Tips dan Panduan Mudah Untuk Membeli Rumah dan Property

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah rumah, anda harus mempertimbangkan sejumlah hal. Salah satunya pastikan apa tujuan dan alasan anda untuk membeli sebuah rumah. Dengan mengetahui alasan anda membeli rumah akan membuat anda mampu untuk berfokus pada karakteristik rumah yang ingin anda beli,

Misalnya saja, bila anda membeli untuk tujuan investasi, maka fokus anda mungkin adalah untuk mengambil keuntungan dengan menjualnya kembali. Bila anda membeli karena anda sudah bosan membayar sewa anda mungkin bisa mengambil KPR.

Salah satu syarat untuk membeli rumah secara KPR adalah bahwa rumah yang hendak dibeli harus bersertifikat, tidak di gang, dan tidak berada disebelah restoran besar. Ketahui juga kebutuhan anda, mungkin kelihatannya mudah, namun kita terkadang sulit memisahkan antara kebutuhan dengan keinginan.

Apakah yang anda cari dari sebuah rumah ? apakah fasilitas 3 kamar tidur dan kamar mandi dalam ? Halaman belakang yang luas? kolam renang ? kamar tidur utama dilantai dasar? garasi untuk mobil? dan sebagainya.

Pastikan tujuan dan alasan anda untuk membeli rumah,

  • Apakah untuk investasi ?
  • Apakah karena ada perubahan jumlah anggota keluarga?
  • Apakah karena anda harus pindah dari tempat bekerja atau bosan membayar uang sewa sehingga memutuskan untuk membeli rumah baru?

Akan lebih mudah mudah untuk menuruti keinginan daripada menuruti kebutuhan. Namun bila anda memang hanya mengikuti keinginan, Anda harus mendapatkannya dengan harga seminimal mungkin.

Carilah informasi sebanyak banyaknya, terutama bagi anda yang baru pertama kali membeli rumah. Informasi informasi penting seperti proses jual beli, sumber pembiayaan (KPR), memilih notaris, fasilitas umum yang ada, biaya pembersihan lingkungan dan lain sebagainya yang wajib anda ketahui dan pahami.

Hal yang lebih penting lagi adalah mengenai informasi harga rumah dipasaran, kecuali jika Anda tidak ada masalah dengan keuangan, Anda harus rajin dan ulet mencari informasi dan melakukan perbandingan harga. hal ini juga berfungsi untuk mengukur daya beli anda.

Bila terpaksa tabungan Anda masih belum cukup untuk membeli sebuah rumah, anda tidak perlu khawatir. Saat ini banyak lembaga lembaga pembiayaan yang dengan senang hati mau membantu anda dengan sistem kredit. Namun jika anda memilih sistem kredit, usahakan agar total semua angsuran anda (termasuk angsuran kartu kredit dan kredit mobil) tidak melebihi daru total penghasilan anda dalam sebulan.

Atau untuk lebih mudahnya lihat saja berapa uang sisa yang masih bisa anda sisihkan setiap bulannya. Sejumlah itulah uang maksimum yang bisa anda keluarkan untuk mencicil angsuran. Jangan memaksa diri angsuran kredit rumah tidak harus mengubah gaya hidup anda.

Untuk mencari tipe tipe rumah yang sedang marak diperjual belikan, anda bisa menemukan di brosur brosur penawaran yang dikirim kerumah anda, papan iklan, disurat kabar dan majalah, serta iklan iklan perumahan di televisi.

Namun bila anda hendak mencari rumah yang dijual langsung oleh pemiliknya maka hal itu akan lebih bagus. Dengan menemui pemiliknya secara langsung anda bisa membicarakan masalah harga, lokasi, fasilitas, model arsitektur (dari foto rumah), luas tanah, jumlah kamar dan lain sebagainya.

Jika sudah menemukan rumah yang sesuai dengan kriteria, luangkan waktu anda untuk menjinjau lokasi. Periksa kondisi bangunan dan situasi lingkungan sekitar. Tinjau langsung lokasi di waktu siang hari, malam hari, saat hari kerja, dan juga hari libur.

Amati secara berkala apakah ada keramaian didekat calon rumah anda atau apakah banyak pedagang yang berkeliaran di lokasi tersebut pada jam jam tertentu. Berkonsultasilah dengan pihak ppat atau dengan pihak PPAT atau notaris yang anda percayai. Atau anda juga bisa menggunakan jasa notaris bank.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Tips dan Panduan Mudah Untuk Membeli Rumah dan Property"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel