkap dengan aggregat serta aditif yang dibutuhkan.  Tinggal tambah air,  aduk langsung jadi sesuai mutu yang di cantumkan di kemasan beton instan tersebut.

Di pasaran ada banyak jenis dan merk semen instan, tapi semuanya umumnya mencantumkan mutu semen instan tersebut di dalam kemasan. Termasuk kebutuhan air yang diperlukan untuk mencapai mutu tersebut.

Semen instan biasanya dikemas dengan kemasan 50 kg.  Sehingga jika dikalkulasikan untuk kebutuhan 1 m3 diperlukan sekitar 43 zak semen instan.

Lalu apa saja kelebihan beton instan tersebut?

Proses pengerjaan relatif lebih cepat
Dengan beton instan,  tinggal tambah air.  Tidak perlu terlalu banyak mengandalkan tenaga kerja.

Mutu Konsisten dan terukur
Dengan campuran yang dibuat dipabrik.  Beton instan memiliki kualitas yang terukur dan lebih akurat dari pada mengaduk beton dengan molen pengaduk semen ataupun mengaduk manual di lokasi.

Mutu beton instan dapat dipilih sesuai kebutuhan,  dari k 175 sampai k 500 tersedia di pasaran.

Beton lebih tahan lama
Beton instan dibuat dengan beberapa aditif tambahan yang umumnya untuk membuat beton lebih kuat dan menambah durabilitas beton.

Lokasi lebih bersih
Dengan menggunakan beton instan untuk pembangunan rumah anda,  maka hanya butuh wadah yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan adukan konvensional.  Sehingga lokasi proyek anda lebih bersih.

Solusi saat butuh beton mutu tinggi. 
Tidak bisa dipungkiri, sulit membuat beton mutu tinggi jika  metode yang digunakan adalah pengadukan beton manual.  Sementara jika pesan ke readymix,  volume terlalu kecil.  Atau batching ready mix terlalu jauh. Jika seperti itu maka beton instanlah solusinya

Tidak ada material yang terbuang
Dengan beton instan,  kita memakai beton sesuai yang dibutuhkan.  Perhitungan volume lebih tepat.

Mudah dalam penyimpanan
Beton instan mudah dalam penyimpanan, hampir sama perlakuan yang dibutuhkan dengen semen sak.  Tidak perlu menumpuk pasir ataupun kerikil di depan rumah.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

2 Responses to "Mengenal Beton Instan, Beton Praktis Untuk Bangunan"

  1. Ijin bookmark pak. Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Terimakasih, senang rasanya jika bermanfaat bagi bapak dan semua pengunjung.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel