Metode Untuk Memeriksa Ketegakan Vertikalitas Struktur Selama Konstruksi Kolom/Bangunan Beton

Untuk memeriksa vertikalitas suatu tiang atau kolom selama konstruksi ada beberapa metode dan tahapan. seperti saat instalasi bekisting/mal/cetakan kolom yang mentransfer beban antar tingkat multi lantai struktur bangunan. Berbagai metode untuk mengontrol dan memeriksa vertikalitas mal/kolom selama konstruksi bangunan akan dibahas berikut.

Metode yang digunakan untuk memeriksa atau mengontrol vertikalitas meliputi:
  1. Teknik plumb-bob/lot bangunan
  2. Waterpas
  3. Theodolite
  4. Optik plummet
plumb-bob/lot
1. Plumb-Bob teknik

Plumb-bob seperti yang ditunjukkan pada gambar memanfaatkan berat dengan ujung runcing pada bagian bawah yang menggantung pada tali. Berat akan menggantung karna gravitasi dan membentuk garis vertikal yang disebut garis plumb. Teknik ini biasanya disebut dengan menge"lot".
Alat Plum-Bob/bandul lot

Metode ini diterapkan untuk memeriksa atau mengontrol garis vertikal dari elemen struktural terutama dalam ruangan seperti poros lift. Jadi untuk itu, hal ini digunakan untuk mengontrol vertikalitas pondasi, dinding, dan kolom.
Memeriksa vertikalitas elemen struktural
Garis plumb atau garis vertikal plumb-Bob dipengaruhi oleh kekuatan angin walaupun sedikit, hal ini dapat mengakibatkan kehilangan akurasi dan presisi. Jika ketinggian struktural sangat besar, maka dimungkinkan untuk mengganti string dengan panjang kawat, tetapi perlu diperhatikan plastisitasnya, sehingga untuk menghindari risiko risiko pekerja yang bekerja di bawahnya.
Memeriksa kolom vertikalitas menggunakan Theodolite

2. Waterpas metode


waterpass
Alat ini sangat tepat untuk mengendalikan vertikalitas bangunan skala kecil misalnya memeriksa cetakan mal dan Kusen pintu. .

3. Theodolite metode

Theodolite adalah instrumen secara substansial kuat yang dapat digunakan untuk memeriksa vertikalitas bangunan selama konstruksi dengan ketepatan dan akurasi yang tinggi.

Sangat cocok untuk memeriksa atau mengontrol vertikalitas menara seperti ditunjukkan pada gambar, dinding, pondasi dan kolom ; terlebih untuk jumlah kolom yang banyak sepanjang jalur satu grid.
Memeriksa kolom vertikalitas menggunakan Theodolite

Prosedur yang digunakan untuk memeriksa kolom vertikalitas meliputi:
  1. Menyiapkan digital Theodolite yang berpatokan pada pasak yang dipasang 500 mm dari grid kolom.
  2. Setelah Theodolite sudah diset up kemudian menyalakan dan mengatur sinar laser dan difokuskan ke steel tapes yang di pasang di bekisting
  3. Mengambil pembacaan steel tapes melalui teleskop.
  4. Mengambil pembacaan dari dua posisi pada level yang sama pada bagian atas dan bawah bekisting. Dengan mengambil dua bacaan pada level yang sama maka setiap kelengkungan pada permukaan dapat diidentifikasi..
4. Optik Plummet metode
 Plummet optik
Ini adalah alat uji vertikalitas dengan pemandangan langsung mengarah keatas dan kebawah. Optik plummet memiliki Kompensator otomatis yang membuat akurasinya lebih bagus secara signifikan dibandingkan dengan metode lainnya yang digunakan untuk mengontrol vertikalitas.
Plummet optik untuk memeriksa struktur vertikalitas

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Metode Untuk Memeriksa Ketegakan Vertikalitas Struktur Selama Konstruksi Kolom/Bangunan Beton"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel