7 Hal Yang Harus Dimiliki Mahasiswa Teknik Sipil

Mahasiswa teknik sipil
Kuliah di Jurusan Teknik Sipil Bagi sebagaian Mahasiswa yang menjalaninya adalah merupakan sebuah impian yang telah lama di idam idamkan. Tapi bagi sebagian orang lainnya adalah merupakan tekanan dan beban yang terasa sangat berat. Begitulah kenyataannya, setiap orang memiliki tanggapan dan respon yang berbeda terhadap hal yang dialaminya di kampus Teknik. Sebelumnya perlu anda ingat kembali, Begitu banyak yang menginginkan masuk di jurusan teknik sipil dan ini terlihat dari pendaftar seleksi masuk perguruan tinggi nasional SNMPTN atau SPMB atau apalah namanya. Jadi suka tidak suka anda harus belajar mencintai kampus anda. tapi bukan berarti karena cinta, harus kuliah sampai 7 tahun, JANGAN.

Untuk menghadapi dunia kerja dan tempat kita mengaplikasikan ilmu anda nantinya, maka perlu sejak dini melatih dan mengembangkan skill serta kemampuan selama kuliah di teknik Sipil. Bagi anda yang sekarang ini merasa terjebak di dunia Teknik Sipil, coba tanya diri sendiri, apa yang membuat anda merasa tidak betah di kampus sipil? Apa karena Hitung-hitungan yang banyak?
Apa Karena Dosen yang Killer? Atau apa karena didalam kelas merasa tidak bisa melihat cewek cantik tiap harinya? lupakan itu semua dan fokuslah mencari ilmu dan kemampuan untuk menjadi seorang Engineer Handal.

Dalam menjalani sebagai Mahasiwa Teknik sipil, Skill dan Kemampuan berikut ini harus anda miliki untuk menjadi Seorang Engineer Handal dimasa Depan. Apa saja 11 Skill dan Kemampuan Yang Harus di Miliki Mahasiswa Teknik Sipil ?

KESABARAN DAN MENGONTROL KEMARAHAN

Dengan kuliah di Teknik Sipil, Kawan dan rekan Seangkatan SMA sedikit banyak pasti ada yang suka mencemooh Kampus teknik itu seperti apa. Orang-orangnya tidak keren, tidak stylish, sudahlah ceweknya sedikit, dandan juga seadanya. Maka anda harus melatih kesabaran atas anggapan tersebut. Jika tidak, otak anda akan cepat panas dan bukan tidak mungkin anda akan mudah terpancing emosi dan menimbulkan hal yang tidak diingikan. Ditambah lagi, sewaktu kuliah dalam kelas harus melatih kesabaran untuk mendengarkan dan memahami perkataan dosen, Apalagi Dosen dosen Teknik dalam memberikan kuliah adalah datar dan jujur, banyak yang membosankan. Jika kita tidak melatih kesabaran, maka ilmu yang akan disampaikan dosen tidak akan bisa kita pahami.

FISIK YANG KUAT

Ini adalah persyaratan penting yang harus anda miliki, Dengan fisik yang kuat maka anda akan lebih mudah menjalani pendidikan di dunia teknik sipil. Bayangkan jika fisik anda lemah, anda harus menangani agregat, menghancurkan batu split, mengayak untuk mendapatkan gradasi yang bagus. Juga harus berdiri dibawah terik matahari untuk mengambil titik koordinat. menggambar berjam jam, dan keperluan fisik lainnya di dalam perkuliahan dan praktikum teknik sipil.

Hal yang bisa dilakukan untuk menjaga tubu tetap sehat adlah dengan mengatur pola makan yang teratur, tidur teratur, melakukan aktifitas olahraga, sering minum jus buah dan melindungi diri dari obat-obatan terlarang.

SANGGUP MENGHADAPI TEKANAN

Untuk menjalani kuliah ditekni sipil, anda harus terbiasa melatih diri untuk bisa menghadapi berbagai tekanan. bukan saja tekanan yang ditimbulkan karena perkuliahan. Semua tekanan harus anda hadapi dengan tenang dan percaya diri. Keluarga anda mungkin tidak tahu bagaimana tekanan kuliah diteknik sipil, tapi mereka terus bertanya kapan anda akan wisuda? padahal secara tidak langsung hal tersebut malah menambah beban tekanan anda. belum lagi harus menghadapi tekanan bahawa anda harus sukses kuliah diteknik sipil karena anda adalah harapan keluarga. sementara di perkuliahan anda juga harus bisa menghadapi rumitnya bekerja dengan berbagai perangkat lunak, menghitung angka yang tak terhitung jumlahnya, serta buku tebal standard bahasa yang kurang kita mengerti dan lain sebagainya.

Dengan Demikian anda harus tetap tenang, karena jika anda malah tegang dan tidak sanggup menghadapi tekanan tersebut, bukan tidak mungkin secara tidak sadar prestasi anda akan buruk.

KEMAMPUAN KOMUNIKASI YANG BAIK

Didalam dunia lapangan kerja anda nanti, anda harus berkomunikasi dengan banyak pihak. baik itu klien, konsultan, surveyor maupun arsitek. Anda harus punya kemampuan untuk mengatakan apa yang dibayangkan dan dipikirkan oleh pikiran anda. Cobalah melatih dan membiasakan diri untuk sebanyak mungkin berkomunikasi dengan teman teman anda

KETERAMPILAN MENGGAMBAR YANG BAGUS

Menggambar adalah bahasa yang umum dipakai Engineer, dengan selembar gambar engineer bisa menyampaikan beribu kata. denga menggambar anda bisa menuangkankan imajinasi dan ide anda tanpa harus susah mengungkapkannya dengan kata-kata. Walapun sekarang anda banyak terbabantu dengan AutoCad, Setidaknya skill menggmbar anda harus tetap bagus.Karena bisa saja dilapangan, owner atau kontraktor meminta penjelasan tiba-tiba seperti apa design penulangannya. maka dengan mudah anda bisa menjawab dengan selembar kertas.

Cobalah untuk membuat sketsa apapun yang menarik untuk anda dan tuangkan ide kreatifitas yang anda sukai. Jangan pikirkan apa yang akan orang katakan terhadap hasil karya anda, tapi fokuslah untuk menggambar dan memindahkan perspektif imajinasi otak anda ke dala selembar kertas.

KUAT DALAM PERHITUNGAN

Perhitungan adalah hal yang paling bayak ditemui di perkuliahan teknik sipil. Latihlah kemampuan berhitung anda, walaupun anda punya kalkulator, saat kuliah pergunakan kalkulator hanya untuk kontrol kebenarannya.  Jika anda selalu mengandalkan kalkulator, berarti anda memanjakan otak anda dalam hal berhitung dan akan membuat otak anda semakin lemah dalam hitung hitungan.

Untuk melatih perhitungan, jika tidk bisa menggambarkan dan memproses perhitungan tersebut didalam otak anda, maka anda bisa melakukan dengan alat bantu jari tangan.

KETERAMPILAN KOMPUTER YANG BAIK

Sekarang komputer telah banyak mengambil alih perhitungan struktur dari yang dulunya manual. sekarang ini sangat sulit menemukan perhitungan manual struktur. Sekarang para engineer menggunakan ETABS, STAAD, AutoCAD, SAP 2000 dan software pendukung lainnya.

Untuk mengoperasikan semua software tersebut, dibuthkan kemampuan komputer diatas standard. Jika anda memiliki fobia komputer maka mulailah berlatih dengan main game yang masih berhungan dengan perhitungan atau gambar struktur.

KEPERCAYADIRIAN YANG BAIK

Dalam teknik sipil berbagai macam variabel bisa diisi dan diganti dengan berbagai macam konstanta. Jadi jelas, hasil perhitungandan gambar tiap engineer akan berbeda, sehingga anda harus punya kepercaya dirian terhadap apa yang anda buat. dengan anda percaya diri terhadap apa yang anda buat, maka orang lain juga akan menjadi percaya terhadap apa yang anda kerjakan

MANAJEMEN WAKTU

Jika anda terbiasa melakukan hal hal yang buang-buang waktu, sebainya kurangi, manage waktu anda dengan bermanfaat. Seperti kita ketahui, TIME is Money !. Cobalah untuk membuat jadwal dan tentukan tujuan untuk setiap harinya. Dengan begitu anda akan lebih mudah menyelesaikan tuntutan dan tekanan. Dan Juga Pastinya anda akan WISUDA tepat WAKTU.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "7 Hal Yang Harus Dimiliki Mahasiswa Teknik Sipil"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel