9 Tips Strategi Investasi Rumah dan Tanah yang Menguntungkan

Investasi rumah dan tanah saat ini masih merupakan jenis investasi yang disukai masyarakat yang memiliki modal lebih. Investasi rumah dan tanah merupakan salah satu pilihan cara berinvestasi selain dengan investasi emas dan investasi saham. Dengan memilih membeli rumah dan tanah sebagai investasi, maka akan memiliki banyak keuntungan baik itu sekarang maupun di masa depan.

Sebagian masyarakat beranggapan berinvestasi itu susah susah gampang, investasi itu punya banyak resiko. Tapi sebenarnya jika dipelajari dan di kenali masing masing jenis investasi tersebut, maka resiko kegagalan berinvestasi akan menjadi kecil.

Seperti yang kita ketahui, harga rumah dan tanah selalu naik tiap tahun. Sehingga investasi rumah dan tanah memiliki resiko yang kecil. Tapi, walaupun begitu anda harus punya strategi dalam menjalankan investasi rumah dan tanah.

Kebutuhan akan rumah bagi masyarakat adalah kebutuhan pokok dan bisa menjadi barang mewah. Semakin hari pertambahan penduduk semakin banyak, sementara lahan dan tanah tetap dan tidak berubah. Sehingga harga tanah dan rumah akan semakin mahal. Dengan begitu investasi rumah dan tanah akan menjadi lahan investasi yang menggiurkan.

Lalu apa saja strategi yang perlu di pahami dan disiapkan dalam berinvestasi rumah dan tanah? Berikut Strategi Investasi Rumah dan Tanah yang Menguntungkan.

Lokasi Yang Tepat

Pilihan lokasi investasi rumah dan tanah harus diperhitungkan dengan tepat. Seperti apa minat masyarakat terhadap rumah dan tanah dilokasi tersebut. Bagaimana akses jalan umum, bagaimana akses transportasi umum.

Lokasi untuk berinvestasi ditengah kota memang memiliki harga sangat tinggi. sehingga akan butuh modal biaya investasi besar. Cari lokasi investasi sedikit kedaerah, dan perkirakan perkembangan lokasi tersebut dengan melihat langsung maupun melihat rencana pengembangan oleh pemerintah. Dengan berinvestasi sedikit kepinggiran, maka jika ditengah kota hanya bisa investasi 1 rumah dengan di pinggiran bisa 3-4 rumah. Dan harga rumah tersebut bisa melambung tinggi walaupun berada dipinggiran jika diperhitungkan dengan tepat.

Jangan lupakan, semakin hari perkembangan sebuah kota akan semakin besar sehingga wilayah kota semakin lama semakin luas dan daerah pinggiran akan menjadi lahan tepat berinvestasi

Semakin mudah akses ke fasilitas umum dan sekolah ataupun kantor pemerintahan maka semakin bagus untuk dijadikan lokasi investasi. Sehingga disarankan cari lokasi rumah dan tanah yang dekat dengan sekolah, kantor lurah ataupun lokasi rencana pembangunan sekolah lokasi perencanaan penambahan rute transportasi Umum.

Hindari Membeli Rumah Tua

Membeli rumah tua memang menggiurkan. Kemungkinan harga yang didapatkan lebih murah, dan jika direnovasi dan diperbaharui harganya kembali menjadi lebih tinggi.

Tapi perlu diperhitungkan, kita butuh biaya tambahan untuk merenovasi. Jika belum berpengalaman bisa bisa kita malah dapat sedikit keuntungan atau malah rugi. Dan juga modal investasi kita akan lama berkembang. kecuali jika punya kenalan kontraktor berkualitas dan memiliki harga terjangkau.

Pertimbangkan modal biaya investasi membeli rumah yang masih fresh dengan membeli rumah yang butuh biaya renovasi. Perkembangan investasi mana yang akan lebih cepat berkembang. Biarpun kelihatan lebih murah membeli properti tua tapi jangan lupakan biaya renovasinya juga termasuk biaya investasi.

Legalitas Rumah

Sebelum membeli rumah selidiki dan pastikan jika rumah dan tanah tersebut memiliki legalitas dan surat surat yang aman. Tentu akan sulit menjual kembali jika tanah dan rumah tersebut termasuk dalam sengketa.

Pertimbangkan juga untuk meningkatkan status kepemilikan rumah tersebut, misalnya dari SHGB menjadi SHM. Dengan begitu harga jual bisa jadi lebih tinggi.

Biaya Operasional dan Perawatan

Jika membeli rumah dan tanah ukuran kecil, biaya operasional memang relatif lebih sedikit. Tapi jika berinvestasi membeli rumah mewah dan tanah yang luas ditambah dengan investasi banyak unit, maka biaya perawatan harus dimasukkan kedalam nilai investasi.

Pajak dan Asuransi

Selidiki juga berapa biaya pajak bumi dan bangunan yang dibayarkan pertahunnya. Dan juga jika ada dan memungkinkan selidiki premi asuransi investasi rumah yang akan kita beli. Dengan begitu kita jadi tahu semua biaya yang akan menambah modal untuk berinvestasi.

Menjual di waktu yang tepat dan menginvestasikannya kembali

Pada saat nilai penjualan meroket tinggi, maka segera jual dan kembali investasikan. Investasi rumah memang tidak pernah dalam kondisi menurun tapi setidaknya cari tahu kapan saatnya nilai tersebut meningkat tajam. Setelah itu jangan terburu buru menikmati hasil investasi anda, kembalikan dan cari lagi investasi baru yang memiliki nilai perkembangan lebih cepat dari investasi yang sudah kita jual.

Misalkan nilai perkembangan investasi rumah kita seperti diatas, memang selalu naik, tapi ada kasus tertentu nilainya naik tinggi, misalnya pada saat no 1. Disinilah waktu yang tepat untuk menjualnya. karena setelah itu nilai investasi rumah kita tetap naik tapi naik stabil seperti garis 2. nah setelah dijual cari lagi rumah untuk investasi dengan nilai perkembangan asetnya melebihi grafik garis 2.

Aset dan Hutang

Saat berinvestasi perhitungkan hutang jika akan menambah aset investasi. Jangan memperbanyak hutang untuk menambah aset. Hal ini memang bisa menguntungkan jika nilai bunga hutang lebih kecil dari nilai perkembangan aset kita. Tapi kita pada dasarnya berinvestasi mencari nilai perkembangan aset tinggi, kenapa harus diberikan bunga ke pihak pemberi hutang.

Usahakan untuk menambah aset dengan cara mengambil dari nilai Margin dan keuntungan Aset kita yang ada. Beberapa perusahaan besar yang bergerak dalam bidang jual beli properti bisa mengembangkan usahanya dengan nilai margin keuntungan dan bahkan untuk menggaji karyawannya. Dalam hal ini, anda sebagai pelaku investasi rumah harus bisa mengembangkan aset anda dengan margin keuntungan tanpa harus membuat atau membuka hutang baru.

Manfaatkan Teknologi dan Internet

Gadget dan Internet yang terhubung membuat komunikasi dan informasi semakin mudah berkembang dan diakses. manfaatkan hal ini untuk mencari berbagai informasi aset dan lokasi yang tepat untuk berinvestasi. Selain itu gunakan media sosial untuk memasarkan aset investasi anda, siapa yang tau jika tiba tiba ada seorang miliader yang ingin membeli aset anda karena lokasi yang bagus tanpa mempertimbangkan harganya.

Selain itu anda bisa saja membuat situs khusus tentang aset dan investasi rumah, dengan situs tersebut maka akan mudah diakses oleh berbagai kalangan. Dan anda juga akan punya banyak pilihan untuk berinvestasi dimana dan juga menjual aset anda ke siapa.

Kepercayaan

Bangunlah kepercayaan dengan setiap relasi anda. Baik itu penjual, pembeli, Agen dan semua relasi. Jika anda sudah mendapat sebuah kepercayaan maka akan menjadi langkah mudah untuk melanjutkan dan mengembangkan aset anda.

Jangan mengejar target penjualan aset yang tinggi dengan mengorbankan kepercayaan. Tapi selalu membatasi dan mengungkapkan data data aset kita secara berlebihan sehingga akan mengurangi kepercayaan relasi anda.

Dengan Kepercayaan selain akan menjaga hubungan baik, maka bisa saja anda akan dihampiri investor modal kuat untuk bekerja sama dan bisa mengembangkan aset yang anda miliki.

Ingat, satu kekecewaan atas suatu kebohongan bisa menghancurkan reputasi yang sudah dibangun bertahun tahun.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "9 Tips Strategi Investasi Rumah dan Tanah yang Menguntungkan"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel