Tips Mudah Mendapatkan Pinjaman Uang di Bank

Adalah suatu kemudahan saat ini bahwa fasilitas kredit yang ditawarkan oleh bank, untuk keperluan modal usaha, tidak lagi hanya ditujukan bagi perusahaan tetapi juga untuk perorangan. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi kita yang sedang mulai berbisnis property dan ingin mengembangkan usaha menjadi lebih besar.

Bila memang demikian, maka inilah saatnya kita mengambil modal bank sebagai alternatif. hal ini karena selain prosesnya yang kini sudah cukup mudah, suku bunganya pun cukup bersaing.

Namun tentunya bank tidak akan begitu saja mengabulkan permohonan pengajuan kredit, baik perorangan maupun perusahaan. Lalu apa saja yang menjadi bahan pertimbangan bank untuk memberikan pinjaman? Berikut kita bahas satu persatu

Character (Karakter)

Karakter disini berkenaan dengan komitmen Anda sebagai pihak yang akan mengajukan permohonan, bagaimana track record Anda, bagaimana gaya manajemen Anda.

Capital (Modal)

Modal disini berkaitan dengan berapa besar dana pribadi yang anda keluarkan ? hal ini penting karena tidak mungkin seluruh modal diberikan oleh bank. Anda harus menentukan struktur modal (berapa jumlah modal awal yang disetor dan laba yang terakumulasi menjadi modal), komposisi kepemilikan modal, dan modal Aset berupa tanah, bangunan, mesin stock dan intangible asset (merk, Nama baik)

Capacity (Kapasitas)

Kapasitas ini antara lain bagaimana tren hasil penjualan, struktur biaya. perbandingan biaya dan pendapatan, utang dan tagihan (lebih besar, lebih kecil atau setara), proyeksi arus kas (surplus atau defisit), tenaga kerja (kontrak atau tetap, bagaimana ketrampilan dan pengalamannya), hingga kapasitas produksi.

Condition (Kondisi)

Meliputi perizinan usaha, kondisi industri sejenis (apakah beresiko kecil, menengah atau tinggi), prospek usaha, situasi persaingan (apakah menjadi market leader, market follower, atau single fighter), dan apa selling point atau keunikan dari usaha yang anda jalankan.

Collateral

Apakah ada jaminan pada aset aset usaha anda baik itu aset yang bersifat tangible ( cash, stock, peralatan, kendaraan dan yang sifatnya tidak bergerak seperti tanah dan bangunan), maupun aset yng sifatnya intangible (personal guarantee, company guarantee, asuransi kredit, asosiasi/koperasi penjamin dan lain lain).

Itulah beberapa hal yang jadi pertimbangan pihak bank sebelum menyetujui pengajuan peminjaman, lalu apa saja yang bisa Anda lakukan agar pinjaman anda disetujui oleh Bank ?

Tunjukkan Keyakinan dan Profesionalitas

yakinkan petugas bank bahwa kredit yang anda butuhkan itu untuk pinjaman usaha. Ajukanlah pinjaman kepada bank yang terpercaya dan mengetahui bidang bisnis anda. Ada beberapa bank dan lembaga keuangan yang bahkan bersedia memberikan pinjman konvensional tanpa dukungan pemerintah. Namun anda harus ingat bahwa bank selalu menuntut persyaratan jaminan sebagai tahap awal.

Persiapkan Diri dengan Sebaik-baiknya

Anda harus bias meyakin kan pihak bank bahwa yang anda ajukan adalah pinjaman bisnis beresiko kecil. Siapkan formulir permohonan pinjaman yang rapi, lengkap dengan salinan proyeksi cash flow serta proyeksi laporan keuangan untuk tiga tahun ke depan.

Siapkan Jawaban yang Tepat

Kombinasi antara persiapan dan informasi adalah senjata  yang sangat kuat. Seorang peminjam yang teliti dan siap akan mendapat peluang empat kali lebih besar ketimbang peminjam yang tidak siap dan tidak bias menjawab pertanyaan yang diajukan oleh petugas Bank dengan baik. Untuk menegaskan keseriusan anda, siapkan sejenis  business plan untuk menjawab pertanyaan pihak Bank. Beberpa pertanyaan berikut adalah pertanyaan yang biasanya diajukan oleh bank,
  • Berapa banyak dana yang anda butuhkan ?
  • Berapa lama anda membutuhkan dana tersebut ? (Jawablah secara mendetail tentang penggunaan dan tersebut dan jelaskan bahwa bisnis anda beresiko kecil)
  • Kapan Anda bias mengembalikan pinjman tersebut ?Jelaskanlah bahawa proyeksi cash flow anda akan lancer dan memberikan keuntungan jangka panjang. Tunjukkan bahwa anda mampu mengelola dana tersebut lewat rencana bisnis (business plan)
Demikianlah Tips Mudah Mendapatkan Pinjaman Uang di Bank, Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda yang ingin mengajukan pinjaman dana dan modal usaha ke Bank.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Tips Mudah Mendapatkan Pinjaman Uang di Bank"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel