Sifat Daya Tahan/Resistan Bahan Bangunan yang Umum Digunakan Terhadap Api.


Material penyusun bangunan terdiri dari beberapa jenis material, dan ada beberapa material yang memang tahan api. dan adapun material tersebut adalah :

1. Beton
Beton adalah salah satu bahan bangunan yang paling umum dan sering digunakan dalam membangun rumah ataupun bangunan lain. Bahan bangunan ini juga memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap api. Butuh waktu lama bagi panas api untuk merusak struktur beton yang kokoh. Menariknya lagi, daya tahan beton terhadap api juga masih lebih baik dari baja. Itulah kenapa bahan bangunan ini kerap digunakan untuk melindungi baja dari kebakaran, khususnya dalam struktur bangunan.
Namun satu hal yang perlu diketahui, tidak semua beton memiliki daya tahan yang sama. Semua itu juga tergantung pada semen dan material-material lain yang menyusunnya. Bahkan pada faktanya, kekuatan material penyusun beton inilah yang paling mempengaruhi ketahanan beton terhadap api.

2. Kaca Tahan Api
Bahan ini merupakan salah satu jenis kaca khusus yang memiliki tingkat ketahanan yang cukup tinggi, khususnya terhadap api. Kaca jenis ini terdiri dari dua lapisan, yakni lapisan luar dan lapisan dalam. Saat terjadi kebakaran, kaca jenis ini tidak akan langsung pecah secara keseluruhan. Jika terjadi kebakaran, kaca bagian luarlah yang akan pecah terlebih dahulu. Setelah itu, barulah kaca bagian dalam yang pecah. Ketangguhan kaca jenis ini juga berkat penggunaan tempered glass yang 4 kali lebih kuat dari kaca biasa.

3. Gips
Gips ternyata juga memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap api. Meski material yang satu ini terkesan agak rapuh, nyatanya kemampuannya dalam menahan panas api dinilai cukup baik. Tidak mudah terbakar dan memiliki tekstur yang rapi, itulah kenapa bahan bangunan tahan api yang satu ini kerap digunakan sebagai bagian dari finishing interior.
Jenis gips yang paling tahan api adalah gips tipe X. Gips jenis ini dibuat secara khusus dengan tingkat ketahanan yang cukup tinggi. Saat terkena api, gips jenis ini tidak akan langsung terbakar. Lapisan kertas khusus pada sisi luarnya membantu menjaga gips agar tidak cepat terbakar dan menahan api menyebar cepat ke permukaan gips. Bahkan dalam beberapa jenis gips, ada semacam kandungan cairan kimia yang menghambat proses pembakaran pada gips.

4. Batu Bata
Batu bata ialah material bangunan yang paling kerap digunakan untuk membangun rumah, khususnya di Indonesia. Pemilihan batu bata sebagai bahan bangunan ternyata memiliki banyak alasan. Selain karena lebih kokoh dan mampu menyerap suhu panas dengan baik, bahan bangunan ini juga termasuk dalam bahan bangunan yang memiliki ketahanan api sangat baik. Saat terbakar, bahan bangunan ini bahkan bisa bertahan antara 1 hingga 4 jam. Tentu saja, daya tahan tersebut juga bergantung pada konstruksi dan ketebalan dinding bangunan.
Bahan-bahan di atas pada dasarnya telah menjadi bagian penting dalam proses pembangunan rumah. Bahkan sebagian besar rumah saat ini juga telah menggunakan material bangungan di atas. Namun agar bangunan lebih tahan api, konstruksi bangunan juga harus diperhatikan, begitu pula dengan kualitas bahan bangunan tahan api yang hendak digunakan. Dengan demikian, memperoleh konstruksi bangunan yang tidak mudah terbakar bukan lagi menjadi hal yang mustahil.

5. Baja
Baja adalah konduktor panas yang baik dan karenanya  jika terjadi kebakaran maka baja akan dipanaskan dengan cepat. Baja akan kehilangan kekuatan tariknya dengan kenaikan panas yang cepat dan tegangan baja pada suhu 600 C adalah sekitar sepertiga dari suhu normal. Oleh karena itu, di bawah api yang intens, balok baja yang tidak terlindungi akan meleleh, kolom baja yang tidak terlindungi bergoyang dan mulai menyebabkan keruntuhan. Baja benar-benar meleleh pada suhu 1400 C.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Sifat Daya Tahan/Resistan Bahan Bangunan yang Umum Digunakan Terhadap Api."

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel