10 Software Teknik Sipil Yang Wajib Kamu Ketahui

software teknik sipil
Software adalah sebuah perangkat lunak yang dapat membantu penggunanya untuk menganalisa dan menghitung serta membuat suatu output sesuai yang diinginkan penggunanya. Sebagai Praktisi Teknik Sipil, Software telah banyak membantu dan mendukung pekerjaan bidang teknik sipil menjadi lebih mudah.

Sampai saat ini ada banyak jenis dan software sebagai pendukung engineer dalam bekerja. Dengan Software tersebut yang dulunya tidak mungkin dilakukan sekarang menjadi lebih mudah. Tapi tidak semua orang bisa menguasai dan mengetahui software pembantu engineer ini dalam bekerja.

Dengan mempelajari dan mengetahui software sofware teknik sipil berikut berarti kamu selangkah lebih maju untuk mencapai kesuksesan. Apa saja software tersebut ? berikut saya rangkum 20 sofware teknik sipil yang wajib kamu ketahui.

AutoDesk AutoCad
AutoCad masih berada di tempat paling populer di antara software teknik sipil yang harus kamu ketahui. Sebagian besar proyek konstruksi digambar dengan menggunakan sofware autocad. Dengan AutoCad kita bisa menggambar 2d maupun 3d.

Format data yang dihasilkan autocad adalah dwg dxf dan dwf.  AutoCad hampir tiap tahun di Perbaharui, AutoCad pertama dirilis pada tahun 1982 oleh AutoDesk dengan pendiri Jhon Walker.

Google SketchUp
Software selanjutnya adalah google SketchUp, Software ini relatif lebih mudah di pergunakan untuk menggambar 3D. Software ini adalah aplikasi berbasis menggambar yang powerfull dan memiliki tool sederhana yang mudah di pahami.

Google SketchUp mempunyai banyak kelebihan dalam hal teknik gambar, begitu cepat, mudah dan efisien, apalagi kalau digabungkan dengan plugin Vray, sejenis software Rendering yang paling populer sekarang, hasilnya bisa jauh lebih bagus

SAP 2000
Program SAP2000 ini memiliki beberapa kelebihan, terutama dalam perancangan struktur baja dan beton, dalam perancangan struktur baja SAP2000 dapat merancang elemen struktur dengan menggunakan profil baja yang optimal dan seekonomis mungkin, sehingga dalam penggunaanya tidak perlu menentukan elemen awal dengan profil pilihannya, tetapi cukup memberikan data profil dari database yang ada pada SAP2000, dan ini hanya berlaku untuk perancangan struktur baja, sedangkan untuk perancangan struktur beton kita tetap harus menentukan elemen awal sebagai asumsi awal perancangan yang kemudian nanti diperoleh luas tulangan totalnya.

AutoDesk 3DS Max
Software ini biasanya digunakan oleh arsitek, tapi seorang engineer teknik sipil sering juga memakai software ini untuk meyempurnakan karyanya menjadi sebuah bentuk 3d.

Autodesk membeli produk ini di tanda rilis kedua versi 3D Studio MAX dan pengembangan diinternalisasi seluruhnya selama dua rilis berikutnya. Kemudian, nama produk diubah menjadi "3ds max" (semua huruf kecil) untuk lebih sesuai dengan konvensi penamaan Discreet perusahaan, sebuah perangkat lunak berbasis di Montreal yang telah dibeli Autodesk. Pada rilis 8, produk tersebut lagi dicap dengan logo Autodesk, dan namanya kembali diubah menjadi "3ds Max" (atas dan huruf kecil). Pada rilis 2009, nama produk diubah menjadi "Autodesk 3ds Max"

ETABS
ETABS (Extended Three Dimensional Analysis of Building Systems) merupakan salah satu program yang dipergunakan untuk melakukan analisis dan desain pada struktur bangunan dengan cepat dan tepat. Program ETABS akan sangat membantu dalam melakukan analisis dan desain struktur bangunan, yang sebelumnya secara manual dalam waktu yang relatif lama dan keakuratannya tidak terjamin. ETABS sangat relevan untuk desain struktur bagunan gedung bertingkat/high risk building dengan memperhitungkan beban berat sendiri struktur, beban hidup, beban angin, dan beban gempa.

Beban gempa akan dipelajari dalam 2 analisis yaitu dengan beban responspectrum function dan dengan time history function. Dengan demikian, analisis gempa dan angin dapat secara otomatis dihitung dengan memodifikasi nilai-nilai koefisien faktor dari peraturan ACI dan IBC sehingga sesuai dengan peraturan SNI yang berlaku di Indonesia. Program ETABS secara khusus difungsikan untuk menganalisis lima perencanaan struktur yaitu analisis frame baja, frame beton, balok komposit dan baja rangka batang dan analisis dinding geser.

Plaxis

Penggunaan Program Plaxis dikhususkan sebagai alat bantu untuk memudahkan pekerjaan yang dikerjakan oleh Insinyur Geoteknik dalam mengerjakan perhitungan manual menggunakan metode elemen hingga yang cukup rumit serta membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengerjaannya.

Program Plaxis mempunyai banyak kemampuan menganalisa seperti: kestabilan konstruksi, faktor keamanan, deformasi, analisa konstruksi. Yang digunakan dalam aplikasi konstruksi timbunan, dinding penahan tanah dan terowongan

HEC-RAS
HEC-RAS adalah aplikasi yang diberikan secara freeware oleh Hydrologic Engineering Center Us Army. Aplikasi HEC-RAS ini menitik beratkan pada analisa Hidraulika pada sebuah Sungai / River Analysis Sistem, lain halnya dengan aplikasi serupa yang di keluarkan yaitu HEC-HMS yang menitik beratkan kepada analisa Hidrologinya.

Analisis yang dilakukan oleh HEC-RAS adalah analisis Aliran Steady, Unsteady dan Sediment Transport.  Aliran Steady adalah sebuah aliran di mana jumlah cairan yang mengalir per detik melalui bagian apapun, adalah konstan. Aliran Steady pun di bagi menjadi 2, yaitu Uniform Flow dan Non Uniform Flow. Sedangkan UnSteady Flow adalah sebuah aliran di mana jumlah cairan yang mengalir per detik melalui bagian apapun, adalah tidak konstan.

STAAD Pro
STAAD adalah salah satu program analisa program analisa struktur yang pada saat ini telah banyak dipakai diseluruh dunia. STAAD menggunakan teknologi yang paling modern dalam rekayasa elemen hingga, dengan metode input data berbasis object oriented. Program ini dikembangkan oleh tim dengan pengalaman lebih dari 20 tahun riset yang diadakan di USA, Kanada, dan eropa dalam merumuskan metode ini. Dengan ketepatan numerik dan efisiensi perhitungan, metode ini memberikan hasil yang lebih baik daripada metode lain yang diketahui pada semua aplikasi rekayasa strukutur.

Kelebihan yang sangat dominan yang dimilki oleh STAAD adalah adalah kemudahan dalam penggunaannya. GUI (Graphical User Interface) dirancang sedemikian rupa agar user/pengguna lebih mudah menggunakan aplikasi dari program ini

Sweet Home 3D
Sweet Home 3D adalah sebuah freeware yang dikembangkan SourceForge.net di bawah lisensi GNU General Public Lisense. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mendesain rumah, mulai dari tahap pembangunan sampai peletakan perabot rumah tangga. Anda dapat mendesainnya dengan format 2D dan melihat hasilnya dalam bentuk 3D.

Global Mapper
Global Mapper adalah salah satu aplikasi (software) pengelolahan data GIS  (Geographics Information System) yang digunakan untuk mengolah data berbasis pemetaan berupa data vector, raster, data elevation, 3D View, conversion, dan beberapa feature GIS,  seperti  pengelolahan citra satelit, menampilkan data 3D View atau analisa data topografi.

Format data yang bisa diolah menggunakan Global Mapper berkisar 250 format data spasial yang salah satunya adalah  DEM, E00, CADRG/CIB, MrSID, DLG-O, SDTS DEM, DOQ, DTED, DWG, DXF, ECW, GeoTIFF, Tiger/Line , SDTS DLG, KML/KMZ, , DGN, ESRI Shapefiles, JPEG2000, DRG, Lidar LAS, Arc Grid dan masih banyak lagi

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "10 Software Teknik Sipil Yang Wajib Kamu Ketahui"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel