About

Tekla Structure, Sofware Rancang Bangun Konstruksi Baja dan Beton Secara Detail

Saat ini telah banyak software yang membantu para praktisi dalam merancang sebuah konstruksi. Dengan software tersebut, Simulasi beban bisa langsung lihat misalnya SAP atau Etabs. Menggambar detail juga bisa langsung dengan mudah misalnya pada AutoCAD. Bayangkan para praktisi jaman dulu merancang dan menghitung beban tanpa sofware. akan butuh ukuran kertas yang besar dan banyak. Tapi sekarang dengan kemajuan teknologi, para praktisi konstruksi akan sangat terbantu. Salah satunya dengan adanya software TEKLA STRUCTURE.

Sekilas Tentang Tekla Corporation

Tekla Corporation adalah sebuah perusahaan rekayasa perangkat lunak mengkhususkan diri dalam produk perangkat lunak berbasis model untuk bangunan, konstruksi dan manajemen infrastruktur. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1966. Kantor pusatnya adalah di Espoo, Finlandia, dan perusahaan ini terdaftar di Bursa Efek Helsinki dari Mei 2000 sampai dengan Februari 2012..

Pada Mei 2011, California berbasis bisnis teknologi spesialis Trimble Navigation mengumumkan penawaran tender publik untuk memperoleh Tekla sebesar $ 450 juta. Akuisisi ini diselesaikan pada Februari 2012.

Sebelumnya dikenal sebagai Xsteel, Tekla Structures adalah pemodelan informasi 3D (BIM) membangun perangkat lunak yang digunakan dalam industri bangunan dan konstruksi baja dan beton detail. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola model struktural 3D dalam beton atau baja, dan menuntun mereka melalui proses dari konsep fabrikasi.

Tekla BIMsight adalah aplikasi perangkat lunak untuk membangun model informasi kolaborasi berbasis proyek konstruksi. Hal ini dapat mengimpor model dari aplikasi BIM lain menggunakan Format Foundation Classes Industri (IFC). Dengan BIMsight, pengguna dapat melakukan koordinasi dan visual yang cek spesial untuk desain dan Konstruksi gedung, menndeteksi bentrokan dan mark-up model dengan catatan dan redlines.

Tekla Solutions menyediakan aplikasi dan layanan untuk industri infrastruktur dan energi.

Tekla Solutions dan Tekla BIMsight diluncurkan pada awal tahun 2011.

Apa Itu Tekla Strukture ?

Tekla Struktur merupakan sebuah software yang memungkinkan kita membuat suatu desain atau model yang sangat constructable struktural 3D terlepas dari materi atau kompleksitas struktural. Model Tekla dapat digunakan untuk membuat seluruh bangunan dari desain konseptual untuk fabrikasi, ereksi dan manajemen konstruksi.

Struktur Tekla adalah salah satu produk yang tersedia dalam konfigurasi yang berbeda dan lingkungan lokal yang menyediakan set khusus dari fungsi yang sesuai dengan segmen dan budaya khusus untuk kebutuhan industri konstruksi.

pada dasarnya pengerjaan pada TEKLA struckture meliputi 2 hal yaitu
-modeling(proses pembuatan suatu project di dalan 3 dimensi)
-Drawing(proses persiapan,atau peapihan gambar dari 3D menjadi 2D yang siap di print out)

Fungsi pemodelan (modeling) Tekla memungkinkan pengguna untuk,

  1. Melihat model tekla (semua material dan profil)
  2. Membuat dan memodifikasi grid
  3. Membuat pengelasan
  4. Penambahan beban untuk model
  5. Membuat rebar concreat
  6. Membuat assemblies dari steel parts
  7. Membuat cast units dari concrete parts
  8. Membuat levels dari assembly hierarchy
  9. Membuat detail (steel and concrete) connections
  10. Membuat automatic preset connections to multiple parts
  11. Membuat erection sequences
  12. Melihat informasi model 4D (jadwal simulasi)
  13. Pilih dan mengelola jadwal tahap pembangunan
  14. Pemberian marking secara otomatis
Output yang Diperoleh Pengguna,

  1. Create cast-in-place concrete reinforcement drawings with bending schedules
  2. Customize drawing title blocks and reports
  3. Create general arrangement drawings (plan, section, erection)
  4. Create single-part and assembly drawings (steel)
  5. Create cast-unit drawings (precast concrete)
  6. Print and plot drawings and reports
  7. Create reports (assembly lists, part lists)
  8. Create reinforcement reports (bending schedules, weights, amounts)

Dengan Tekla Structures kita dapat memperoleh analisa dan hasil perhitungan, gambar, laporan, atau output lainnya dari satu model struktur. Tekla Structures memiliki tampilan standar API (Application Programming Interface) untuk menghubungkan analisis dan desain software. Software ini tidak perlu membuat dan memelihara berbagai analisa pemodelan secara terpisah (menggunakan software lain). Penarikan, Pembebanan, reaksi, dan defleksi, semuanya dapat ditampilkan sebagai bagian dari analisa struktur kita. Semua ketentuan/ ketetapan di simpan dari langkah sebelumnya. Jadi, Ketika terjadi perubahan, cukup memainkan analisa kemudian periksa hasil yang baru kita peroleh.

Tekla Structures dapat digabungkan dengan aplikasi-aplikasi yang sudah ada, atau semata-mata sebagai tempat untuk mengembangkan permasalahan internal biasa. Software ini terhubung dengan berbagai jenis system melewati Tekla Open API, contoh format biasa yang didukung oleh Tekla Structures adalah IFC, CIS/2,SDNF dam DSTV. Contoh dari format yang sudah jadi hak milik yang didukung oleh Tekla Structures adalah DWG, DXF, dan DGN

Konfigurasi perangkat keras yang sesuai dibutuhkan agar program ini dapat beroperasi dengan kualitas terbaik. Misalnya Tekla Structures 18.0 mendukung dengan system operasi 32-bit dan 64-bit Windows 7 dan Windows Vista SP 2, 32-bit Windows XP SP3. Kebutuhan akan memory tergantung dari ukuran model, model yang besar membutuhkan memory yang lebih besar juga, konfigurasi 32-bit operation system dengan 3 hingga 4 GB RAM dapat digunakan untuk proyek yang rata-rata kecil, perlu dipertimbangkan penggunaan 64-bit operation system dan sedikitnya 8 GB RAM untuk proyek yang cukup besar. Semakin cepat akan semakin baik untuk penggunaan processor.

Tekla Structure, presisi tinggi dan mudah baik dari segi pemakaian maupun evaluasinya bahkan oleh awam sekalipun karena termasuk dalam software 3D. Selain itu bisa dikaitkan langsung dng aspek manajemen (QS, step of construction, storage manajemen dll) bahkan dapat dihubungkan dengan mesin CNC.

0 Response to "Tekla Structure, Sofware Rancang Bangun Konstruksi Baja dan Beton Secara Detail"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel