About

Cofferdam Untuk Pengecoran Dibawah Permukaan Air Laut dan Sungai

Di beberapa belahan dunia, cofferdam lebih dikenal sebagai sebuah caisson. Cofferdam merupakan jenis konstruksi kedap air yang dirancang untuk mendukung pelaksanaan proyek konstruksi pada daerah yang terendam dan di kelilingi oleh air, seperti jembatan dan dermaga. Cofferdam adalah konstruksi yang lazim digunakan dalam sistem dewatering. Tidak hanya untuk melindungi dari air, cofferdam juga bisa diaplikasikan pada jenis pekerjaan tanah untuk menahan tanah dari area pengerjaan konstruksi. Dalam area air, cofferdam dipasang mengelilingi area kerja.
Area pekerjaan dengan pengaplikasian cofferdam untuk pengecoran bagian Pier Jembatan
(Sumber: www.lacrossetribune.com)
Selanjutnya air yang merendam area kerja dipompa keluar untuk mengekspose dasar daerah berair sehingga para pekerja dapat membangun struktur, membuat perbaikan, atau melakukan jenis pekerjaan lain selayaknya berada di lingkungan kering. Begitu juga untuk pengaplikasian dalam pekerjaan tanah. Setelah terpasang mengelilingi area kerja, tanah dalam ruang cofferdam di keruk sesuai dengan perencanaan hingga memungkinkan dilaksanakan pekerjaan yang dibutuhkan.

Seluruh komponen cofferdam yang terdiri dari penyokong dan pengaku (bracing) harus diletakkan sedemikian rupa hingga tidak menyebabkan kelongsoran, penggerusan dasar, lereng, tebing dan wilayah sekitarnya. Setelah pekerjaan di dalam area cofferdam selesai, bangunan cofferdam kemudian dibongkar. Itulah mengapa cofferdam disebut sebagai struktur sementara (temporary structure).

Dalam pelaksanaan proyek, pembangunan cofferdam lebih sering tidak dimasukkan ke dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) karena pembangunan cofferdam merupakan metode pelaksanaan yang wajib diadakan oleh kontraktor pelaksanaan untuk mendukung pekerjaan pokok seperti pengecoran pada wilayah berair. Sehingga untuk menghindari membengkaknya biaya dewatering, maka cofferdam perlu direncanakan dengan cermat. Sehingga efektif dan efisien diterapkan.

Pengaplikasian cofferdam pada tahap pelaksanaan konstruksi ditujukan untuk beberapa tujuan khusus, antara lain :

  1. Memudahkan pekerjaan konstruksi air 
  2. Tersedianya space atau ruang yang cukup sehingga bisa dimanfaatkan untuk penempatan peralatan, material dan resources konstruksi air lainnya
  3. Menjaga stabilitas konstruksi air 
  4. Memberikan keamanan bagi pekerja 

Bekerja di dalam cofferdam dapat membahayakan jika terpasang dengan perencanaan yang kurang baik. Namun seiring dengan kemajuan dalam rekayasa konstruksi, terjadilah peningkatan keselamatan bagi pekerja. Jenis yang paling sederhana dari cofferdam adalah menggunakan lembaran logam, yang ditumbuk ke dasar area berair untuk membuat dinding kedap. Structure cofferdam umumnya dibangun dengan beberapa bahan, yaitu :

Pelat Baja
Cofferdam yang disusun mengguanakan pelat baja dapat dipakai untuk mendukung pekerjaan basah maupun kering.
Aplikasi cofferedam pelat baja
(Sumber: www.nzgs.org)
Perusahaan tambang dalam pelaksanaannya banyak memilih cofferdam jenis ini untuk melengkapi metode kerja mereka. Cofferdam pelat baja sangat memungkinkan digunakan pada wilayah berair, selain karena kedap air ia dipilih juga karena pengaplikasiannya lebih sederhana sehingga dapat meminimalisir biaya dan waktu pelaksanaan.

Beton
Pengaplikasian beton untuk cofferdam sendiri dikerjakan dengan menggunakan mekanisme dinding ganda, dengan filler terbuat dari bahan agregat di antara dua dinding sesuai desain perencanaan.
Aplikasi cofferedam beton
(Sumber: www.merseygateway.co.uk)
Biasanya hasil cor pada cofferdam ini tidak dihancurkan, sehingga struktur cofferdam menyatu dengan pekerjaan yang akan dilaksanakan pada area kerja yang dilindungi.
Dalam perkembangan teknologi konstruksi yang sedang marak dikaji, fungsi dasar cofferdam sebagai struktur sementara saat ini ikut berkembang. Menurut analisis lanjutan oleh Katahira Engineering dari Jepang, cofferdam bisa digunakan sebagai struktur penanggulangan bencana yang terjadi di Indonesia.
referensi: 
KNOWLEDGE MANAGEMENT Penerapan Teknologi Konstruksi-KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT DIREKTORAT JENDERAL BINA KONSTRUKSI BALAI PENERAPAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI

0 Response to "Cofferdam Untuk Pengecoran Dibawah Permukaan Air Laut dan Sungai"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel