Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Profil Lengkap PT Wika Beton (PT. Wijaya Karya Beton)

PT. Wijaya Karya Beton (PT. WIKA Beton) adalah salah satu perusahaan anak PT. Wijaya Karya (WIKA) yang khusus bergerak dalam industri beton pracetak

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, WIKA yang didirikan pada tahun 1960 memulai kegiatannya sebagai perusahaan instalatir listrik. Pengembangan Industri Beton Pracetak baru dimulai pada tahun 1978 dengan produk pertamanya adalah Tiang Listrik Beton Prategang berpenampang H untuk keperluan PLN.
Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, maka selain Tiang Listrik prategang berpenampang H dikembangkan pula Tiang Listrik Bulat Berongga dengan sistem sentrifugal. Sistem sentrifugal ini pada perkembangannya digunakan juga untuk produksi produk tiang beton lainnya termasuk Tiang Pancang

Disamping itu, WIKA Beton juga mengembangkan produk-produk beton pracetak lain seperti Balok Jembatan, Dinding Penahan Tanah, Pipa, Bantalan Jalan Rel, dan lain-lain

Dengan meningkatnya kebutuhan dan perkembangan usaha beton pracetak, maka pada tanggal 11 Maret 1997 dibentuklah PT. Wijaya Karya Beton atau WIKA Beton sebagai perusahaan anak dengan maksud agar perusahaan dapat lebih fokus dan profesional dalam melayani dan menjaga kepuasan
pelanggan.

WIKA Beton memiliki 7 (tujuh) pabrik, 6 (enam) wilayah penjualan, dan 2 (dua) kantor perwakilan penjualan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang semuanya itu bersinergi untuk saling mendukung dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan dan menjamin kepuasan pelanggan atas mutu, waktu, dan biaya produk yang dihasilkan

WIKA Beton juga telah menerapkan sistem manajemen sesuai ISO 9001:2000 dan sistem manajemen K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme perusahaan.

Visi, Misi dan Moto
Visi dari perusahaan PT. WIKA Beton tahun 2005 berdasarkan Surat Keputusan No. SK.01.01/WB-OA.110/2005 tentang visi, misi, moto, nilai-nilai dan paradigma PT. WIKA Beton adalah sebagai berikut:

“Menjadi Perusahaan Terbaik dalam Industri Beton Pracetak”

Kata “Terbaik” berarti:

Peringkat terbaik dalam industri beton pracetak pada tahun 2008 di Indonesia.

Peringkat terbaik dalam mewujudkan lingkungan kerja yang aman dan sehat serta berwawasan lingkungan dengan mempertahankan sertifikat Sistem Manajemen K3 (SMK3) dengan kategori Bendera Emas dari Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Peringkat terbaik berdasarkan stakeholders utama yaitu:

Pemegang Saham
Nilai kesehatan perusahaan terbaik berdasarkan ukuran-ukuran yang terdapat pada keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Badan Usaha Milik Negara.

Pelanggan
Kualitas produk dan jasa terbaik, diukur berdasarkan nilai kepuasan pelanggan (Costumer Satisfaction Index/CSI).

Mitra Kerja
Kerja sama yang sehat dan saling menguntungkan dengan mempertahankan nilai kepuasan dan loyalitas mitra kerja (Business Partner Satisfaction & Retention Index) yang telah dicapai.

Pegawai
Mempertahankan nilai kepuasan pegawai (Employee Satisfaction Index/ESI) terbaik.
Misi dari perusahaan PT. WIKA Beton tahun 2005-2008 adalah sebagai berikut:

Memimpin pasar beton pracetak di Indonesia.
Memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan dengan kesesuaian mutu, ketepatan waktu dan harga bersaing.
Menerapkan sistem manajemen dan teknologi yang dapat memacu peningkatan efisiensi, konsistensi mutu, keselamatan kerja yang berwawasan lingkungan.
Tumbuh dan berkembang bersama mitra kerja secara sehat dan berkesinambungan.
Mengembangkan kompetensi dan kesejahteraan pegawai.

Moto yang digunakan oleh perusahaan sebagai penyampai pesan visi dan
misi ialah:
“Innovation and Trust”
Innovation
a. Perusahaan ingin dikenal oleh stakeholders sebagai perusahaan yang inovatif.
b. Perusahaan mendorong dan menghargai semangat inovasi karyawannya.

Trust
a. Perusahaan ingin dikenal sebagai perusahaan yang dapat dipercaya dalam hubungan kerja sama dan dapat diandalkan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.
b. Perusahaan mendorong karyawannya untuk selalu bertanggung jawab atas tugas yang diemban dan menjaga/menepati komitmen.

Bidang Usaha, Hasil Produksi dan Fasilitas Pelayanan

Bidang usaha yang dijalankan oleh PT. WIKA Beton adalah sebagai
berikut:

a. Produksi
Yaitu bidang usaha yang bertugas untuk memproduksi semua jenis produk yang didesain dan akan dipasarkan ke konsumen.

b. Penjualan dan pelayanan
Yaitu bidang usaha yang bertugas untuk menjual hasil produksi semua jenis produk dan layanan jasa yang dirancang untuk konsumen

Aktivitas yang dilakukan oleh PT. WIKA Beton adalah memproduksi beton pracetak dengan menggunakan sistem sentrifugal dan non-sentrifugal bagi konsumen yang membutuhkan kualitas beton pracetak yang baik. Perusahaan ini memproduksi produknya secara rutin berdasarkan order dan non-order.

Produk-produk yang dihasilkan oleh PT. WIKA Beton secara umum dapat dibagi menjadi beberapa Strategic Business Unit (SBU) yaitu :

1. Tiang Beton / PC Poles
Tiang Beton diproduksi pertama kali di pabrik Bogor pada tahun 1978. Produk beton pracetak ini diproduksi dalam berbagai tipe dan ukuran dengan sistem prategang dan sentrifugal. Jenis produk yang termasuk dalam kategori

Tiang Beton antara lain adalah:
• Tiang Listrik Distribusi
• Tiang Listrik Transmisi
• Tiang Listrik Jalan Rel
• Tiang Telepon
• Tiang Lampu
• Tiang Jaring
• Tiang Bendera
• Tiang Rambu Lalu Lintas

2. Tiang Pancang / PC Piles
Tiang Pancang diproduksi pertama kali di pabrik Bogor pada tahun 1983. Tipe tiang pancang yang pertama kali diproduksi adalah tipe bulat berongga dengan sistem prestressed. Tipe ini telah banyak digunakan ada proyek- proyek di Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan pasar, WIKA Beton juga
telah memproduksi berbagai jenis tiang pancang, antara lain:

  • Tiang Pancang Segiempat (berongga)
  • Tiang Pancang Segiempat masif
  • Tiang Pancang Segitiga

3. Produk Beton Jalan Rel / Railway Concrete
Pertama kali digunakan pada awal tahun 1984 untuk jalur transportasi kereta api di Jawa Timur dan sejak saat itu mulai menggantikan bantalan kereta api yang terbuat dari kayu

Penggantian bantalan kayu menjadi bantalan beton dilakukan karena lebih ekonomis, stabil karena beratnya dan lebih awet.

Penggunaan bantalan beton menghasilkan kestabilan yang lebih baik pada jalur kereta sehingga mengurangi waktu dan biaya pemeliharaan ballast. Disamping itu, penggunaan rel panjang yang tidak mungkin digunakan pada bantalan kayu, dapat dilakukan dengan penggunan bantalan beton ini.
Selain bantalan jalan rel, WIKA Beton juga memproduksi komponen-komponen beton pracetak lain untuk pelengkap prasarana jalan rel antara lain:
  • Bantalan Jalan KA
  • Bantalan Jalan Lorry
  • Tiang Listrik Jalan Rel
  • Pelat Balas
  • Pelat Penahan Balas
4. Produk Beton untuk Jembatan/Bridge Concrete
Merupakan produk beton pracetak yang digunakan sebagai bagian dari komponen jembatan atau jalan layang. Pertama kali diproduksi pada tahun 1988 dengan bentuk penampang I (I-girder).

Selanjutnya sejak awal tahun 1990 hingga saat ini dikembangkan terus bentuk-bentuk lain yang lebih dapat mengakomodir kebutuhan dan permintaan pasar seperti box girder, voided slab, Y-girder, dan lain-lain. Produk beton untuk jembatan diproduksi dengan dua sistem prategang yaitu pre-tension dan post-tension. Untuk sistem pre-tension, produksi biasanya dilakukan dengan bentuk non segmental.

Sedangkan untuk sistem post-tension produksi dapat dilakukan dengan dua bentuk, baik segmental maupun non-segmental. Kedua sistem ini masing–masing memiliki kelebihan
dan kekurangan. Produk beton untuk jembatan antara lain:
  • Balok-I Jembatan
  • Balok-U Jembatan
  • Balok Jembatan Berongga
  • Diafragma Jembatan
  • Plat Lantai Jembatan
5. Produk Beton Dinding Penahan Tanah / Retaining Wall Concrete
Pertama kali diproduksi pada tahun 1991 yaitu Turap Persegi (Flat). Untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar, maka pada tahun 1995 mulai dikembangkan Turap Bergelombang (Corrugated).

Dengan kuat tekan K-500 (C-40) untuk tipe persegi dan K-700 (C-55) untuk tipe gelombang, maka produk ini memiliki durabilitas yang sangat tinggi sehingga sangat sesuai untuk konstruksi permanent terutama di lingkungan yang korosif, antara lain:
  • Turap Beton Persegi
  • Turap Beton Bergelombang
  • Dinding Kantilever Beton
6. Produk Beton untuk Bangunan Air / Hydro Structure Concrete Produk pipa beton sebagai komponen bangunan air diproduksi dengan kuat tekan K-500 dan K-600

Produk beton untuk bangunan air ini lebih ekonomis jika dibandingkan dengan pipa baja karena tidak memerlukan pemeliharaan berkala, atau dengan kata lain free maintenance

Pipa beton diproduksi dengan dua macam tipe, yaitu Core Type Prestressed Concrete Pipes (CPC Pipes) dan Centrifugal Reinforced Concrete Pipes (CRC Pipes) dengan diameter dalam 600 mm hingga 3000 mm dan panjang maksimal 6000 mm

Penggunaan sistem vibro press centrifugal pada proses produksi menghasilkan beton dengan kepadatan yang sangat tinggi sehingga menghasilkan produk yang memiliki permeabilitas dan susut beton yang sangat rendah. Produk ini antara lain:
  • Pipa Beton
  • Pipa Beton Bertekanan
  • Saluran Terbuka
  • Lining Beton
7. Produk Beton untuk Bangunan Gedung / Building and Housing Concrete Produk Beton untuk Bangunan Gedung dan Perumahan pada umumnya digunakan untuk bangunan gedung. Produk ini diproduksi dalam bentuk:
  • Kolom Beton Gedung
  • Balok Beton Gedung
  • Plat Lantai Beton Gedung
  • Panel Beton Gedung
  • Tangga Beton Gedung
  • Produk Single T dan Double T
8. Produk Beton untuk Bangunan Maritim / Marine Structure Concrete
  • Balok Beton Dermaga
  • Plat Lantai Beton Dermaga
  • Beton Pemecah Gelombang
9. Produk Beton lainnya/Others Concrete
Selain produk-produk tersebut, WIKA Beton juga memproduksi produk beton pracetak lain yang spesifikasinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan pelanggan (customer specification), antara lain:
  • Pagar Beton
  • Saluran Beton Utilitas Bawah Tanah
10. Jasa/Services
Selain pabrikasi produk-produk pracetak, WIKA Beton juga menyediakan jasa pelayanan antara lain:
  • Jasa Pengiriman Produk Beton (Precast Concrete Delivery Services)
  • Jasa Pemasangan Produk Beton (Precast Concrete Installation Services)
  • Jasa Enjineering (Enginnering Services)
  • Jasa Konstruksi (Construction Product)
PT. WIKA Beton yang berkantor pusat di Jakarta (Jl. D.I. Pandjaitan Kav. 3-4, Jakarta 13340), memiliki 7 (tujuh) Pabrik yang tersebar di hampir seluruh wilayah nusantara dengan lokasi sebagai berikut,

Lokasi pabrik:

1. PPB Sumatera Utara
Jl. Binjai Km. 13,5 No.1, Deli Serdang 20351.

2. PPB Lampung
Jl. Raya Kotabumi Km. 35, Tegineneng, Lampung Selatan 35363.

3. PPB Bogor
Jl. Raya Narogong Km. 26, Cileungsi, Bogor 16820.

4. PPB Majalengka
Jl. Raya Brujui Kulon, Jatiwangi, Majalengka 45454.

5. PPB Boyolali
Jl. Raya Boyolali-Solo Km. 4,5, Mojosongo, Boyolali 57300.

6. PPB Pasuruan
Jl. Raya Kajapanan No. 323, Gempol, Pasuruan 67155.

7. PPB Sulawesi Selatan
Jl. Kima Raya II Kav. S/4-5-6, Kawasan Industri Makassar 90241.

Untuk mendukung aktifitas pemasaran, perusahaan memiliki 9 (sembilan) kantor penjualan yang terdiri dari 6 (enam) kantor wilayah penjualan dan 2 (dua) kantor perwakilan penjualan , yaitu:

1. Wilayah Penjualan I
Jl. Gunung Krakatau No. 15, Medan 20239.
Daerah operasi: NAD, Sumatera Utara, Riau, Kep. Riau, dan Sumatera Barat.

2. Wilayah Penjualan II
Jl. Jend. Sudirman No. 99, Palembang 30126.
Daerah operasi: Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitiung, Bengkulu, dan
Lampung.

3. Wilayah Penjualan III
Jl. Biru Laut X No. 20-21, Jakarta Timur 13340
Daerah operasi: DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Kalimantan Barat.

4. Wilayah Penjualan IV
Jl. Teuku Umar No. 21, Semarang 50234.
Daerah operasi: Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Kalimantan Selatan, dan
Kalimantan Tengah.

5. Wilayah Penjualan V
Jl. Jend. A. Yani No. 176-178, Surabaya 60235.
Daerah operasi: Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, dan Kalimantan Timur.

6. Wilayah Penjualan VI
Jl. Kima Raya II Kav. S/4-5-6, Kawasan Industri Makassar 90241.
Daerah operasi: Sulawesi, Kep. Maluku, dan Papua.

7. Kantor Perwakilan Penjualan Riau
Jl. Gelatik No. 25 Kel. Kampung Melayu, Kec. Sukajadi, Pekanbaru 28124.

8. Kantor Perwakilan Penjualan Balikpapan
Tamansari Bukit Mutiara, Jl. MT. Haryono, Balikpapan.
Semua fasilitas ini terus ditingkatkan dari tahun ke tahun seiiring dengan
peningkatan sektor industri konstruksi.

M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "Profil Lengkap PT Wika Beton (PT. Wijaya Karya Beton)"