Contoh dan Perhitungan RAB Rumah Type 36

Rumah tipe 36 adalah rumah yang pembangunannya menjamur di seluruh negeri,Selain harganya yang terjangkau Rumah ini Juga disubsidi pemerintah dengan program PU-PR. Yaitu Program Seribu Rumah.
Rumah tipe 36
Arti dari rumah tipe 36 yaitu rumah tersebut memiliki luas bangunan berukuran 36 meter persegi. Selain itu biasanya penamaan tipe tersebut juga dibarengi oleh angka lain dibelakangnya misalnya saja tipe 36/65 yang berarti rumah tersebut memiliki luas bangunan 36 meter persegi dan luas tanah 65 meter persegi. Tentu saja ukuran dari luas tanah selalu lebih besar dibandingkan dengan luas bangunan itu sendiri.
Rumah tipe  36 ini cocok untuk keluarga muda, dimana luas rumah pas dan masih sedikit leluasa.
Apa anda berniat ingin membangun rumah tipe 36 ? Belum Punya rencana anggaran biaya? Kalau begitu mari kita hitung berapa sih butuh biaya membangun rumah tipe 36. Catatan, harga yang dicantumkan di sini hanyalah untuk memudahkan perhitungan dan tidak bisa dijadikan patokan. Tapi saya berusaha sebisa mungkin agar harganya mendekati harga sebenarnya

Pekerjaan persiapan
Pada pekerjaan persiapan ini kita butuh papan bowplank, dari perkiraan yang dihitung dengan pertimbangan luas pekerjaan volume pekerjaan maka volume papan bowplank yangdibutuhkan adalah sebanyak 36 m. Dengan biaya Rp 432.000. (kolom 5) biaya ini didapatkan dari perkalian volume pekerjaan (kolom 3) dengan harga satuan (kolom 4). Lalu pada kolom 6 ada bobot sebesar 0,9 %. Bobot ini adalah nilai dari bobot pekerjaan persiapan dibandingkan dengan total pekerjaan seluruhnya. Pekerjaan persiapan hanya butuh papan bowplank, lokasi dianggap sudah cukup bersih dan layak tanpa ada biaya pembersihan lokasi.

Pekerjaan Pondasi
Pekerjaan selanjutnya adalah pekerjaan pondasi, cara perhitungannya sama dengan yang sebelumnya, tapi di bagian pekerjaan pondasi ada beberapa unit pekerjaan, yaitu  Pek. Galian tanah pondasi, Pek. Pondasi plat setempat beton bertulang 1:2:3 dan selanjutnya. Masing-masing volume unit dihitung volumenya, misalnya pondasi plat, panjang kali lebar kali tebal dikali jumlah titik pondasi. Biaya total dari uraian pekerjaan ini adalah Rp 1.365.270 . Dalam mencari harga satuan pekerjaan harga tersebut bisa didapat berdasarkan harga dari hasil pengalaman, harga standard perusahaan maupun standard kementrian pekerjaan umum.

Selanjutnya menghitung Uraian uraian pekerjaan yang tercantum, dimana pada contoh ini ada 15 uraian pekerjaan, dimulai dari PEKERJAAN PERSIAPAN , PEKERJAAN PONDASI, PEKERJAAN BETON BERTULANG, PEKERJAAN DINDING sampai dengan PEKERJAAN LUAR BANGUNAN

Setelah kita hitung seperti pada contoh hitungan pada gambar, maka ddapatkan berapa masing masing biaya pada masing uraian pekerjaan. Misalnya uraian pekerjaan PEKERJAAN BETON BERTULANG pada contoh pergitungan ini didapatkan biaya yang dibutuhkan sebanyak Rp 3.487.250

Setelah semua biaya didapatkan maka kita buat rekapannya dan total biaya yang dibutuhkan.
dapat kita lihat, biaya yang dibutuhkan untuk membuat rumah tipe 36 adalah Rp. 47.793.260,00

Biaya ini termasuk besar untuk tipe rumah 36, tapi ingat, perhitungan ini kita permudah dengan beberapa asumsi harga. Dan juga saya menghitung dengan menganggap rumah ini adalah rumah untuk kita sendiri. Jadi kulitasnya tidak main-main. Sehingga para Developer atau pihak yang ingin membangun rumah dalm menghitung biayanya bisa saja banyak yang dikurangi volume pekerjaannya maupun kualitasnya. Misalnya diameter besi atau jumlah semen. Sehingga jangan heran jika biaya yang dikeluarkan developer masih jauh dibawah angka yang kita hitung diatas.

 
Untuk yang menginginkan file perhitungan format excel seperti pada gambar diatas, silahkan Klik tombol download diatas. Jika link rusak atau tidak bisa didownload,  tolong beritahu di komentar agar kami perbaiki secepatnya. Terimakasih.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

2 Responses to "Contoh dan Perhitungan RAB Rumah Type 36"

  1. Apakah RAB diatas sudah termasuk biaya tukang/mandor. Ataukah hrga tersebut sudah includ didalam nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sudah termasuk biaya pekerja, tapi harganya perlu disesuaikan dengan harga sekarang dan masing-masing daerah

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel